5 Hal Ini Wajib Anda Ketahui Sebelum Berangkat Haji - Pegadaian Syariah
logo

5 Hal Ini Wajib Anda Ketahui Sebelum Berangkat Haji

1 tahun yang lalu    
5 Hal Ini Wajib Anda Ketahui Sebelum Berangkat Haji

Haji merupakan ibadah yang membutuhkan banyak persiapan, mulai dari persiapan sebelum keberangkatan, ketika berada di Tanah Suci, sampai kembali ke Tanah Air. Ya, dalam haji memang ada banyak prosesi yang harus dikerjakan oleh setiap jemaah.

Seperti halnya ibadah lain, berhaji juga membutuhkan pengetahuan yang cukup. Hal ini sangat perlu mengingat jemaah akan menjalankan serangkaian prosesi yang di tempat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, setiap calon jemaah dituntut untuk melakukan beragam persiapan, di antaranya:

  • Persiapan Ruhani

Setiap calon jemaah sudah seharusnya memiliki kesadaran penuh bahwa dirinya akan melakukan ibadah haji di Tanah Suci, oleh karena itu jemaah wajib menjauhkan diri dari sifat-sifat buruk yang mengotorkan hati dan pikiran.

Banyak berdoa dan berbuat baik, sabar, ikhlas, serta tolong menolong sebelum keberangkatan adalah upaya yang bisa dilakukan untuk membersihkan diri.

Selain itu, calon jemaah juga hendaknya meminta maaf kepada keluarga dan orang-orang sekitar sebelum keberangkatan, sebab kita tidak pernah tahu apakah nanti akan pulang ke Tanah Air dalam keadaan sehat atau tidak.

  • Berhaji dengan Uang Halal

Salah satu syarat diterimanya haji oleh Allah adalah kehalalan dana atau uang yang kita pakai. Setiap jemaah tentu ingin menjadi haji yang mabrur, bukan? Nah, soal dana haji ini, Rasulullah pernah bersabda bahwa jemaah yang berhaji dengan uang halal akan mendapat sambutan dan pujian dari langit, begitu pun sebaliknya.

Karenanya, pastikan dulu bahwa uang yang akan kita pakai untuk membiayai ibadah haji adalah uang yang halal dan baik, bukan diperoleh dari hasil kejahatan dan menipu orang.

  • Bereskan Dulu Utang-Piutang

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, lebih baik pastikan bahwa kita sudah tidak memiliki tanggungan berupa utang kepada orang lain. Selain bisa mengganggu kekhusukan ibadah, kita juga tidak pernah tahu apakah kita akan kembali lagi ke Tanah Air dalam keadaan seperti apa.

  • Pastikan Bekal untuk Keluarga Cukup

Jika calon jemaah haji merupakan kepala keluarga, maka pastikan bahwa kebutuhan anggota keluarga yang ditinggalkan cukup dan terpenuhi. Karenanya, calon jemaah wajib memberikan bekal (baik uang maupun makanan) yang cukup kepada keluarga di rumah.

  • Mengikuti Manasik Haji

Kelak ketika sudah berada di Tanah Suci, akan ada banyak prosesi haji yang wajib dikerjakan setiap jemaah. Selain tempat, setiap prosesi pun memiliki aturan yang berbeda. Oleh sebab itu jemaah wajib mengikuti manasik sebelum keberangkatan agar prosesi ibadah haji di Tanah Suci kelak berjalan dengan lancar tanpa halangan.

Nah, itu dia 5 persiapan yang tidak boleh dilupakan oleh calon jemaah haji sebelum menginjakkan kaki di Tanah Suci. Semoga bermanfaat ya.

Dapatkan kesempatan mendapatkan porsi keberangkatan haji hanya dengan menyerahkan jaminan emas senilai 7 juta rupiah melalui Arrum Haji Pegadaian Syariah. Informasi lebih lanjut bisa Anda dapatkan disini.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "5 Hal Ini Wajib Anda Ketahui Sebelum Berangkat Haji"