4 Faedah dari Gadai Syariah - Pegadaian Syariah
logo

4 Faedah dari Gadai Syariah

6 bulan yang lalu    
4 Faedah dari Gadai Syariah

Dalam pemenuhan nafkah hidup sehari-hari, kita tidak bisa lepas dari transaksi muamalah, baik transaksi dengan motif profit maupun transaksi nonprofit. Kebutuhan bertransaksi ini bermacam-macam, dari pemenuhan kebutuhan konsumtif, kebutuhan investasi, kebutuhan modal usaha, sampai pada kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi.

Salah satu lembaga keuangan syariah yang memberikan solusi untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut adalah Pegadaian Syariah. Ada berbagai macam produk Pegadaian Syariah yang sudah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut.

Tidak sedikit lembaga keuangan syariah lainnya yang menyediakan produk sejenis, baik produk berbasis gadai maupun produk lain yang sejenis. Misalnya lembaga keuangan syariah yang menyediakan produk gadai syariah dan multifinance syariah. Ada beberapa faedah dari gadai syariah yang dijalankan oleh Pegadaian Syariah yang bisa disimak:

Pertama, prosesnya mudah dan cepat. Jika Anda memiliki emas dan/atau berlian dan/atau barang lain yang layak digadaiakan, Anda tinggal datang ke Pegadaian Syariah. menyerahkan KTP (dari daerah manapun) atau kartu identitas lainnya yang masih berlaku, dan mengisi formulir yang disediakan, maka barang yang Anda bawa akan segera ditaksir dalam hitungan menit. Selanjutnya, penaksir bisa langsung menyatakan jumlah uang yang bisa Anda pinjam. Kasir pun siap mencairkan dana yang Anda butuhkan. Mudah sekali.

Kemudahan dan kecepatan ini menjadi faktor utama dalam transaksi keuangan. Kemudahan dan kecepatan ini tentu didukung oleh infrastruktur yang memadai. Dengan kata lain, Pegadaian Syariah sudah menjadi Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang kredibel dalam menjalankan layanan bisnis di bidangnya.

Kedua, ada layanan online. Selain adanya layanan yang mudah dan cepat, salah satu keunggulan dari gadai syariah yang dijalankan oleh Pegadaian Syariah adalah karena sudah memiliki sistem yang online terintegrasi ke semua cabang Pegadaian Syariah se-Indonesia.

Hal ini memudahkan Anda dalam melakukan transaksi di Pegadaian Syariah. Data Anda akan mudah terdeteksi dari Pegadaian Syariah manapun di Indonesia, sehingga hal ini akan mempercepat transaksi Anda karena Anda tidak perlu lagi mengisi ulang formulir sebagai nasabah. Anda pun bisa mengecek status pembiayaan Anda dari kantor cabang Pegadaian Syariah di cabang manapun.

Ketiga, transaksinya logis. Gadai Syariah di Pegadaian Syariah menggunakan akad rahn sesuai fatwa DSN MUI nomor 92 Tahun 2014. Atas pinjaman gadai syariah besarnya akan ditentukan dari nilai taksiran barang. Jangka waktu pinjaman juga bervariasi apakah meminta harian atau empat bulanan. Atas barang yang disimpan di Pegadaian, sesuai dengan Fatwa DSN 92 2014, Pegadaian diperkenankan memungut mu’nah atau biaya yang dikeluarkan untuk memelihara barang agunan yang dititipkan di Pegadaian.

Keempat, transaksinya sudah sesuai kaidah Syariah. Ini adalah hal terpenting dari transaksi berbasis syariah. Artinya, semua transaksi yang dijalankan oleh Pegadaian Syariah sudah sesuai syariah menurut otoritas yang berwenang dan regulasi legal formal.

Semua transaksi gadai syariah di Pegadaian Syariah sudah menghindari berbagai transaksi yang dilarang syariah seperti transaksi riba, transaksi gharar, transaksi maisir, transaksi zat haram, transaksi zhalim dan transaksi maksiat. Secara legal formal, Pegadaian Syariah sudah menghindari berbagai transaksi terlarang tersebut.

Demikian berbagai faedah dari gadai syariah. Semoga bermanfaat bagi Anda. Amin.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "4 Faedah dari Gadai Syariah"