Cara Memulai Ide Bisnis Makanan dalam Mobil - Pegadaian Syariah
logo

Cara Memulai Ide Bisnis Makanan dalam Mobil

1 tahun yang lalu    
Cara Memulai Ide Bisnis Makanan dalam Mobil

Sebelum era food truck atau food car muncul, menjual makanan hanya bisa dilakukan di sebuah kedai atau restoran. Bagi mereka yang tidak punya modal banyak, sewa tempat bisa menghabiskan semua laba yang didapatkan. Dampaknya, bisnis yang dijalankan perlahan-lahan bisa kandas di tengah jalan. Berangkat dari sini, mereka yang memiliki kendaraan seperti mobil mulai menggunakannya untuk berbisnis.

Bagi yang belum punya mobil pun, jangan khawatir karena ada banyak layanan pembiayaan yang bisa memudahkan Anda untuk membeli mobil, misalnya adalah layanan Amanah dari Pegadaian Syariah. Dengan uang muka terjangkau dan angsuran tetap, pembiayaan  Amanah dari Pegadaian Syariah dapat membantu Anda memiliki mobil yang bisa Anda pakai untuk kegiatan produktif alias berbisnis.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis makanan dalam mobil atau food truck . Simak beberapa cara memulainya di bawah ini dengan baik dan saksama.

  1. Memikirkan Konsep dengan Matang

Konsep yang matang adalah inti dari segala bisnis. Anda harus memikirkan ide makanan yang realistis dan bisa disajikan dengan mobil. Kalau Anda menyajikan pizza mungkin bisa kesulitan dalam membuatnya. Atau mungkin hidangan yang membutuhkan membutuhkan banyak persiapan. Pikirkan sebuah makanan yang mudah dibuat, cepat, rasanya nikmat, dan bisa menarik banyak orang untuk datang.

  1. Mencari Modal dari Lembaga Keuangan

Setelah memiliki ide yang matang dan realistis, Anda disarankan mencari modal ke lembaga keuangan yang tepat, disarankan yang syariah. Modal ini akan Anda gunakan untuk membuat contoh produk hingga siap jual dan juga menyewa atau membeli mobil. Oh ya, mobil yang digunakan tidak perlu mahal. Yang penting memiliki ruangan yang lebar untuk menyimpan bahan makanan dan tempat untuk memasaknya.

  1. Melakukan Promosi yang Tepat

Setelah mendapatkan modal dan contoh makanan yang sesuai dengan keinginan, Anda bisa mulai melakukan promosi. Beberapa pebisnis di bidang ini kerap melakukan promosi dengan memberikan gratis makanan atau minuman bagi mereka yang hafal beberapa surat dan jus dalam Alquran. Anda bisa mencontohnya atau membuat konsep baru yang lebih menarik, tapi tidak meninggalkan sentuhan Islam.

  1. Selalu Memperhatikan Kualitas dan Kebersihan

Pembeli adalah raja, selalu gunakan bahan-bahan terbaik untuk mereka. Jangan gunakan bahan yang rusak atau kualitasnya rendah. Selebihnya, selalu jaga kebersihan tempat. Mungkin pembeli tidak akan melihat secara detail. Namun, Anda pasti telah diajarkan sejak kecil bahwa kebersihan merupakan bagian dari iman, bukan?

  1. Terus Berusaha dan Pantang Menyerah

Tidaklah seseorang mengkonsumsi makanan yang lebih baik dari makanan yang dihasilkan dari jerih payah tangannya sendiri. ...” nukilan hadis dari HR. Bukhari ini  mengajarkan kita untuk berusaha. Apa pun yang terjadi, lebih baik makan dari hasil jerih payah sendiri.

Kalau Anda ingin bisnis makanan dalam mobil yang dijalankan berhasil, jangan lupa untuk terus berusaha dan berdoa. Pasang dan surut itu biasa, terpenting dari semua adalah konsisten dalam menjalankan niat yang telah dicanangkan dari awal. Rezeki akan datang sendiri jikalau kita tidak pernah berhenti untuk mencoba.

Inilah lima cara memulai bisnis makanan dalam mobil. Semoga bisa jadi pertimbangan Anda sebelum memulai bisnis dan mendulang rezeki yang halal.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Cara Memulai Ide Bisnis Makanan dalam Mobil"