5 Keuntungan Investasi Emas Syariah - Pegadaian Syariah
logo

5 Keuntungan Investasi Emas Syariah

1 tahun yang lalu    
5 Keuntungan Investasi Emas Syariah

Apakah Anda punya rencana berinvestasi dalam waktu dekat? Tidak ada salahnya menjajal investasi emas. Logam mulia yang satu ini tidak kedaluwarsa meskipun berganti zaman. Keabadian nilai emas diperjelas melalui firman Allah SWT di Alquran :

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia, kecintaan apa-apa yang diingini, yaitu wanita dan anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang ternak, sawah, dan ladang.” (Q.S Ali Imron: 14)

Ada banyak keuntungan investasi emas syariah yang Anda peroleh. Salah satunya, menabung emas bisa mengatasi kesulitan keuangan di masa depan. Saat nilai mata uang mengalami penurunan, harga emas tetap stabil. Walaupun menurun, tidak sampai merugikan pemiliknya. Selain itu, investasi emas mempunyai keuntungan sebagai berikut.

  • Tidak Memerlukan Banyak Bujet

Emas bisa dibeli dalam satuan gram. Harga satu gram emas berbentuk perhiasan kurang lebih 300 ribuan rupiah. Sementara itu, harga emas logam mulia sekitar 600 ribuan rupiah per gram. Pembeliannya dapat dilakukan secara bertahap, misalnya sebulan atau dua bulan sekali. Jadi, tidak perlu menunggu uang lebih dari 1 juta untuk menabung emas karena Anda boleh membeli sesuai bujet yang dimiliki. Manfaatkan juga layanan Tabungan Emas dari Pegadaian Syariah yang bisa memudahkan Anda untuk membeli emas secara bertahap dengan biaya lebih ringan sesuai kemampuan.

  • Inflasi Tidak Memengaruhi Harga Emas

Adakalanya, kondisi ekonomi suatu negara berada di ujung tanduk. Apalagi jika inflasinya semakin parah, tentu memengaruhi nilai barang lainnya. Namun, semua itu tidak berlaku untuk emas. Meskipun dunia diguncang inflasi, emas tetap berjaya. Bahkan, emas menjadi benda yang menyelamatkan seseorang dari keterpurukan finansial.

  • Emas Bisa Diubah Menjadi Perhiasan

Enggan menjual emas? Anda boleh mengubahnya dalam wujud perhiasan, seperti kalung, cincin, dan gelang. Kadar emas tidak akan berkurang walaupun menjadi perhiasan. Ketika dijual, harganya tetap senilai dengan emas logam mulia.

Namun, penggunaan emas sebagai perhiasan hanya untuk kaum wanita. Rasulullah SAW bersabda :

“Dua hal ini (emas dan sutra) adalah haram bagi laki-laki dan halal bagi perempuan.” (HR. Tirmidzi dan Nasa’i)

  • Prosedur Menabung Emas Sangat Mudah

Kini, banyak lembaga keuangan yang memfasilitasi investasi emas. Pegadaian merupakan salah satu lembaga yang melayani pembelian dan penjualan emas. Prosedurnya mudah dan cepat. Tersedia emas mulai dari 5 gram hingga 1 kg untuk kebutuhan investasi. Selain Pegadaian, ada pula PT Antam yang menawarkan emas logam mulia dengan kualitas terbaik.

  • Anda Bisa Mencairkannya Kapan Pun

Emas adalah benda berharga yang mudah dijual. Hampir semua orang tertarik dengan emas. Itulah sebabnya, Anda bisa menukar emas dengan uang yang senilai kapan saja dibutuhkan.

Banyak tempat yang bersedia mencairkan emas menjadi uang. Tempat tersebut antara lain, Pegadaian, toko perhiasan, dan butik emas. Jika melegonya di toko perhiasan, Anda harus hati-hati. Perhatikan betul alat pengecekan keaslian emas dan rentang harga yang ditawarkan pemiliki toko.

Itulah 5 keuntungan investasi emas syariah yang wajib diketahui. Investasi emas mesti dimulai sejak dini untuk mencegah hal-hal negatif terjadi di masa depan.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "5 Keuntungan Investasi Emas Syariah"