5 Tips dan Cara Daftar Haji - Pegadaian Syariah
logo

5 Tips dan Cara Daftar Haji

1 tahun yang lalu    
5 Tips dan Cara Daftar Haji

Proses keberangkatan haji memerlukan waktu yang cukup panjang. Oleh sebab itu, sebelum mendapatkan nomor antrean atau nomor porsi, calon jemaah haji harus tahu bagaimana cara mendaftar haji yang benar agar segera terdaftar dan memperoleh nomor porsi. Nah, jika Anda berniat untuk melaksanakan ibadah haji, berikut cara daftar haji yang tepat dan bisa Anda ikuti.

 

Membuka Tabungan Haji

Hal pertama yang harus dilakukan oleh calon jemaah haji adalah menabung. Uang dalam tabungan haji inilah yang kelak digunakan untuk membayar setoran awal BPIH sebelum akhirnya mendapatkan nomor porsi haji guna mengantre jadwal keberangkatan. Setoran awal BPIH untuk haji reguler sekitar Rp 25.000.000,00 dan sisa biayanya bisa  Anda lunasi sebelum keberangkatan haji.

Kini cara daftar haji dipermudah dengan adanya Arrum Haji. Pegadaian Syariah menawarkan layanan peminjaman dana haji dengan menggadaikan emas bernilai minimal 7 juta rupiah. Anda akan mendapatkan pinjaman senilai 25 juta rupiah dalam bentuk tabungan haji.

Mendapatkan Surat Keterangan Sehat dan Golongan Darah

Apabila tabungan yang Anda miliki telah mencapai batas yang mencukupi untuk pendaftaran haji, langkah selanjutnya adalah mendapatkan surat keterangan sehat. Untuk mendapatkan surat ini, Anda bisa datang ke rumah sakit atau Puskesmas tempat Anda tinggal. Oh ya, pemeriksaan golongan darah juga perlu dilakukan untuk jaga-jaga jika ada hal tidak diinginkan terkait kesehatan di kemudian hari.

Mengurus Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH)

Setelah tabunganmu mencapai Rp25.000.000,00 dan Anda memiliki surat keterangan sehat serta golongan darah, Anda bisa datang ke Kantor Kementerian Agama. Di kantor ini, Anda bisa mengajukan diri untuk mendapatkan SPPH. Syarat sebelum mendapatkan SPPH adalah memiliki rekening haji yang cukup dan surat keterangan sehat yang disertai golongan darah. Kelengkapan lain yang harus dipenuhi adalah Pas Foto berwarna , akta kelahiran atau buku nikah , salinan kk dan KTP ,

Di Kantor Kementerian Agama yang ada di kabupaten, calon jemaah bisa mengisi formulir SPPH. Setelah semua data dicek dengan teliti, calon jemaah akan mendapatkan SPPH yang disahkan oleh Kantor Kementerian Agama kabupaten tersebut.

Itulah beberapa tips dan cara daftar haji yang benar dan tepat. Mendaftar haji sebenarnya tidak rumit dan bisa Anda lakukan dengan kemampuan Anda. Semoga pembahasan kali ini bisa memberikan pencerahan dan menambah kelancaran dalam menjalankan niat Anda untuk naik haji.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "5 Tips dan Cara Daftar Haji"