Fakta dan Info Haji Terbaru - Pegadaian Syariah
logo

Fakta dan Info Haji Terbaru

1 tahun yang lalu    
Fakta dan Info Haji Terbaru

Penyelenggaraan ibadah haji tidak bisa dipisahkan begitu saja dari beragam pernak pernik dan update terbaru. Oleh karena itu, calon jemaah harus mengetahui info haji yang benar dan tepat agar dapat mengantisipasi apa yang akan dihadapinya kelak.

Untuk mengetahui seperti apa fakta dan info haji yang terjadi akhir-akhir ini. Simak uraian lengkapnya di bawah ini.

  1. Kuota Haji Kembali Normal

Sejak tahun 2013 silam, kuota jemaah haji dari Indonesia dipangkas sekitar 50.000 jemaah. Pemangkasan ini dilakukan karena ada perbaikan pada bangunan Masjidil Haram. Pemangkasan sekitar 25 persen dari kuota haji tentu meresahkan banyak orang. Di beberapa provinsi, antreannya menjadi semakin panjang. Bahkan, sejumlah jemaah terpaksa harus menunda keberangkatannya lantaran pemangkasan kuota.

Pada musim haji tahun 2017 nanti, kuota yang dipangkas ini dikembalikan lagi oleh pihak Kerajaan Arab Saudi. Dengan kuota yang kembali normal berkisar 211.000 jemaah, antrean haji akan kembali seperti semula. Tidak akan ada lagi penundaan-penundaan yang membuat jemaah jadi resah dan kecewa.

 

  1. Upaya Penambahan Kuota Jemaah Haji

Pemerintah Indonesia melalui Departemen Agama terus berusaha melakukan lobi kepada Kerajaan Arab Saudi untuk melakukan penambahan kuota haji. Setelah pemotongan kuota haji sejak tahun 2013, antrean jemaah haji di Indonesia semakin mengular. Hal ini diperparah dengan banyaknya pendaftar yang setiap tahun bisa mencapai 40.000 jemaah.

Meski kuota haji Indonesia kembali normal di angka 211.000 jemaah pada tahun 2017, pemerintah terus akan melakukan lagi upaya penambahan kuota. Saat ini Kementerian Agama sedang melakukan pengamatan pada negara yang tidak maksimal mengirimkan jemaahnya setiap tahun. Dari celah ini, pemerintah bisa mengajukan penambahan kuota sehingga tidak ada porsi yang kosong setiap tahunnya.

  1. 3 . Lama Antrean Haji

Lama antrean haji di Indonesia bervariasi di setiap kabupaten. Antrean terlama terjadi di Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan di mana seorang jemaah harus menunggu hingga 32 tahun sebelum terbang ke Tanah Suci yang mereka rindukan. Antrean paling rendah di Indonesia terjadi di Kabupaten Seluma Bengkulu di mana seorang jemaah hanya perlu menunggu maksimal 5 tahun sebelum dipanggil untuk terbang serta Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat dengan waktu tunggu 5,83 tahun.

Inilah fakta dan info haji terbaru dari Indonesia. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  1 tahun yang lalu
  1 tahun yang lalu
  1 tahun yang lalu
  1 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Fakta dan Info Haji Terbaru"