4 Alasan untuk Mendapatkan Porsi Haji Selagi Masih Muda - Pegadaian Syariah
logo

4 Alasan untuk Mendapatkan Porsi Haji Selagi Masih Muda

1 tahun yang lalu      Haji
4 Alasan untuk Mendapatkan Porsi Haji Selagi Masih Muda

Porsi haji adalah nomor yang didapatkan seseorang ketika melakukan pendaftaran haji. Setelah mereka melakukan penyetoran BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yang pertama, nomor porsi haji akan diberikan. Nomor ini sangat penting karena digunakan juga sebagai nomor antrean keberangkatan haji yang akan dilaksanakan dalam waktu yang cukup lama.

Pentingnya nomor porsi haji dan lamanya waktu antrean ini membuat banyak kalangan menganjurkan agar anak muda mulai mendaftarkan diri segera. Berikut beberapa alasan untuk mendaftar haji sejak usia muda.

1. Cepat Dapat Nomor Antrean

Seperti yang sedikit dijelaskan di atas, nomor porsi haji digunakan juga sebagai nomor antrean. Begitu kamu mendaftar haji dan membayar BPIH pertama senilai Rp25.000.000,00, nomor antrean ini akan segara kamu dapatkan. Dan dengan nomor antrean ini kamu pun bisa mengunci tahun keberangkatan.

2. Waktu Menabung Lama untuk Pelunasan

Selagi masih muda, kamu bisa menabung jauh-jauh hari untuk melakukan pelunasan. Saat ini antrean haji di Indonesia lebih dari 10 tahun. Jadi di waktu yang cukup panjang itu, Anda bisa mengumpulkan sejumlah uang untuk melakukan pelunasan di kemudian hari. Kamu bisa mulai menabung sedikit demi sedikit atau melakukan perdagangan atau investasi.

Menabung jauh-jauh hari dilakukan untuk mencegah gagalnya berangkat haji. Sudah menunggu bertahun-tahun tapi gagal terbang karena belum melunasi biaya haji tentu sangat menyakitkan. Lebih baik, segera menabung di usia muda mumpung waktu tunggunya masih panjang.

3. Berangkat Haji Saat Masih Muda

Antrean haji di berbagai provinsi di Indonesia sudah cukup panjang. Bahkan ada salah satu daerah yang antreannya sampai lebih dari 30 tahun. Jika Anda melakukan pendaftaran haji dan mendapatkan nomor porsi haji di usia 25 tahun, maka kemungkinan berangkat di usia 50-an tahun. Untuk usia itu, kemungkinan besar Anda masih kuat melakukan ibadah haji yang berat.

Sekarang, mari kita bayangkan. Jika seseorang mendaftar saat usianya 40 tahun, maka mereka bisa saja diberangkatkan haji saat usianya mencapai 70-an tahun. Di usia seperti itu, tentu kondisi fisik bisa menurun dengan signifikan. Padahal, haji adalah ibadah yang menuntut kekuatan fisik dan mental. Di usia yang sudah tua itu, kemungkinan adanya hambatan bisa saja terjadi. Entah itu karena sakit atau masalah-masalah lainnya.

4. Punya Tanggung Jawab dan Impian

Mendaftar haji dan mendapatkan nomor porsi haji di usia muda akan memberikan semangat dan tanggung jawab pada kita semua. Tanggung jawab yang dimaksud adalah untuk mau menabung dan melunasi pembiayaan haji. Lalu, impian yang dimaksud adalah impian untuk bisa naik haji. Jika sejak kecil tidak ada keinginan naik haji, maka sampai kapan pun tidak akan ada aksi nyata untuk mewujudkannya.

Itulah tadi beberapa alasan untuk mendapatkan porsi haji di usia muda. Semoga bisa menginspirasi kita agar segera daftar haji.

 

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com




Komentar Artikel "4 Alasan untuk Mendapatkan Porsi Haji Selagi Masih Muda"