5 Tips Manajemen Keuangan Keluarga yang Baik dan Benar - Pegadaian Syariah
logo

5 Tips Manajemen Keuangan Keluarga yang Baik dan Benar

1 tahun yang lalu    
5 Tips Manajemen Keuangan Keluarga yang Baik dan Benar

Setiap keluarga memiliki kebutuhan yang berbeda. Pada dasarnya, kebutuhan itu terdiri dari dua hal, kasih sayang dan materi. Keduanya mesti berjalan seimbang supaya tidak terjadi ketimpangan. Manajemen keuangan keluarga adalah salah satu tindakan yang harus dilakukan untuk menjaga keseimbangan tersebut.

Mengatur finansial keluarga memang tidak mudah. Apalagi jika Anda sudah mempunyai anak, kebutuhan pasti bertambah. Biasanya, penghasilan 3 juta per bulan lebih dari cukup untuk hidup berdua. Setelah punya anak, mungkin Anda perlu tambahan pemasukan. Supaya pengeluaran uang tidak membengkak, ini tips-tips yang bisa dilakukan.

  • Menyusun Anggaran Belanja Bulanan

Langkah pertama, yaitu membuat daftar kebutuhan rumah tangga selama satu bulan. Kemudian, urutkan berdasarkan prioritas. Keperluan anak-anak dan konsumsi keluarga wajib diletakkan di barisan teratas. Setelah itu, Anda boleh memasukkan kebutuhan sekunder, seperti berwisata, makan di restoran, dan berbelanja pakaian.

Jika daftar prioritas sudah selesai dibuat, Anda harus mematuhinya. Upayakan pengeluaran tidak melebihi anggaran. Tujuannya supaya Anda bisa menyisihkannya untuk tabungan.

  • Dahulukan Kebutuhan, Bukan Keinginan

Kadang-kadang, Anda menginginkan benda di luar kebutuhan pokok. Kalau memiliki banyak uang, mungkin semuanya bisa terpenuhi. Namun, Anda yang berpenghasilan pas, mestinya mampu hidup dalam kesederhanaan. Hal yang patut diingat, yaitu Allah SWT tidak menyukai sesuatu yang berlebihan. Sebagaimana firman-Nya dalam Alquran:

“Hai, anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap memasuki masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai sesuatu yang berlebih-lebihan.” (Q.S Al-A’raf : 31)

  • Pisahkan Antara Uang Pribadi dengan Dana Rumah Tangga

Mungkin, agak sulit melakukan ini karena dana keluarga bersumber dari uang pribadi. Namun, Anda bisa memisahkannya dengan cara membagi setiap awal bulan. Biaya rumah tangga meliputi, konsumsi, keperluan anak-anak, pembayaran listrik dan air, serta pajak. Sementara itu, uang pribadi mencakup kebutuhan transportasi dan perawatan diri.

  • Menabung dan Berinvestasi

Saat ini, banyak lembaga keuangan yang menawarkan berbagai bentuk tabungan dan investasi. Bahkan, beberapa jenis tabungan dikolaborasikan dengan investasi. Supaya bisa memenuhi hal ini, Anda mesti menyisakan uang setiap bulan. Sebaiknya, Anda menyimpannya di lembaga keuangan yang aturannya sesuai syariat Islam agar aman dan nyaman. Cobalah berinvestasi emas dengan layanan Tabungan Emas dari Pegadaian Syariah. Informasi lebih lanjut tentang Tabungan Emas bisa Anda dapat di laman berikut ini

  • Hindari Kartu Kredit

Banyak alasan yang membuat orang ingin mempunyai kartu kredit. Melalui kartu kredit, seseorang bisa membeli barang apa pun yang diinginkan. Kalau memiliki kartu kredit, Anda tidak perlu membawa uang tunai saat berbelanja. Padahal, keuntungan tersebut tidak sebanding dengan kerugian yang didapatkan.

Bunga kartu kredit yang tidak menentu jumlahnya berpotensi menjerumuskan Anda ke dalam riba. Di samping itu, kartu kredit mendekatkan Anda pada utang yang tidak ada habisnya.

Manajemen keuangan keluarga tidak hanya menguntungkan dari sisi finansial, tetapi juga memberikan ketenangan. Jika semua kebutuhan terpenuhi tanpa utang, hidup Anda tidak akan diselimuti kekhawatiran.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "5 Tips Manajemen Keuangan Keluarga yang Baik dan Benar"