Inilah Alasan Anda Harus Mempersiapkan Pensiun Sedini Mungkin - Pegadaian Syariah
logo

Inilah Alasan Anda Harus Mempersiapkan Pensiun Sedini Mungkin

1 tahun yang lalu    
Inilah Alasan Anda Harus Mempersiapkan Pensiun Sedini Mungkin

Masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya memiliki perencanaan pensiun di usia produktif. Alasan utama seseorang belum mau memikirkan dana pensiun adalah kenyataan bahwa masa pensiun masih terlalu jauh dari masa sekarang. Pada akhirnya banyak dari mereka yang masih berada di usia produktif justru lebih tertarik unttuk mengalokasikan uang yang mereka miliki ke hal lainnya, seperti berlibur, menyicil rumah, membeli apartemen, maupun membeli mobil.

Padahal merencanakan dana pensiun di usia produktif sangatlah penting. Bahkan, perencanaan dana pensiun perlu segera dilakukan saat Anda baru mulai bekerja. Inilah lima alasan utama Anda harus mempersiapkan pensiun sedini mungkin di usia produktif.

  1. Usia semakin bertambah dikala waktu terus berjalan

Anda tidak bisa 100% mengandalkan orang lain untuk menopang kehidupan Anda di masa tua. Hal ini harus sepenuhnya Anda sadari. Jika Anda terus menunda perencanaan keuangan, waktu terus berjalan. Nah, saat usia Anda semakin tua, kesempatan yang Anda miliki untuk merencanakan dana pensiun akan semakin singkat dan berat.

  1. Kenyataannya, tingkat inflasi semakin tinggi setiap tahunnya

Meningkatnya inflasi merupakan sebuah fakta yang tidak dapat kita hindari. Semakin dini Anda merencanakan dana pensiun, Anda akan semakin mudah bersahabat dengan tingkat inflasi yang terus menanjak.

  1. Bergantung pada anak tidak selalu menjadi solusi akhir

Anda tentu pernah mendengar nasihat lawas yang mengatakan banyak anak banyak rezeki. Jika Anda memiliki banyak anak, beban Anda untuk menanggung masa tua barangkali lebih ringan. Namun, kebanyakan orang tua masa kini hanya memiliki dua orang anak. Anda tentu tidak ingin anak Anda menanggung biaya yang diperlukan ketika Anda tua dan memasuki masa pensiun. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjadi calon orang tua yang mandiri dalam hal keuangan di masa tua karena sudah memiliki bekal dana pensiun yang cukup.

  1. Persaingan global semakin ketat

Banyak orang lupa akan pentingnya perencanaan pensiun sejak muda. Alhasil, ketika usia semakin senja, mereka memutuskan untuk terus bekerja untuk mengejar kebutuhan dana pensiun. Tidak dapat dipungkiri, saat usia menua dan kesempatan kerja semakin terbatas, banyak sekali talenta muda berkualitas tinggi di luar sana. Jika kita tidak mampu bersaing, kemungkinan terburuk adalah posisi kita di perusahaan dapat digantikan oleh orang lain. Ujung-ujungnya, kita menderita karena tidak memiliki kesempatan lagi untuk mengumpulkan dana pensiun.

  1. Semakin awal Anda memulai semakin banyak yang Anda dapatkan

Kehidupan yang serba konsumtif seringkali membuat Anda terlena dan lupa untuk melakukan perencanaan keuangan, termasuk perencanaan pensiun. Alhasil, rencana hanya menjadi wacana yang tidak pernah terwujud. Padahal, semakin cepat Anda merencanakan dana pensiun, semakin banyak yang bisa Anda kumpulkan di masa pensiun nanti. Bila Anda baru memulai di usia 40, bayangkan seberapa banyak yang harus Anda kumpulkan dalam waktu singkat. Memulai dari awal berarti Anda bisa mengumpulkan tabungan dengan lebih ringan tanpa menyiksa anggaran bulanan Anda.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun. Salah satunya adalah dengan menabung emas. Emas memiliki nilai yang selalu bertambah dalam jangka waktu yang panjang. Harga emas saat Anda pensiun nanti akan memberikan Anda banyak keuntungan. Untuk itu akan sangat baik bila Anda mulai menabung dan mengupulkan emas mulai dari sekarang. Kelak emas yang Anda miliki bisa Anda gunakan untuk menopang kehidupan Anda di hari tua.

Dapatkan informasi lengkap tentang Tabungan Emas Pegadaian Syariah di laman berikut ini. http://pegadaiansyariah.co.id/tabungan-emas-2418

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Inilah Alasan Anda Harus Mempersiapkan Pensiun Sedini Mungkin"