Cara Mengelola Harta agar Bermanfaat bagi Orang Lain - Pegadaian Syariah
logo

Cara Mengelola Harta agar Bermanfaat bagi Orang Lain

1 tahun yang lalu    
Cara Mengelola Harta agar Bermanfaat bagi Orang Lain

Banyak orang yang mengincar harta. Berbagai cara dilakukan untuk mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya. Namun, sedikit yang mengetahui cara mengelola harta. Padahal, harta adalah titipan Allah SWT yang harus dijaga.

Sesuai kodratnya, harta merupakan perhiasan dunia yang senantiasa tampak indah di mata manusia. Hal ini sesuai firman Allah SWT dalam surat Ali Imran ayat 14 yang artinya :

“Dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik.” (Q.S Ali Imran : 14).

Karena itu, Anda jangan terlena dengan harta yang berlimpah. Supaya berkah, harta itu harus digunakan untuk kebaikan. Lalu, bagaimana cara mengelola harta agar bermanfaat untuk orang lain? Simak pemaparannya berikut ini.

  • Mengeluarkan Zakat dan Sedekah

Apakah perbedaan zakat dan sedekah? Zakat adalah materi yang diberikan dalam jumlah dan waktu tertentu. Perintah berzakat ditujukan untuk orang-orang yang mampu atau memiliki banyak harta. Sementara itu, sedekah merupakan harta atau kebaikan yang Anda serahkan untuk orang yang membutuhkan.

Baik zakat, maupun sedekah, sangat dianjurkan agar harta bisa berguna di jalan Allah SWT. Orang yang mau bersedekah atau berzakat, hartanya tidak akan berkurang. Justru, Allah SWT akan menambahkan nikmat untuknya.

  • Hindari Sikap Konsumtif

Konsumtif merupakan kebiasaan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Tujuan pembelian hanya untuk kesenangan. Supaya tidak menyesal di kemudian hari, jauhi sikap konsumtif ini. Pasalnya, harta akan cepat habis jika Anda menggunakannya untuk hal-hal yang tidak berguna.

  • Bijaksana dalam Mengeluarkan Harta

Menghambur-hamburkan uang adalah perbuatan setan. Manusia diperintahkan untuk menghindari godaan setan. Allah SWT berfirman dalam Alquran :

“Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.” (Q.S Al-Isra : 27)

Jadi, Anda harus bijaksana dalam memakai uang. Gunakan harta untuk kegiatan positif dan beramal di jalan Allah SWT. Dengan demikian, Anda bisa merasakan nikmatnya memiliki harta yang berkah.

  • Menggunakan Harta untuk Menolong Orang yang Mengalami Kesulitan

Tidak ada kehidupan yang abadi. Begitu pun kekayaan, mungkin ada waktunya kembali pada-Nya. Itulah sebabnya, manusia dianjurkan untuk menolong orang yang kesusahan dengan hartanya. Ketika Anda ikhlas, Allah SWT akan melipatgandakan rezekinya.

Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya :

“Barangsiapa yang menutupi kebutuhan saudaranya maka Allah akan memenuhi kebutuhannya. Barangsiapa yang melapangkan kesusahan seorang muslim maka Allah akan mengangkat darinya dengan sebab amalan tadi kesusahannya kelak pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang menutupi cela saudaranya muslim maka Allah akan menutupi aibnya kelak pada hari kiamat.” (HR. Bukhori)

Itulah cara mengelola harta agar berguna bagi orang lain. Semoga hati Anda tergerak untuk beramal dan berbuat kebaikan di jalan yang benar.

Agar pengelolaan harta Anda lebih berkah, aman, dan menenangkan hati,  jangan lupa untuk menggunakan layanan dari Lembaga Keuangan Syariah seperti Pegadaian Syariah yang telah menggunakan sistem keuangan syariah yang diakui oleh DSN MUI. Pegadaiann Syariah menyediakan layanan mulai dari Tabungan Emas, pembiayaan pembelian mobilpembiayaan usaha mikro, hingga pembiayaan ibadah haji. Dapatkan informasi lebih lanjut terkait produk dari Pegadaian Syariah melalui halaman berikut ini http://pegadaiansyariah.co.id/product

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Cara Mengelola Harta agar Bermanfaat bagi Orang Lain"