Cara Mewujudkan Impian Naik Haji - Pegadaian Syariah
logo

Cara Mewujudkan Impian Naik Haji

1 tahun yang lalu    
Cara Mewujudkan Impian Naik Haji

Bisa menunaikan ibadah haji tentu menjadi dambaan tersendiri bagi seluruh umat Islam. Tidak terkecuali bagi kita yang masih muda. Namun sayangnya, besarnya dana yang dibutuhkan untuk naik haji —yaitu sekitar 35 juta untuk tahun ini, terkadang membuat kita patah arang untuk mewujudkan impian menunaikan Rukun Islam yang kelima tersebut. Padahal, untuk mewujudkan sebuah impian, pasti dibutuhkan persiapan-persiapan yang harus dilakukan.

Nah, untuk mewujudkan impian naik haji, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

 

  • Investasi Haji

 

 

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mewujudkan impian naik haji adalah memiliki tabungan. Kita bisa memilih produk tabungan haji yang disediakan oleh lembaga keuangan syariah. Dengan cara ini kita akan dituntut untuk lebih disiplin dalam menyiapkan dana haji. Jika tabungan kita telah mencapai minimal 25 juta, kita sudah bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan porsi haji sekaligus nomor antrean haji.

Selain dalam bentuk tabungan haji, kita juga bisa mendapatkan kesempatan naik haji melalui investasi emas. Dengan mengumpulkan emas hingga 14 gram atau senilai 7 juta rupiah, seseorang sudah bisa melakukan pendaftaran haji dan mendapatkan porsi haji dengan bantuan dari Arrum Haji Pegadaian Syariah. Secara tidak langsung pengguna layanan ini mendapatkan pinjaman senilai 25 juta rupiah dalam bentuk tabungan haji. Kelebihan dari cara ini, selain mudah, kita juga bisa segera mendapatkan porsi haji serta antrean keberangkatan dengan dana yang lebih terbatas.

Jadi bila Anda merasa tabungan biasa saja cenderung tidak efektif (karena bisa diambil sesuka hati bila ada keperluan mendadak), Anda bisa menabung dengan cara lain untuk bisa naik haji yaitu dengan investasi emas. Nilai emas yang tidak terpengaruh oleh inflasi merupakan keuntungan tersendiri bagi Anda yang memilih cara ini.

 

 

 

  • Memilih jalur haji reguler atau haji khusus

 

 

Seperti yang kita ketahui, jalur keberangkatan haji sendiri dibagi menjadi dua jalur, yaitu jalur reguler dan jalur khusus. Jalur haji reguler memang membutuhkan biaya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jalur haji khusus. Jika memilih jalur ini, Anda harus bersedia bersabar menunggu antrean jemaah haji, dengan masa tunggu berkisar di atas 5-10 tahun setelah Anda mendaftar dan mendapat nomor antrean.

Sebaliknya, jika Anda lebih tertarik naik haji dengan jalur haji khusus, biaya yang harus Anda keluarkan memang lebih mahal, karena fasilitas yang akan Anda dapatkan juga lebih mewah. Sebelum memutuskan memilih biro perjalanan haji khusus Anda, alangkah lebih baik jika Anda terlebih dulu mencari tahu informasi serta testimoni dari para jemaah yang pernah diberangkatkan oleh biro perjalanan haji tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi maraknya penipuan yang bermodus promo menarik tentang perjalanan haji.

 

 

  • Mempelajari Manasik Haji

 

 

Sebagaimana ibadah lainnya, syarat diterimanya ibadah adalah benar secara niat dan tata cara pelaksanaan, pun demikian halnya dengan ibadah haji. Jadi, ketika Anda telah memiliki niat untuk naik haji, Anda juga harus mempersiapkan diri untuk belajar tata cara menjalankan ibadah haji, atau yang biasa disebut dengan manasik haji.

Anda bisa belajar manasik haji melalui buku-buku yang membahas tentang segala macam persoalan manasik haji lengkap dengan deskripsi tempat atau bangunan yang dituju. Kini telah banyak beredar video manasik haji yang semakin memudahkan Anda untuk membayangkan kondisi sebenarnya di lapangan.

Biasanya, setelah Anda mendaftar diri untuk naik haji, Anda juga akan mendapatkan bimbingan langsung terkait manasik haji. Baik itu oleh pihak Kementerian Agama maupun oleh KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji).  

Demikian beberapa cara yang harus Anda persiapkan untuk mewujudkan impian naik haji Anda. Anda bisa segera mengawali langkah, mulai dari investasi emas hingga sekedar mempelajari manasik haji secara lebih mendalam. Yuk, segera dipersiapkan, agar impian menginjakkan kaki di tanah suci bisa segera terwujud.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Cara Mewujudkan Impian Naik Haji"