Cara Mudah Cari Modal Bagi Bisnis UKM - Pegadaian Syariah
logo

Cara Mudah Cari Modal Bagi Bisnis UKM

9 bulan yang lalu    
Cara Mudah Cari Modal Bagi Bisnis UKM

Masalah yang sering dihadapi oleh calon wirausaha adalah modal usaha. Sebenarnya, masih banyak lagi persoalan yang biasa ditemui oleh para pebisnis UKM, seperti pangsa pasar, pemasaran, dan produksi. Namun, modal usahalah yang selalu menjadi masalah utama. Tidak tersedianya modal yang cukup, dapat membuat usaha yang dibangun menjadi gagal dan merugi sia-sia.

Padahal, cari modal bagi bisnis UKM tidak terlalu sulit asalkan Anda menggunakan cara yang tepat dan sesuai. Modal usaha bisa didapatkan dengan metode pinjaman atau kredit dari berbagai lembaga keuangan pemerintah maupun swasta. Bagaimana cara mudah dan halal untuk mendapatkan modal usaha?

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

Membuat Proposal yang Menarik
Untuk mendapatkan pinjaman modal usaha, pebisnis UKM harus membuat proposal terlebih dahulu. Proposal yang dibuat harus memiliki konsep dan tampilan yang menarik agar pihak lembaga pemberi pinjaman dapat terkesan ketika mempelajarinya. Bukan hanya tampilannya saja yang memikat, isi dari proposal juga harus jelas apa maksud dan tujuan yang ingin disampaikan.

Pengajuan proposal bisnis biasanya disertai dengan beberapa dokumen pendukung, seperti data pribadi, NPWP, dan SIUPP. Setelah proposal dipelajari dengan baik oleh pihak lembaga keuangan dan disetujui, barulah modal usaha bisa diberikan kepada para calon pebisnis UKM.

Memilih Lembaga Keuangan Syariah
Sebagai umat Islam, kita harus selalu mengacu kepada ketentuan dan hukum Islam yang berlaku dalam melakukan muamalah, termasuk kegiatan berbisnis. Sesuai dengan firman Allah Swt dalam surah Al-Baqarah ayat 275 yang berbunyi: “Orang-orang yang makan (mengambil) riba, tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu disebabkan mereka berkata (berpendapat) bahwa sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.”

Saat ini, sudah banyak lembaga keuangan syariah yang juga menawarkan pinjaman modal usaha. Lewat gaet modal bagi bisnis UKM di lembaga keuangan ini, insyaallah kredit yang diberikan terlepas dari perilaku riba. Pinjaman syariat ini juga memiliki berbagai fitur unggulan, di antaranya adalah 2 fitur di bawah ini yang sering ditemukan:

1. Bebas Bunga
Pada lembaga keuangan syariah, digunakan sistem kemitraan berupa bagi hasil keuntungan. Berbeda dengan lembaga keuangan konvensional pada umumnya yang menerapkan sistem bunga. Penggantian sistem bunga oleh lembaga keuangan syariah ini terdiri dari beberapa model akad, seperti akad bagi hasil yang terdiri dari mudharabah dan musyarakah. Ada juga akad yang berhubungan dengan jual beli yang terdiri dari murabahah, salam, dan istishna, serta model akad lainnya.

2. Pinjaman Multiguna
Pinjaman multiguna ini berarti nasabah dapat mengajukan kredit pinjaman untuk membiayai berbagai keperluan yang sesuai dengan ketentuan agama. Pinjaman yang diajukan, contohnya untuk membiayai umroh, haji, KPR, kredit kendaraan bermotor, dan tambahan modal usaha.

Pegadaian Syariah juga menawarkan pembiayaan ARRUM (Ar Rahn untuk Usaha Mikro) yang memudahkan para pengusaha UKM untuk mendapat modal usaha dengan jaminan kendaraan yang sesuai syariat.  Kendaraan tetap pada pemiliknya sehingga dapat digunakan untuk mendukung usaha sehari-hari.

Maksimalkan semua fungsi bisnis sesuai syariah Islam, sehingga bagi para pebisnis pemula disarankan untuk tidak menyerah dalam rangka cari modal bagi bisnis UKM. Percayalah, semakin sulit proses yang dihadapi, akan membuahkan hasil yang sangat manis.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Cara Mudah Cari Modal Bagi Bisnis UKM"