5 Trik Menabung Efektif Hingga Mencapai Puluhan Juta - Pegadaian Syariah
logo

5 Trik Menabung Efektif Hingga Mencapai Puluhan Juta

1 tahun yang lalu    
5 Trik Menabung Efektif Hingga Mencapai Puluhan Juta

Menyisihkan sedikit penghasilan untuk ditabung adalah perkara yang gampang-gampang susah. Gampang karena tidak dibutuhkan keahlian khusus, susah karena menguatkan niat untuk menabung memang bukan hal yang mudah. Ada saja godaan yang membuat kegiatan menabung bubar di tengah jalan.

Pemborosan adalah suatu hal yang sangat dilarang dalam Islam. QS. Al Isra' (17) ayat 27 menjelaskan "Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.”

Maka dari itu hendaknya kita menghindari pemborosan dengan cara menyimpan harta untuk kepentingan yang lebih baik di masa depan, misalnya untuk pendidikan anak, haji dan umroh maupun dana pensiun.

Selain itu dana simpanan sangat penting karena bisa dipakai sewaktu-waktu ada kebutuhan mendesak. Nah, buat Anda yang punya penghasilan sedikit tapi bertekad kuat untuk menabung hingga mencapai puluhan juta, trik menabung efektif berikut mungkin bisa menjadi solusi.

  • Menabung Dulu, Kebutuhan Belakangan

Mungkin hal tersebut terdengar aneh, bagaimana bisa kita mengesampingkan kebutuhan demi menabung? Bisa kok. Justru menabung dengan uang sisa gaji lebih sulit, hal ini karena kebutuhan manusia tidak akan pernah ada habisnya.

Oleh karena itu, sebelum membelanjakan gaji untuk keperluan ini itu, sisihkan dahulu barang beberapa persen untuk ditabung, misalnya 20%. Nah, jika sudah, sisa gaji 80% tersebut bisa Anda pakai untuk menutup kebutuhan.

  • Utak-Atik Dana Operasional

Meskipun terlihat sedikit, dana operasional yang dipakai setiap hari (uang bensin, makan siang, dan lain-lain) kalau ditotal ternyata jumlahnya cukup banyak, lho. Karenanya, belajarlah menyiasati dan menekan pengeluaran tersebut semaksimal mungkin.

Misalnya, ketimbang pakai kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan jasa angkutan umum online. Biaya makan siang di kantin kantor/kampus yang mahal bisa ditekan dengan membawa bekal dari rumah, dan sebagainya.

Nah, dana hasil “utak-atik” inilah yang bisa Anda pakai untuk menambah jumlah tabungan. Coba praktikkan dan lihat hasilnya beberapa bulan ke depan.

  • Kurangi Kebiasaan Nongkrong

Kebiasaan kumpul-kumpul dengan teman sering kali membuat kita mengeluarkan sejumlah uang yang nominalnya tak sedikit. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, bisa-bisa Anda bangkrut tak punya tabungan.

Nah, daripada nongkrong tak jelas begitu, lebih baik cari alternatif refreshing lain yang jauh lebih bermanfaat dan murah meriah. Makan di luar boleh sesekali, asal tidak setiap hari. Lumayan kan dananya bisa dipakai menabung?

  • Jangan Pakai Kartu Kredit

Kartu kredit sering kali membuat penggunanya kalap karena merasa punya uang. Padahal tagihan bisa saja membengkak jika Anda tak bisa mengontrolnya dengan baik.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari transaksi dengan kartu kredit. Pakailah uang cash ketika berbelanja. Satu hal penting: jangan bawa uang dalam jumlah banyak ketika jalan-jalan karena hal ini berpotensi membuat Anda lapar mata.

  • Komitmen

Terakhir, bangunlah komitmen sekuat mungkin dengan apa yang sudah Anda niati. Tegas dan bijaklah menggunakan uang. Dengan begitu, menabung hingga mencapai puluhan juta bukan lagi menjadi hal yang mustahil.

Nah, itu dia trik menabung efektif yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Bila menabung di bank saja tidak cukup bagi Anda, cobalah Tabungan Emas dari Pegadaian Syariah. Dengan Tabungan Emas, Anda akan lebih termotivasi untuk menngumpulkan uang Anda dan lebih terhindar dari pemborosan.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "5 Trik Menabung Efektif Hingga Mencapai Puluhan Juta"