Faktor Yang Memengaruhi Harga emas Terkini - Pegadaian Syariah
logo

Faktor Yang Memengaruhi Harga emas Terkini

1 tahun yang lalu    
Faktor Yang Memengaruhi Harga emas Terkini

Memiliki investasi emas merupakan salah satu cara mendapatkan keuntungan tanpa perlu repot. Harga emas seperti halnya harga kebutuhan pokok lainnya yang mungkin mengalami kenaikan dan penurunan. Hal tersebut perlu diantisipasi agar Anda tidak mendapat kerugian saat berinvestasi.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi terjadinya kenaikan dan penurunan harga emas yang perlu Anda cermati:

 

  • Adanya nilai tukar US Dolar

 

Tidak hanya harga alat elektronik yang dipengaruhi oleh nilai tukar US Dolar. Emas juga memiliki hubungan yang kuat dengan dolar. Nilai tukar USD yang kuat menyebabkan harga emas turun, sedangkan saat USD melemah harga emas mengalami kenaikan. Anda perlu memantau nilai kurs mata uang untuk selalu berjaga-jaga.

 

  • Jumlah produksi emas di dunia semakin sulit didapat

 

Produsen utama emas di dunia berasal dari Afrika Selatan, Cina, Australia, Amerika Serikat, Rusia, dan Peru. Faktor penyebab naik turunnya emas dipengaruhi juga oleh sulitnya penambangan emas. Untuk mendapat cadangan emas yang berkualitas, para penambang harus menggali bumi lebih dalam lagi, sedangkan risiko pekerjaan juga semakin tinggi.

 

  • Kenaikan permintaan dari industri perhiasan di dunia

 

Industri perhiasan emas di dunia mengambil porsi sebanyak 54% dari total permintaan emas dunia yang mencapai 3.812 ton. Sebagian besar permintaan tersebut datang dari industri perhiasan India, Cina, dan Amerika Serikat. Fakta ini dipertegas oleh World Gold Council dan The London Bullion Market Association.

 

  • Cadangan emas bank sentral dunia

 

Tidak hanya uang yang menjadi cadangan bank-bank sentral dunia, emas dalam jumlah besar juga menjadi cadangan. Catatan World Gold Council menjelaskan bahwa banyak bank-bank sentral dunia lebih banyak membeli emas daripada menjualnya. Sehingga yang terjadi bila harga emas semakin naik, emas akan semakin langka.

 

  • Laju inflasi yang tidak terkendali

 

Inflasi atau kenaikan harga secara terus menerus membuat harga emas menjadi mahal. Saat terjadi inflasi atau prediksi pemerintah meleset, emas biasanya akan banyak diburu. Indikator ini menunjukkan bahwa ekonomi sedang tidak menentu sehingga membuat harga emas naik karena permintaan yang ikut naik.

 

  • Isu politik, perselisihan antarnegara dan perang

 

Isu mengenai keluarnya Inggris Raya dari Uni Eropa membuat para investor diserang kepanikan dan mulai memborong emas dalam jumlah besar. Hal ini membuat permintaan emas meningkat sehingga harga ikut meningkat.

Investasi emas memang akan memberikan keuntungan namun juga bisa menimbulkan kerugian. Untuk itu, sebelum benar-benar terjun melakukan investasi emas, Anda perlu mengetahui seluk beluk investasi emas dengan baik. Tidak mau bukan, niat untuk berinvestasi dan mendapat untung malah sebaliknya? Anda harus tahu kapan harga emas ketika sedang naik ataupun sedang turun agar usaha investasi emas yang dilakukan tidak sia-sia. Yuk, datangi tempat-tempat investasi emas resmi agar Anda tidak mengalami penipuan.  

Salah satu tempat berinvestasi emas yang terpercaya adalah Pegadaian Syariah. Pegadaian Syariah tidak hanya menyediakan layanan yang aman dan dapat diandalkan, tapi juga nyaman dan menentramkan hati karena sesuai dengan syariat Islam. Selamat berinvestasi!

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Faktor Yang Memengaruhi Harga emas Terkini"