6 Langkah Jitu Mempersiapkan Keberangkatan Haji - Pegadaian Syariah
logo

6 Langkah Jitu Mempersiapkan Keberangkatan Haji

1 tahun yang lalu    
6 Langkah Jitu Mempersiapkan Keberangkatan Haji

Keberangkatan Haji membutuhkan proses yang relatif panjang. Bahkan setelah mendapatkan porsi haji pun, calon jemaah haji yang mendapat kesempatan terbang ke Tanah Suci masih harus menunggu waktu antrean keberangkatan. Mereka akan diberi tahu beberapa bulan atau tahun sebelum keberangkatan agar bisa melunasi pembiayaan hajinya. Jemaah akan diberi kesempatan untuk mempersiapkan keberangkatan haji yang meliputi banyak hal, termasuk persiapan melunasi biaya haji hingga persiapan fisik dan mental. Berikut adalah langkah jitu yang bisa membantu Anda mempersiapkan keberangkatan haji dengan lebih mantap.

 

  • Persiapan Biaya

 

Ada banyak cara yang bisa Anda persiapkan mulai hari ini untuk mewujudkan impian berangkat haji. Caranya adalah dengan menabung atau memanfaatkan instrumen investasi syariah. Tujuan memilih syariah adalah  agar semua dana yang Anda persiapkan terhindar dari  unsur riba, gharar (tipu daya), maisir (perjudian), atau haram, sehingga tidak perlu was-was lagi dan Anda bisa tenang dalam menyiapkan dana ibadah Anda.

Logam mulia atau emas murni batangan bisa menjadi salah satu pilihan investasi untuk mempersiapkan biaya ibadah haji. Kini membeli emas logam mulia dalam bentuk batangan itu mudah, dan bisa diangsur secara pokok setiap bulannya melalui akad murabahah (jual beli). Anda bisa mendapatkan dan membeli logam mulia bersertifikat langsung ke toko emas, Pegadaian Syariah, ataupun dari PT Aneka Tambang (Antam).

Tips untuk investasi emas ini, sebaiknya Anda memilih membeli emas murni bersertifikat. Jangan terlena dengan rayuan investasi emas palsu yang hanya merugikan Anda. Belilah di tempat resmi sehingga Anda tidak akan tertipu.

Membeli emas murni tidak harus mahal, harga emas murni berkisar Rp600.000 per 1 gram, harga ini bisa berubah tergantung dengan harga emas dunia. Emas bisa Anda simpan dan jika sewaktu-waktu harganya naik, Anda bisa menjualnya kembali dan menggunakan uang tersebut untuk berangkat ibadah.   

Informasi lebih lanjut mengenai pembelian emas di Pegadaian Syariah serta Tabungan Emas bisa Anda dapatkan pada tautan berikut ini.

 

  • Persiapan Fisik

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa ibadah haji adalah rangkaian ritual yang panjang dan juga menguji ketahanan fisik seseorang. Setiap jemaah akan melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain dan mayoritas dengan berjalan kaki. Jika fisik tidak kuat, maka seorang jemaah tidak akan bisa menjalankan ibadahnya dengan sempurna. Apalagi suhu udara di Mekah dan Madinah berbeda dengan Indonesia.

Untuk menghindari masalah-masalah seputar kesehatan, ada baiknya calon jemaah untuk melakukan olahraga rutin sebelum keberangkatan. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan kebugaran sehingga saat sudah di Tanah Suci, ketahanan fisiknya meningkat.

Selain mempersiapkan fisik sebaik-baiknya, memeriksakan kesehatan juga sangat penting. Calon jemaah harus tahu apakah kondisi kesehatannya mengizinkannya terbang ke Tanah Suci atau tidak. Jika ada ada masalah kesehatan yang cukup serius, calon jemaah dianjurkan untuk menempuh pengobatan hingga sembuh agar tidak mengganggu saat keberangkatannya nanti.

Calon jemaah haji diwajibkan untuk menerima vaksin penyakit tertentu. Kawasan Tanah Suci akan dibanjiri banyak jemaah dari berbagai belahan dunia. Penyebaran penyakit tertentu dapat terjadi. Dengan vaksin, kemungkinan calon jemaah tertulari akan menurun.

  • Memperbanyak Pengetahuan Haji

Agar jemaah bisa menjalankan haji dengan baik, mereka juga harus mengetahui seperti apa sejatinya ibadah yang sangat diimpikan banyak orang ini. Calon jemaah harus memahami urutan ritual secara jelas. Selain itu calon Jemaah juga harus mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, serta hal-hal lain yang bisa membuat ibadah haji jadi tidak sempurna.

Pemerintah memang akan mengadakan manasik haji beberapa bulan sebelum keberangkatan. Namun, pengetahuan haji yang baik tidak akan bisa didapatkan secara instan. Akan lebih baik bila calon Jemaah sudah mempelajari beragam pengetahuan haji dari jauh-jauh hari.

  • Menyiapkan Batin

Persiapan fisik saja tidak akan cukup dalam ibadah haji. Pada dasarnya, haji juga merupakan ibadah batin yang menuntut kesiapan setiap pelakunya. Kesiapan batin bisa dimatangkan dengan lebih banyak melakukan ibadah dan memperbaiki perilaku secara menyeluruh.

Inilah beberapa langkah yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan haji. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "6 Langkah Jitu Mempersiapkan Keberangkatan Haji"