9 Negara Terdepan dalam Ekonomi Syariah - Pegadaian Syariah
logo

9 Negara Terdepan dalam Ekonomi Syariah

1 tahun yang lalu    
9 Negara Terdepan dalam Ekonomi Syariah

Tahukah Anda bahwa minat masyarakat terhadap keuangan syariah terus meningkat? Begitu pula dengan minat masyarakat dunia. Bahkan negara-negara Eropa pun mulai mengembangkan keuangan Syariah, salah satunya adalah Inggris.

Meskipun masih kalah populer dibandingkan dengan keuangan konvensional, keuangan syariah tidak bisa dianggap remeh. Sistem yang berbeda serta elemen khusus bagi nasabah telah menjadi nilai lebih dari keuangan syariah yang terus-menerus menarik perhatian banyak orang.

Secara global, Arab Saudi masih memimpin dalam penguasaan aset keuangan syariah, menurut laporan World Economic Forum 2015. Disusul oleh Malaysia, Uni Emirat Arab, Kuwait, Qatar, Turki, Indonesia, Bahrain, dan Pakistan.

Sebagian besar dari daftar tersebut adalah negara-negara yang menjadi anggota Dewan Kerjasama untuk Negara Arab di Teluk (GCC). Bukan informasi yang mengherankan karena negara-negara ini memang telah menerapkan sistem keuangan syariah sejak lama.

Selain negara Teluk, beberapa negara seperti Malaysia, Indonesia, Turki dan Pakistan juga sudah mulai menunjukkan kemampuannya dalam mengolah sistem keuangan yang berbasis pada ekonomi Islam ini.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, total aset keuangan Islam naik 17 persen atau mencapai US$ 778 miliar antara 2009 dan 2013. Meskipun laju pertumbuhan terlihat mengesankan, pangsa aset keuangan syariah masih sangat kecil jika dibandingkan dengan aset keuangan global, yaitu  masih kurang dari 1 persen. Dalam hal pangsa pasar, pada tahun 2016 Indonesia masih berada dalam urutan ke 19, dengan pangsa pasar 4,86% berdasarkan Islamic Financial Standard Board (IFSB).

Meskipun masih kalah dalam hal pangsa pasar, pertumbuhan keuangan syariah mampu melampaui keuangan konvensional dan jangkauannya juga meningkat di Afrika, Asia Selatan dan Eropa.

Industri keuangan syariah global akan melesat berkelanjutan jika didorong oleh dukungan pemerintah serta lingkungan kebijakan yang kondusif. Selain itu, inovasi dan diversifikasi dalam industri keuangan syariah juga menjadi salah satu faktor sukses.

Di Indonesia, Anda pun pasti juga melihat munculnya beragam variasi produk keuangan syariah. Di Pegadaian Syariah sendiri, Anda bisa mendapatkan variasi produk syariah seperti penjualan emas, pendanaan pengusaha mikro, hingga pendanaan untuk pembelian kendaraan bermotor. Tentunya Anda tinggal memilih produk manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apakah Anda ingin menjadi salah satu bagian dari perkembangan keuangan syariah di tanah air dan dunia? Tidak hanya dengan mencoba produk keuangan syariah, Anda juga bisa sekaligus merasakan manfaat khusus yang diberikan oleh sistem keuangan syariah yaitu ketentraman hati.

Mari kita nantikan perkembangan keuangan syariah selanjutnya.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "9 Negara Terdepan dalam Ekonomi Syariah"