Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Mengembangkan Bisnis Syariah - Pegadaian Syariah
logo

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Mengembangkan Bisnis Syariah

1 tahun yang lalu    
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Mengembangkan Bisnis Syariah

Menjadi kaya karena kesuksesan bisnis yang dijalankan, tentu menjadi impian banyak orang. Namun terkadang, supaya omzet bisnis segera meroket,  tidak sedikit orang yang lebih memilih cara yang tercela, seperti membohongi pelanggan dan menjelek-jelekkan produk lain. Tidak jarang, bisnis yang dijalankan seperti itu berakhir dengan kegagalan.

Agar bisnis Anda berjalan sesuai harapan, Anda bisa mencontoh cara berbisnis Rasulullah, melalui pelaksanaan bisnis syariah. Bagi umat Islam, Rasulullah adalah sosok teladan pengusaha sukses. Prinsip-prinsip bisnis yang digunakan Rasulullah berpegang teguh pada nilai keilahian. Sehingga menjadi pedoman dalam pelaksanaan bisnis syariah di seluruh dunia.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan mengembangkan bisnis syariah.

 

1. Tujuan Bisnis

Berbeda dari bisnis konvensional yang umumnya bertujuan mencari laba sebanyak-banyaknya, tujuan utama bisnis syariah adalah mendatangkan berkah bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Jadi, saat memutuskan untuk memulai bisnis syariah, pastikan produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa membawa kebaikan bagi banyak orang.

 

2. Kejujuran

Setiap produk atau jasa yang diperjual-belikan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam menjalankan bisnis syariah, Anda harus jujur kepada pelanggan mengenai produk yang Anda jual. Kepercayaan pelanggan menjadi modal utama agar bisnis  bisa terus berkembang,

 

3.Produk Halal dan Berkualitas

Selain menyediakan produk halal, pastikan produk yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang bagus. Untuk itu, Anda harus selalu memastikan jangan sampai produk atau pelayanan di bisnis syariah Anda mengalami penurunan kualitas.

Beberapa ciri produk yang halal, yakni tidak mengandung babi, minuman beralkohol, darah, dan bangkai, serta tidak menggunakan nama-nama yang mengarah ke hal-hal yang diharamkan. Namun untuk memastikan hal tersebut, Anda bisa mendaftarkan produk Anda ke LPPOM (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika) MUI terdekat.

 

4. Strategi Pemasaran

Promosi dagang bertujuan untuk mengenalkan produk kepada khalayak. Umumnya, kegiatan promosi dilakukan dengan menyampaikan berbagai keunggulan produk dibandingkan dengan produk yang lain. Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang menjelekkan produk dari pebisnis lain, bahkan melakukan fitnah.

Di dalam bisnis syariah, hal tersebut tentu tidak dibenarkan. Anda boleh menyampaikan keunggulan produk bisnis Anda, tetapi jangan sampai berniat mematikan bisnis orang lain. Pada akhirnya, pelangganlah yang akan menilai, mana produk yang memang layak atau tidak untuk mereka beli.

 

5.Sistem Bagi Hasil

Di dalam bisnis konvensional, terkadang kita mendapati jumlah pendapatan yang berbeda jauh antara pemilik modal dan karyawan. Ujung-ujungnya, karyawan yang selama ini sudah bekerja sangat keras hanya memperoleh gaji yang sangat sedikit, sementara pemilik modal bisa memperoleh pendapatan dengan jumlah yang terlampau besar.

Di dalam bisnis syariah, pengelolaan keuangan berlangsung secara terbuka. Sementara itu, pembagian gaji berdasarkan pada sistem bagi hasil. Dengan demikian, tidak ada ketimpangan yang sangat mencolok antara pekerja dan pemilik modal.

 

6. Utamakan Ibadah

Untuk mencapai target penjualan tertentu, para pebisnis sering bekerja sampai lupa waktu. Terkadang, para pekerjalah yang terkena imbasnya. Di dalam menjalankan bisnis syariah, ibadah harus tetap menjadi hal utama. Pastikan Anda dan seluruh karyawan bisa selalu salat tepat waktu dan jangan lupa untuk membayar zakat.

Dengan tekat yang kuat serta niat yang mulia, semoga bisnis syariah Anda bisa semakin membawa berkah.

Ingin tambahan dana untuk mengembangkan bisnis Anda? Pegadaian Syariah menyediakan dana bagi pengembangan bisnis Anda hanya dengan jaminan bpkb kendaraan. Dapatkan informasi lebih lanjut disini.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Mengembangkan Bisnis Syariah"