5 Kiat Mengenalkan Bisnis Syariah pada Anak Sejak Dini - Pegadaian Syariah
logo

5 Kiat Mengenalkan Bisnis Syariah pada Anak Sejak Dini

11 bulan yang lalu    
5 Kiat Mengenalkan Bisnis Syariah pada Anak Sejak Dini

Dalam QS An-Nisaa’ ayat 29 disebutkan bahwa:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang bathil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.”

Dari Tafsir Ibnu Katsir Jilid 2, QS Surat An-Nisaa' ayat 29-31 menyebutkan tentang larangan untuk memakan harta sesama manusia dengan bathil, kecuali dengan jalan perdagangan. Bahwa Allah melarang hamba-hamba-Nya yang beriman memakan harta sebagian mereka terhadap sebagian lainnya dengan bathil, yaitu dengan berbagai macam usaha yang tidak syar'i seperti riba, judi, dab berbagai hal serupa yang penuh tipu daya.

Tidak heran jika berdagang atau berniaga dianjurkan karena adanya qabul (sikap menerima) karena qabul menjadi petunjuk nyata suka sama suksa. Dan di antara suka sama suka adalah menetapkan khiyar majelis (memilih barang di tempat). Penjual dan pembeli juga berhak memilih jadi atau batalnya sebuah jual-beli selama keduanya belum berpisah.

Maka, dewasa ini banyak orang yang memilih untuk berbisnis secara syariah karena hukumnya yang jelas. Selain, banyak orang memilih untuk berbisnis karena sifatnya yang lebih bebas dan tidak mengikat. Dibandingkan dengan menjadi pegawai, berwirausaha adalah cara paling tepat bagi siapa pun yang ingin punya tambahan penghasilan dalam jumlah banyak.

Tidak hanya orang tua, sekarang anak-anak muda pun sudah banyak yang memilih bisnis ketimbang bekerja di kantor dari pagi sampai sore. Selain konvensional, ada juga bisnis syariah yang setiap prosesnya tidak lepas dari aturan Islam.

Mengenalkan Bisnis Syariah pada Anak

Nah, Anda yang sudah menjadi orang tua dan ingin mengenalkan bisnis syariah pada anak, tips-tips berikut mungkin bisa membantu:

1. Jujur dalam Berbisnis

Poin pertama yang wajib Anda tanamkan ke dalam diri anak-anak adalah sifat jujur, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun saat ber-muamalah atau berbisnis. Perilaku jujur dan terbuka ini wajib dijunjung tinggi, salah satunya saat sedang berinteraksi dengan konsumen. Tidak mengurangi timbangan, memberi deskripsi barang sesuai kondisi aslinya, atau semacamnya adalah tindak kejujuran yang bisa Anda contohkan kepada si kecil.

2. Ajarkan Cara Mengelola Uang

Saat berbisnis, uang adalah alat transaksi yang punya peran sentral, salah satunya tentu saja dipakai untuk modal usaha. Agar anak-anak mampu mengelola bisnis dengan baik, ajarkan mereka cara mengelola uang sejak dini. Bersama anak-anak, buatlah pembukuan yang jelas, misalnya pos pemasukan, modal, pos laba, dan sebagainya. Dengan cara ini, mereka bisa belajar mengatur dana yang masuk dan keluar. Agar bisnis makin berkah, percayakan semua kebutuhan bisnis dan keuangan pada lembaga keuangan syariah.

3. Pilihan Barang Dagangan

Jenis barang yang kita jual juga ikut menentukan apakah bisnis yang kita jalankan sesuai syariah atau tidak. Hal ini juga berlaku sama jika Anda ingin mengenalkan bisnis pada anak-anak. Misalnya jika anak ingin berbisnis makanan, pastikan bahan yang dipakai adalah yang baik dan halal. Nilai manfaat juga wajib dipertimbangkan saat Anda ingin menjual suatu barang.

4. Tanamkan Rasa Sabar

Saat berbisnis, kadang ada kejadian yang tidak diinginkan, seperti usaha mengalami kerugian, ditipu konsumen, atau barang dagangan tidak laku. Hal seperti ini cukup berpengaruh terhadap semangat berbisnis anak-anak. Untuk itu, sebagai orang tua, Anda wajib menanamkan rasa sabar dalam diri mereka. Berikan pengertian kalau hal-hal semacam itu dalam dunia bisnis adalah sesuatu yang sangat wajar.

5. Contohkan

Semua teori rasanya percuma jika sebagai orang tua saja Anda tidak memberikan contoh langsung kepada anak-anak. Biarkan anak menganggap Anda sebagai role model dalam berbisnis.

Itu dia kiat-kiat mengenalkan bisnis syariah pada anak-anak. Semoga bermanfaat!

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "5 Kiat Mengenalkan Bisnis Syariah pada Anak Sejak Dini"