Barang Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian Syariah? - Pegadaian Syariah
logo

Barang Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian Syariah?

6 bulan yang lalu    
Barang Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian Syariah?

Hidup ini dinamis, baik dari sisi material maupun spiritual. Sebagai manusia biasa, kita tentu berharap bisa diberi kecukupan harta yang manfaat dan barakah. Allah telah berjanji akan memberikan jalan keluar dan rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka bagi hamba-Nya yang bertakwa.

Hal ini sesuai firman Allah, “Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu,” (QS. Ath Thalaaq: 3).

Tafsir Ibnu Katsir menegaskan bahwa barang siapa yang bertakwa kepada Allah dalam arti mengerjakan semua yang diperintahkan kepadanya dan meninggalkan semua apa yang dilarang baginya, maka Allah akan menjadikan baginya jalan keluar dari urusannya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka, yakni dari arah yang tidak terbersit dalam hatinya.

Imam Ahmad pun memberi penegasan sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang mempunyai suatu keperluan, lalu ia menyerahkannya kepada manusia, maka dapat dipastikan bahwa keperluannya itu tidak dimudahkan baginya. Dan barang siapa yang menyerahkan keperluannya kepada Allah SWT, maka Allah akan mendatangkan kepadanya rezeki yang segera atau memberinya kematian yang ditangguhkan (usia yang diperpanjang),” (Tafsir Ibnu Katsir, juz 8 halaman 145).

Kadangkala kita memiliki kebutuhan yang tidak terduga. Kadang pula kita memiliki kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi segera. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, bukan berarti otomatis Anda tidak sedang bertakwa kepada Allah, karena takwa merupakan salah satu cara untuk memperoleh rezeki dan jalan keluar. Betapa banyak orang yang tidak beriman dan diberikan rezeki yang banyak. Namun, tentu saja nikmat iman adalah rezeki yang tak ternilai.

Dalam kondisi memiliki kebutuhan yang mendesak, kita harus terus bertakwa dan berikhtiar. Salah satu sarana ikhtiar yang disediakan oleh Pegadaian Syariah adalah solusi gadai sesuai syariah dengan objek atau barang yang bisa digadaikan bisa berupa perhiasan, barang elektronik dan kendaraan bermotor. Lalu terbesit pertanyaan, barang apa saja yang bisa digadaikan di Pegadaian Syariah?

1. Perhiasan

Perhiasan paling utama yang bisa digadaikan adalah emas. Emas adalah barang berharga yang sifatnya universal. Emas diakui sebagai barang berharga di semua negara di dunia. Tanpa surat atau dokumen kepemilikan, emas akan menjadi sah dimiliki dan diperjualbelikan oleh pembawanya. Emas cetakan dan/atau buatan manapun, akan bisa laku untuk diperjualbelikan di negara manapun, karena yang paling berharga dari emas adalah zatnya.

Adapun perhiasan yang bisa digadaikan di Pegadaian Syariah adalah emas batangan, emas koin, emas dinar, emas perhiasan (emas warna emas maupun emas warna putih), serta barang berharga lain seperti berlian. Emas yang beratnya tidak mencapai 1 gram pun bisa digadaikan. Emas yang beratnya mencapai 1 kilogram pun tentu bisa digadaikan. Sedangkan jenis perhiasan yang bisa digadaikan adalah kalung, cincin, gelang, giwang, dan perhiasan lain yang lazim berada di masyarakat.

2. Barang Elektronik

Barang elektronik yang bisa digadaikan Pegadaian Syariah adalah televisi (LCD), kulkas, gadget, laptop, dan berbagai alat elektronik lainnya yang berharga dan banyak digunakan oleh masyarakat. Semakin bagus kondisi barang elektronik Anda, maka Anda akan berpeluang mendapatkan pinjaman yang lebih tinggi.

Anda harus memastikan bahwa barang elektronik yang anda gadaikan adalah masih dalam kondisi bagus, disukai yang masih baru (belum mencapai 1 tahun penggunaan), belum pernah rusak, ada faktur pembelian, ada garansi, masih utuh dan merupakan barang yang populer di kalangan masyarakat sehingga mudah dijual kembali.

3. Kendaraan Bermotor

Rasanya sudah jarang ditemukan di sebuah keluarga yang tidak memiliki kendaraan bermotor. Apalagi bisa kita lihat kondisi jalanan di berbagai kota besar yang sudah macet. Hal ini membuktikan bahwa banyak sekali masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor, meskipun sebagian ada yang memilikinya dengan cara tidak tunai. Atas kondisi dan potensi tersebut, Pegadaian Syariah juga memberikan solusi praktis atas kebutuhan dana mendesak, yakni dengan gadai kendaraan bermotor.

Namun, Anda harus memperhatikan syarat dan ketentuan gadai kendaraan bermotor. Tidak semua jenis kendaraan bermotor bisa digadaikan. Ada beberapa kriteria yang menjadi pertimbangan penentuan jenis dan spesifikasi kendaraan bermotor yang bisa digadaikan.

Untuk kendaraan berupa motor, masa produksi motornya maksimal 5 tahun terakhir. Merek motor yang bisa digadaikan merupakan semua merek yang telah beredar di pasaran, kecuali motor dengan pabrikan Tiongkok. Sedangkan untuk kendaraan mobil, yang bisa Anda gadaikan adalah mobil dengan masa produksi maksimal 10 tahun terakhir.

Ketika hendak menggadaikan kendaraan Anda, baik itu berupa mobil atau motor ke Pegadaian Syariah, Anda bisa menyertakan surat-surat kendaraan seperti faktur pembelian, BPKB dan STNK.

4. Alat-Alat Pertanian dan Nelayan

Alat-alat pertanian dan nelayan seperti traktor tangan, mesin pompa air, senshou (gergaji mesin), dan mesin tempel diesel kapal. Tentunya alat-alat tersebut digadaikan di Pegadaian Syariah pada saat alat-alat tersebut tidak dipergunakan dan masyarakat (petani/nelayan) membutuhkan modahl tambahan.

Semoga Pegadaian Syariah tetap terus bisa memberikan solusi mudah, maslahah dan barakah atas kebutuhan Anda. Amin.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Barang Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian Syariah?"