Bagaimana Memilih Leasing Mobil yang Baik? - Pegadaian Syariah
logo

Bagaimana Memilih Leasing Mobil yang Baik?

9 bulan yang lalu    
Bagaimana Memilih Leasing Mobil yang Baik?

Memiliki kendaraan merupakan salah satu nikmat yang Allah karuniakan agar kita mendapatkan kemudahan dalam berperjalanan, termasuk untuk mengerjakan berbagai aktivitas ibadah kepada Allah.

Abu Hurairah Radhiyallahu‘anhu meriwayatkan:

Janganlah kalian menjadikan punggung-punggung hewan tunggangan kalian sebagai mimbar (semata-mata sebagai tempat duduk). Sesungguhnya Allah menundukkannya untuk kalian supaya mengantarkan ke negeri yang belum pernah kalian capai kecuali dengan bersusah payah. Dan Allah menciptakan bumi untuk kalian, maka hendaklah kalian tunaikan kebutuhan kalian di atas tanah”. (HR. Abu Dawud)

Di era modern ini, mobil menjadi salah satu kendaraan yang paling diminati. Selain kapasitasnya lebih banyak, mobil juga bisa melindungi pengendara dan penumpangnya dari panas dan hujan.

Untuk bisa memiliki mobil, sekarang ini kita tidak perlu menyediakan uang tunai dalam jumlah banyak—atau mengumpulkannya selama bertahun-tahun—karena sudah banyak lembaga keuangan, salah satunya Pegadaian Syariah, yang siap memberikan pinjaman untuk membeli mobil dengan cara angsuran. Kita mengenalnya dengan istilah leasing.

Leasing, Apa dan Bagaimana?

Leasing merupakan perusahaan atau lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman untuk nasabahnya (dengan syarat dan ketentuan tertentu) untuk membiayai kredit suatu barang, misalnya sepeda motor, mobil, mesin atau alat kerja, dan sebagainya.

Sebagai pihak pemberi pinjaman, perusahaan akan membayar sebagian (down payment) dari harga barang yang akan  dibeli—misalnya mobil. Selanjutnya, tugas Anda sebagai debitur melunasi utang yang dibayar melalui cicilan yang disetor tiap bulan.

Sebab jatuh tempo tak seindah jatuh cinta...

Secara umum, leasing sama dengan lembaga keuangan/pembiayaan lain. Dibanding lembaga pinjaman lain, melakukan proses kredit lewat jasa mereka dianggap lebih mudah dan cepat.

Pegadaian Syariah menawarkan pembiayaan Amanah bagi bagi karyawan tetap maupun pengusaha UMKM yang ingin mengajukan leasing kendaraan berprinsip syariah yang adil dan menentramkan. Layanan Amanah ini tersedia di seluruh outlet Pegadaian di seluruh Indonesia dengan uang muka yang terjangkau (minimal 20%) dan angsuran tetap. Jangka waktu pembiayaan leasing kendaraan melalui produk Amanah terbilang variatif, mulai dari 12 bulan sampai dengan 60 bulan.

Nah, Anda yang akan melakukan pengajuan kredit mobil melalui produk Amanah, tentu wajib memperhatikan ketentuan yang disyaratkan oleh pihak Pegadaian. Pengaju leasing setidaknya pegawai tetap suatu instansi pemerintah atau swasta dengan minimal telah lama bekerja selama 2 tahun. Kemudian melampirkan kelengkapan, seperti fotokopi KTP, Kartu Keluarga, surat pengangkatan kerja sebagai karyawan tetap, slip gaji 2 bulan terakhir, dan lain sebagainya. Penting bagi Anda untuk mengetahui secara detail syarat serta ketentuan yang tercantum dalam perjanjian kredit agar tidak terjadi miskomunikasi di waktu yang akan datang.

Tips Memilih Leasing Mobil yang Baik

Sebelum mantap mengajukan proses permohonan pinjaman kepada lembaga keuangan tertentu, ada beberapa tips yang mesti Anda perhatikan agar bisa mendapat leasing mobil yang baik dan tepercaya, di antaranya:

•    Pilih yang Tepercaya

Hal pertama yang penting dan tidak boleh diabaikan adalah memilih lembaga pemberi kredit yang sudah tepercaya dan dikenal luas. Dengan menerapkan tips ini, Anda akan terhindar dari kemungkinan “dipermainkan” oleh pihak pemberi kredit dengan suku bunga yang tidak masuk akal. Agar makin yakin kalau leasing mobil yang dipilih cukup kredibel, Anda bisa melihat background serta lamanya mereka beroperasi.

•    Pembayaran Angsuran yang Fleksibel

Memilih lembaga finance yang memiliki fleksibilitas dalam pembayaran juga merupakan poin penting yang wajib dipertimbangkan, sebab kemudahan pembayaran juga akan turut berpengaruh terhadap kelancaran proses kredit yang Anda ambil. Sebagai referensi, pilihlah yang angsuran pembayarannya bisa disetor melalui ATM, bank, kantor pos, atau bahkan minimarket.

Nah, itu dia A-Z seputar leasing mobil dan tips memilihnya. Semoga bermanfaat!

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Bagaimana Memilih Leasing Mobil yang Baik?"