5 Cara Mendapatkan Modal Bisnis secara Halal - Pegadaian Syariah
logo

5 Cara Mendapatkan Modal Bisnis secara Halal

1 tahun yang lalu    
5 Cara Mendapatkan Modal Bisnis secara Halal

Mendapatkan modal untuk membangun bisnis usaha tergolong sulit bagi sebagian orang. Namun bagi mereka yang telah memiliki tekad kuat untuk berbisnis, mendapatkan modal menjadi sebuah keharusan yang harus diperjuangkan. Beberapa orang meyakini bahwa mendapatkan modal bisnis usaha terbaik adalah melalui pinjaman dari bank konvensional karena adanya beragam penawaran pinjaman dengan bunga ringan.

Namun, yang menjadi topik kali ini adalah bagaimana cara kita mendapatkan modal secara halal. Berdasarkan kesepakatan dari DSN MUI, pembayaran bunga bank termasuk ke golongan Riba. Dalam islam, hukum dari riba ialah haram untuk dilakukan. Maka bagi orang yang hendak berbisnis sekaligus terhindar dari riba, mendapatkan modal bisnis secara halal menjadi satu-satunya pilihan.

Berikut ini adalah cara mendapatkan modal bisnis secara halal:

 

 

MENABUNG DENGAN MENYISIHKAN UANG



Menabung uang kadang sulit untuk dilakukan bagi orang yang memiliki kebutuhan hidup dan lifestyle yang semakin meningkat. Jangan takut dan ragu. Selama Anda punya niat dan tekad yang kuat untuk menabung atau menyisihkan untuk dijadikan tabungan, percayalah bahwa uang tersebut akan tersisih dan tersimpan sendirinya.

Salah satu penghalang menabung adalah kebiasaan mengambil uang tabungan untuk kebutuhan bulanan. Agar lebih aman dan tidak mudah terkikis oleh kebutuhan lainnya, akan lebih baik bila Anda menabung tidak dalam bentuk uang. Salah satu pilihan adalah menabung dalam bentuk emas. Selain lebih aman dan nilainya bertambah dalam jangka waktu panjang, tabungan emas juga termasuk dalam layanan keuangan syariah.

 

 

MENJUAL BARANG BEKAS

Menjual barang bekas memang solusi terbaik untuk mendapatkan modal bisnis usaha secara halal, baik, benar dan tepat. Kalau Anda mempunyai barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi, misalnya barang elektronik, kendaraan, perhiasan atau apa saja, jangan ragu untuk menjualnya.

 

MEMINJAM DANA DARI KELUARGA & TEMAN

Beberapa orang punya pendapat masing-masing apabila dihadapkan pada pilihan untuk meminjam uang dari keluarga atau teman untuk memulai bisnis. Tentunya terdapat banyak faktor yag harus dipertimbangkan bila hendak memilih jalan ini.

Bila memang pada akhirnya Anda mendapatkan pinjaman dari keluarga dan teman, pastikan Anda menggunakannya dengan penuh tanggung jawab. Jangan sampai meremehkan amanat dan kebaikan orang lain hanya karena mereka orang yang dekat dengan Anda.

 

MODAL DARI INVESTOR


Investor adalah orang yang membantu kita ketika membangun dan mengembangkan bisnis. Investor bisa saja berasal dari berbagai kalangan, seperti teman kita, sanak saudara atau perusahaan-perusahaan tertentu.

Sebagai timbal balik dari "kebaikan" tersebut, Anda harus menyisihkan keuntungan atau laba dari bisnis usaha yang Anda jalankan kepada si investor tersebut. Istilah lainnya, berbagi pendapatan atau laba. Terdapat akad-akad tertentu dalam peminjaman modal dari investor yang dapat menghindarkan Anda dari riba.

 

MENDAPATKAN PENDANAAN DARI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH

Saat ini Anda bisa mendapatkan beragam layanan peminjaman modal dari lembaga keuangan syariah. Salah satunya adalah produk Arrum dari Pegadaian Syariah. Pendanaan bisnis dari Pegadaian Syariah menggunakan akad gadai yang telah disepakati ketentuannya oleh DSN MUI. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai pembiayaan Arrum disini: http://pegadaiansyariah.co.id/arrum-2415

 

Itulah beragam cara mendapatkan modal bisnis secara halal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Selamat berbisnis!

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "5 Cara Mendapatkan Modal Bisnis secara Halal "