Berbagai Hadits yang Membahas Soal Bisnis - Pegadaian Syariah
logo

Berbagai Hadits yang Membahas Soal Bisnis

8 bulan yang lalu    
Berbagai Hadits yang Membahas Soal Bisnis

Menurut Rasulullah, salah satu cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan adalah dengan melakukan bisnis atau perniagaan. Dengan melakukan ini, penghasilan yang halal bisa didapatkan dengan mudah dan kualitas hidup individu akan meningkat. Untuk lebih memahami pentingnya bisnis dalam Islam, simak beberapa hadits bisnis yang tersaji di bawah ini:

1. Hadits Bisnis tentang Makan dari Jerih Payah Sendiri

Rasullulah pernah bersabda: “Tidaklah seseorang mengonsumsi makanan yang lebih baik dari makanan yang dihasilkan dari jerih payah tangannya sendiri. Dan sesungguhnya Nabi Daud ‘alaihissalam dahulu senantiasa makan dari jerih payahnya sendiri.” (HR. Bukhari dalam Kitab Al-Buyu’, Bab Kasbir Rojuli wa ‘Amalihi Biyadihi II/730 No. 2072)

Berbisnis membuat seseorang berusaha memutar otak dan menggunakan semua tenaganya dengan maksimal. Dari usaha ini, rezeki yang halal akan dihasilkan dan bisa digunakan untuk dirinya dan keluarga.

2. Hadits tentang Berbisnis dengan Jujur di Jalan Allah

Dari HR. Tirmidzi dalam Kitab Al-Buyu’, Bab Ma Ja-a Fit Tijaroti No. 1130, Rasulullah pernah bersabda: “Pedagang yang senantiasa jujur lagi amanah akan bersama para nabi, orang-orang yang selalu jujur dan orang-orang yang mati syahid.”

Dari hadits bisnis di atas terlihat dengan jelas bahwa dalam berbisnis kita harus tetap jujur dan amanah. Meski ada banyak cara mendapatkan untung, cara yang halal akan membuat rezeki yang dihasilkan lebih bermanfaat.

3. Hadits Bisnis tentang Penghasilan Terbaik

Dari HR Ahmad dalam Al-Musnad No. 16628, Rafi’ bin Khadij radhiyallahu ‘anhu, bertanya kepada Rasulullah, dia berkata: “Penghasilan apakah yang paling baik, Wahai Rasulullah?” Lalu Rasulullh menjawab: “Penghasilan seseorang dari jerih payah tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur.”

Dari sini terlihat jelas bahwa Rasulullah sangat menganjurkan umatnya melakukan berdagang atau berusaha dengan tangannya sendiri. Mereka bisa membuat bisnis sendiri meski kecil-kecilan tanpa harus ikut orang lain. Lebih baik mengunakan rezeki dari usaha sendiri asal halal.

4. Hadits Bisnis tentang Orang yang Berkarya

“Sesungguhnya Allah menyukai orang mukmin yang berkarya.” (HR. Al-Baihaqi, dalam 1100 Hadits Terpilih halaman 182)

Hadits bisnis di atas mengungkapkan bahwa seseorang yang mau berusaha sendiri tanpa bantuan orang lain adalah yang disukai Allah. Hadits di atas bisa diterapkan saat kita semua mencari penghasilan yang halal dengan membuat usaha sendiri meski harus dimulai dari nol.

Bisnis adalah hal yang cukup sulit dilakukan. Semua orang bisa memulainya, tapi tidak semua bisa berhasil dan akhirnya bisa kaya. Untuk itu, Anda harus berusaha dengan sungguh-sungguh. Apalagi dengan menceburkan diri ke dalam dunia bisnis peluang Anda bergerak di jalanan Allah semakin besar.

Sebuah pepatah berbunyi, berakit-rakit dahulu berenang-renang kemudian. Dalam berbisnis, kesulitan dan kegagalan memang kerap datang untuk menyambut. Namun, dengan usaha yang maksimal, keberhasilan bisa didapatkan dengan mudah.

Semoga berbagai hadits bisnis di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan untuk mendapatkan kesuksesan yang luar biasa.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Berbagai Hadits yang Membahas Soal Bisnis"