Beragam Manfaat Kredit Motor dan Mobil Secara Syariah - Pegadaian Syariah
logo

Beragam Manfaat Kredit Motor dan Mobil Secara Syariah

1 minggu yang lalu    
Beragam Manfaat Kredit Motor dan Mobil Secara Syariah

Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini kendaraan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang sangat memudahkan aktivitas kamu sehari-hari. Langkah untuk memiliki kendaraan ini bisa dengan cara beli secara kontan atau beli secara angsuran.

Berikut ini adalah manfaat kredit motor dan mobil secara syariah. Perlu diperhatikan bahwa secara legal, istilah kredit diganti dengan istilah pembiayaan. Maknanya sudah berbeda. Namun, untuk memudahkan pemahaman masyarakat awam, masih biasa disebut dengan kredit motor dan mobil secara syariah.

Pertama, taat logika dagang. Sepertinya ini sederhana, namun sangat penting untuk bisa kamu perhatikan. Pembiayaan kepemilikan motor dan mobil di Lembaga Keuangan Syariah (LKS) harus menggunakan transaksi dagang. LKS berprinsip, jika mau ambil untung, maka harus pakai akad dagang.

Coba saja kamu lihat perjanjian tertulisnya, pasti menggunakan istilah-istilah dagang. Istilah dagang yang biasanya digunakan pada perjanjian legal kredit motor dan mobil secara syariah adalah jual beli tegaskan untung (murabahah), sewa berakhir lanjut milik (ijarah muntahiyah bit tamlik), kongsi berkurang dan sewa (musyarakah mutanaqishah) dan ada juga perjanjian jual sewa berakhir lanjut milik (bay’ wal isti`jar).

Itulah akad-akad dagang yang dipakai LKS untuk memenuhi kepemilikan motor dan mobil secara angsuran. Tak akan bisa kamu temukan istilah pinjaman atau kredit di perjanjian legalnya. Ini artinya LKS juga taat logika bahasa Indonesia.

Kedua, mendukung bisnis halal. Perhatikan dengan baik, bahwa setiap LKS pasti diatur secara legal formal untuk tidak melakukan transaksi haram, mulai dari zat haram, transaksi riba (minta kelebihan pengembalian atas pinjaman atau pada jual beli), transaksi gharar (memastikan hal yang tidak pasti), transaksi maisir (spekulasi terlarang), transaksi zhalim (menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya), dan transaksi maksiat.

Semua transaksi di LKS harus terbebas dari bisnis haram, sehingga bisa dipastikan bahwa aturan bisnis di LKS harus hanya bisnis yang halal saja. Ketika kamu menggunakan fasilitas produk pembiayaan motor dan mobil secara syariah, maka otomatis kamu membantu syiarnya bisnis halal. Harta yang diperoleh LKS dari Nasabah juga harus dipergunakan untuk bisnis halal.

Tak main-main, semua operasional dan bisnis LKS ini diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah yang secara struktur organisasi, setingkat dengan Komisaris perusahaan. LKS juga diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar tetap menjalankan bisnis halal saja.

Ketiga, menghemat pengeluaran. Ini manfaat yang sangat terasa, terutama bagi kamu yang terbiasa naik angkutan umum. Kalau kamu biasanya naik kendaraan umum dan ganti moda motor, penghematan sangat terasa. Kamu bisa menghemat 100% atau lebih, apalagi jika jalur angkutan umum yang kamu lalui, harus ganti kendaraan beberapa kali, tambah lagi pulang pergi.

Beda halnya ketika kamu pakai mobil. Naik mobil untuk keperluan berangkat kantor, lazimnya tidak lebih hemat dibandingkan dengan ketika kamu naik kendaraan umum. Namun, untuk keperluan khusus yang melibatkan anggota keluarga, apalagi berangkat ke luar kota, maka keberadaan mobil akan menghemat pengeluaran.

Perlu dicatat, penghematan ini lebih berkah oleh karena mobil yang kamu beli menggunakan skema transaksi dagang, skema transaksi halal. Jika kamu seorang muslim, pasti kamu paham bahwa pembelanjaan harta yang halal itu menghadirkan keberkahan dan ketenangan dalam hidup.

Keempat, lebih nyaman. Nyaman di sini bisa bermakna kenyamanan jasmani maupun rohani. Ketika kamu punya kendaraan sendiri, maka kamu akan bebas dan nyaman untuk berkendara sesuai dengan yang kamu inginkan, bisa mampir makan jika kamu laper, bisa mampir sholat di saat waktu sholat tlah tiba. Ketika kamu lelah, kamu bisa sewaktu-waktu berhenti istirahat.

Dari sisi kenyamanan rohani, ini sangat penting. Ketika kamu melakukan pembiayaan mobil dan motor secara syariah, maka ada jaminan harta kamu dibelanjakan untuk hal yang halal. Hidup kamu makin tenteram dan barakah. Kamu juga ikut membesarkan bisnis halal yang dijalankan LKS. Semakin berkah.

Kelima, beramal shalih. Amal shalih yang pertama adalah ketika kamu melakukan transaksi halal. Seluruh transaksi kamu di LKS tersebut dari awal pengajuan, persetujuan, mengangsur sampai dengan ketika pelunasan, semuanya dicatat sebagai amal shalih sebagai bekal di akhirat kelak.

Amal shalih berikutnya, ketika misalnya saja kamu telat bayar dan dikenakan denda, maka denda itu tidak akan mungkin dijadikan pendapatan oleh LKS. Denda itu akan disalurkan untuk dana sosial dan kebajikan. Itu artinya, kamu melakukan amal shalih di semua lini operasional bisnis yang dijalankan LKS.

Keenam, positif bagi perencanaan keuangan. Perhatikan dengan baik, ketika kamu melakukan pembiayaan motor atau kredit secara syariah, maka pengeluaran kamu akan terkendali. Terkendali oleh karena harus menjalankan kewajiban mengangsur. Artinya, kamu tidak bisa lagi sembarangan membelanjakan harta. Pengeluaran uang kamu bisa terencana dengan baik.

Kepemilikan motor atau mobil secara angsuran bisa juga bermanfaat bagi kamu untuk memiliki uang yang bisa digunakan untuk keperluan lain. Misalnya ketika kamu punya uang cash 10 juta, dengan membeli motor secara angsuran, misalnya cukup membayar uang muka 2 juta. Uang sisanya yang 8 juta bisa kamu manfaatkan untuk keperluan lain, terutama usaha yang produktif.

Tentu saja, penatakelolaan uang ini harus tetap memperhatikan prioritas hal yang urgen dan penting dibandingkan dengan hal yang tidak primer. Kamu harus tetap menomorsatukan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan.

Demikian beragam manfaat pembiayaan motor dan mobil secara syariah. Kalau kamu ingin mengajukan pembiayan ini sekarang, kamu bisa segera menghubungi Pegadaian Syariah terdekat di dekat kamu tinggal. Salah satu produk yang bisa kamu nikmati dalam rangka kepemilikan kendaraan bermotor, yakni pembiayaan Amanah.

Pembiayaan Amanah adalah pembiayaan berprinsip syariah kepada karyawan tetap maupun pengusaha mikro, untuk memiliki motor atau mobil dengan cara angsuran. Dengan pelayanan yang sederhana, cepat, dan mudah, kamu bisa melakukan pembiayaan dengan jangka waktu yang fleksibel, mulai dari 12 bulan sampai dengan 60 bulan. Salah satu syaratnya, kamu minimal berusia 21 tahun dan sudah menjadi karyawan tetap minimal 2 tahun atau memiliki usaha produktif yang sah dan telah berjalan minimal 1 tahun.

Itulah beragam manfaat kredit motor dan mobil secara syariah, semoga berguna bagi para Sahabat yang ingin melakukan pembiayaan kendaraan bermotor.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Beragam Manfaat Kredit Motor dan Mobil Secara Syariah"