Cara Investasi Emas dengan Aman dan Menguntungkan - Pegadaian Syariah
logo

Cara Investasi Emas dengan Aman dan Menguntungkan

1 tahun yang lalu    
Cara Investasi Emas dengan Aman dan Menguntungkan

Jangan anggap sepele dengan investasi berupa emas. Meski mengalami perubahan harga setiap harinya, emas merupakan salah satu jenis investasi yang masih diandalkan masyarakat Indonesia.

Dengan melakukan investasi emas, Anda bukan lagi menyimpan uang yang nilainya rentan terkena inflasi, melainkan sebuah logam mulia yang nilainya pasti naik dalam jangka waktu yang panjang. Jika Anda membayar investasi tersebut dengan cara membeli tunai maupun dengan cara Tabungan Emas, emas tersebut tetaplah menjadi milik Anda.

Meski sudah banyak saran untuk melakukan investasi emas di tempat-tempat pilihan, nyatanya masih banyak masyarakat yang memilih investasi dadakan. Akibatnya, investasi seperti ini tergolong pada investasi bodong yang tak pernah terlihat kejelasannya.

Padahal terdapat banyak instansi penjualan resmi emas yang terpercaya. Salah satunya adalah Pegadaian Syariah, dimana Anda bisa memperoleh Emas dengan akad yang tepat dan aman, baik itu dengan membayar secara tunai maupun dengan menabung sedikit demi sedikit.

Cara investasi emas bisa dilakukan dengan banyak teknik. Namun yang terpenting adalah keamanan dan keuntungan saat menjalankan investasi ini. Beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan guna memilah cara berinvestasi emas dengan aman dan menguntungkan, antara lain adalah:

  1. Mengetahui hal-hal mendasar

    Melakukan investasi emas berarti Anda perlu tahu hal-hal mendasar terkait emas itu sendiri. Penting bagi Anda untuk mengetahui sejarah emas, peluang pada nilai emas hingga waktu-waktu terbaik untuk berinvestasi.
    Cara investasi emas lainnya adalah dengan mengetahui kondisi perekonomian global yang bisa berdampak pada nilai emas Anda. Memperhatikan kinerja perusahaan tambang emas juga perlu Anda lakukan. Ini berguna bagi Anda dalam memutuskan saat-saat terbaik untuk membeli atau menjual emas.
  2. Mengerti kemampuan diri sendiri

    Salah satu cara investasi emas yang menguntungkan adalah dengan mengetahui kemampuan diri Anda sendiri. Anda bisa mengukur seberapa besar kemampuan finansial Anda untuk berinvestasi emas.

    Di saat Anda telah menyesuaikan investasi dengan kemampuan Anda, maka akan mudah bagi Anda untuk menentukan saat yang tepat untuk membeli dan menjual ataupun menyimpan emas. Jika Anda tidak mampu membeli emas dalam jumlah yang besar, setidaknya mulailah dari hal kecil seperti membeli emas sebesar 5gram.

    Risiko yang Anda tanggung memang akan sebesar investasi yang Anda miliki, namun dengan perhitungan yang matang, Anda bisa menghadapi risiko yang mungkin terjadi.
  3. Perhatikan tempat membeli

    Jangan membeli emas dengan sembarangan tanpa adanya bukti-bukti yang kuat. Sertifikat yang asli dan resmi, seperti dari Pegadaian Syariah adalah modal awal Anda memulai investasi emas. Untuk itu, pastikan Anda membeli emas pada jasa-jasa resmi pemerintahan.
  4. Lindungi aset investasi

    Di saat Anda sudah berani melakukan investasi emas, maka bersiaplah pada risiko yang mungkin terjadi, seperti kehilangan. Kehilangan dalam bentuk fisik adalah yang sering terjadi pada investasi emas. Untuk itu, gunakan tempat penyimpanan yang aman dan tepercaya seperti brankas ataupun penyewaan safety box di bank pilihan Anda.
  5. Memantau dengan saksama

    Berinvestasi berarti berani memantau pergerakan investasi Anda. Melakukan pemantauan harga sambil mengecek peluang yang mungkin terjadi, sangat baik dilakukan saat Anda berinvestasi emas. Dengan pemantauan secara teratur dan saksama, maka investasi Anda bisa berbuah keuntungan.

Demikian beberapa cara investasi emas yang aman dan menguntungkan. Selamat mencoba, ya.

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Cara Investasi Emas dengan Aman dan Menguntungkan"