5 Kisah Muslimah Inspiratif - Pegadaian Syariah
logo

5 Kisah Muslimah Inspiratif

7 bulan yang lalu    
5 Kisah Muslimah Inspiratif

Rasulullah SAW bersabda kepada Umar ibn al Khaththab ra: “Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya, dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Dawud No. 1417. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah berkata dalam Kitab Al-Jami’ ash Shahih Juz 3 halaman 57).

Hadits lain menyatakan bahwa Abdullah bin Amr bin Ash meriwayatkan bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (Kitab Shahih Muslim, Juz 2 halaman 345. Muslim Hadits No. 1467).

Dua hadits di atas menunjukkan betapa pentingnya kedudukan wanita dalam ajaran Islam. Pada kesempatan ini akan kita cermati 5 kisah muslimah inspiratif pilihan, baik dari masa kenabian sampai masa modern sekarang ini:

1. Khadijah binti Khuwailid

Khadijah adalah putri Khuwailid, cucu Asad bin Abdil Izzi bin Qisha bin Kilab. Ia adalah wanita dari suku Quraisy yang sangat dihormati. Khadijah adalah pribadi yang taat kepada agama dan memiliki kekayaan yang melimpah. Khadijah mempunyai budi pekerti yang luhur. Segala perbuatannya berpedoman kepada agamanya.

Khadijah adalah istri Nabi Muhammad SAW yang pertama dinikahi oleh Rasulullah SAW (pada waktu itu Rasulullah SAW berusia 25 tahun dan Khadijah berusia 40 tahun). Khadijah adalah wanita yang membenarkan kenabian Nabi Muhammad SAW untuk yang pertama kalinya. Hal ini terjadi karena petunjuk putra pamannya, Waraqah bin Naufal yang menjadi pendeta.

Ketika telah menjadi penganut agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, Khadijah berjuang dengan segenap jiwa, raga, dan hartanya untuk menegakkan Islam. Prinsip ini tertanam kuat dalam jiwanya.

Khadijah juga merupakan salah satu wanita yang dijamin masuk surga. Bersumber dari Abu Hurairah, bahwa dia mendengar percakapan antara Nabi Muhammad dengan Malaikat Jibril. Malaikat Jibril berkata, “Khadijah adalah wanita yang akan menghidangkan sebuah tempayan berisi makanan dan minuman kepadamu di surga. Sampaikanlah salamku kepadanya, bahwa dia kelak akan masuk surga dengan penuh kenikmatan dan tiada terdengar suara jerit penderitaan disana.” (Shahih Muslim, Juz 4 halaman 127, Hadits No. 2432).

2. Fatimah az Zahra binti Muhammad SAW

Fatimah adalah puteri Rasulullah SAW. Fatimah adalah isteri Ali bin Abi Thalib dan berputera Hasan, Husein, Ummu Kulsum dan Zainab. Fatimah mempunyai budi pekerti yang sangat mulia, sabar, senantiasa patuh kepada suami, sederhana, dan selalu mensyukuri karunia Allah yang diberikan kepadanya apa pun bentuknya. Atas kemuliaan itulah, Rasulullah SAW memujinya karena jarang ditemukan wanita Quraisy yang mempunyai perilaku demikian.

Fatimah sangat sayang kepada Rasulullah SAW (ayahnya). Ketika Rasulullah SAW mendapatkan siksaan dari kafir Quraisy, Fatimah adalah salah seorang wanita yang sering menghibur dan menguatkan beliau. Demikian juga ketika Rasulullah SAW wafat, Fatimahlah orang yang paling merasa kehilangan.

Kemuliaan Fatimah juga terlihat dari ketaatan dari rasa hormatnya kepada suaminya, Ali bin Abi Thalib. Baginya, suami adalah orang yang bertanggungjawab atas dirinya. Fatimah tidak pernah memasukkan tamu laki-laki ke rumahnya, kecuali atas izin suaminya. Ismail bin Al-Khalid menceritakan bahwa suatu ketika Fatimah jatuh sakit. Abu Bakar bermaksud menjenguk keadaan Fatimah. Namun Fatimah menolaknya, kecuali jika Ali bin Abu Thalib mengizinkannya. Kesetiaan Fatimah terhadap suaminya sangat teruji, Ia takkan berani memutuskan kehendak hatinya sebelum mendapatkan restu dari suaminya.

3. Maryam binti Imran

Maryam adalah anak perempuan Imran dan ibu dari Nabi Isa as. Maryam merupakan sosok wanita yang dijanjikan oleh Allah masuk surga, karena Maryam memiliki kemuliaan budi pekerti yang tidak dimiliki wanita yang hidup pada zamannya.

Maryam adalah wanita yang memelihara kehormatannya. Inilah karakter termulia yang dimiliki oleh Maryam. Setiap saat ia selalu menjaga dirinya dari perbuatan-perbuatan yang dapat mengotori kehormatannya. Bagi Maryam, menjaga kehormatan tidak hanya sebatas menjauhi perbuatan zina, tetapi meliputi perbuatan-perbuatan yang dapat mengarah kepada perzinahan. Oleh karena itu, Allah memilih Maryam sebagai wanita tersuci di alam raya pada masa ia hidup.

Sebagaimana firman Allah SWT, “Dan ingatlah ketika para malaikat berkata, “Wahai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilihmu, menyucikanmu, dan melebihkanmu di atas segala perempuan di seluruh alam (pada masa itu).” (QS. Ali Imran: 42). Hal ini merupakan pemberitaan dari Allah tentang sesuatu yang disampaikan Malaikat kepada Maryam, tentang perintah Allah kepada para Malaikat untuk menyampaikan hal tersebut, yaitu bahwa Allah telah memilih Maryam karena ibadahnya yang banyak, kezuhudan, kemuliaan dan kesuciannya dari kotoran dan bisikan syaitan. Kemudian Allah memilihnya untuk yang kedua kalinya, karena keagungannya atas semua wanita di muka bumi ini. (Tafsir Ibnu Katsir Juz 2 Halaman 39).

4. Aisyah binti Abu Bakar

Aisyah ra merupakan salah satu istri Nabi Muhammad yang usianya paling muda. Aisyah dinikahi oleh Nabi Muhammad pada saat usianya sembilan tahun dan ditinggal wafat oleh Nabi Muhammad saat berusia delapan belas tahun. Beliaulah istri Nabi Muhammad yang merupakan teladan Muslimah yang sangat inspiratif, karena beliau yang mempunyai wawasan yang paling luas dan mempunyai kecerdasan yang sangat luar biasa.

Aisyah ra adalah istri Nabi Muhammad yang mempunyai akhlak mulia. Dia selalu taat kepada Allah swt dan selalu menjalankan perintah-Nya. Dia juga seorang wanita yang mempunyai hati yang sangat mulia, dia selalu membantu orang-orang di sekelilingnya yang kesusahan. Hal itu tidak terjadi semasa Nabi Muhammad saat masih hidup saja, bahkan sejak sepeninggalan Nabi Muhammad pun beliu mendirikan madrasah yang dikelola sendiri dan dia juga yang mengajar secara langsung orang-orang yang belajar di Madrasah tersebut.

Dari banyak nya kemampuan yang dimiliki oleh Aisyah ra, beliau mampu mengingat dua ribu lebih hadis, kemampuan ini mengalahkan para sahabat Nabi yang umurnya jauh lebih tua darinya. Dari kemampuan yang dimilikinya ini Aisyah dijadikan tempat untuk meminta nasihat dan penerangan para muslim pada saat itu. Teladan yang dapat diambil dari seorang Aisyah tidak hanya kecerdasannya saja tapi juga akhlaknya yang mulia patut untuk dijadikan pedoman para wanita Muslim.

Banyak sekali keutamaan yang dimiliki oleh Aisyah, sampai-sampai Rasulullah SAW pernah mengatakan dalam sabdanya: “Orang yang mulia dari kalangan laki-laki banyak, namun yang mulia dari kalangan wanita hanyalah Maryam binti Imron dan Asiyah istri Fir’aun, dan keutamaan Aisyah atas semua wanita seperti keutamaan tsarid atas segala makanan.” [Kitab Shahih Muslim Juz 4 halaman 127, Hadits No. 2431]. Berkata az-Zuhri, “Apabila ilmu Aisyah dikumpulkan dengan ilmu seluruh para wanita lain, maka ilmu Aisyah lebih utama.” (Kitab Al-Mustadrak Imam Hakim Juz 4 halaman 11).

5. Zakiah Daradjat

Wanita muslimah berikutnya adalah wanita yang hidup di masa modern, yakni Prof. Dr. Zakiyah Daradjat. Zakiyah adalah ahli psikologi, agama, akademisi, dan muballighah. Lisannya fasih saat berdakwah dan tangannya terampil menghasilkan karya tulis. Sampai menjelang akhir hayat, dia tetap sibuk mengajar di berbagai perguruan tinggi Islam di Indonesia dan memberikan konsultasi psikologi.

Zakiyah meraih gelar Doktor Psikologi pada tahun 1964 di Universitas Ein Shams Kairo Mesir. Zakiyah dikenal sebagai ahli jiwa yang sering menggunakan pendekatan agama sebagai solusi pemecah persoalan. Zakiyah aktif berdakwah tak pernah lelah. Ia bisa berceramah 5-6 kali dalam sehari di tempat berbeda, dan sering menjadi narasumber di stasiun radio dan televisi.

Zakiyah memiliki kecakapan yang “lengkap”. Lisannya fasih berceramah dan tangannya terampil dalam menulis artikel dan atau bahkan buku. Zakiyah meraih penghargaan dari presiden Mesir pada tahun 1965 atas penelitian disertasinya. Medali Ilmu Pengetahuan itu disampaikan pada upacara Hari Ilmu Pengetahuan.

Demikian 5 kisah muslimah inspiratif yang kami sajikan secara singkat, semoga bermanfaat. Amin.

 

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "5 Kisah Muslimah Inspiratif"