Inilah Empat Tips Menabung Bagi Ibu Rumah Tangga Sesuai Syariah - Pegadaian Syariah
logo

Inilah Empat Tips Menabung Bagi Ibu Rumah Tangga Sesuai Syariah

1 tahun yang lalu    
Inilah Empat Tips Menabung Bagi Ibu Rumah Tangga Sesuai Syariah

Bagi seorang istri apalagi mereka yang baru saja menikah, mengatur keuangan merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindarkan. Pemborosan tentu harus dihindari agar kondisi keuangan keluarga selalu aman. Maka dari itu kebiasaan menabung merupakan sebuah wujud perhatian istri terhadap pasangan dan keluarganya. Tabungan tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi masa depan.

Perkara menabung, tidak melulu bergantung pada besaran pendapatan. Asal konsisten, bukan tidak mungkin, jumlah kecil tabungan bisa bertambah semakin besar. Begitu pula sebaliknya. Kendati Anda maupun pasangan memiliki gaji yang besar, apabila tidak didampingi oleh pola hidup hemat, bisa saja jumlah tabungan akan stagnan, dan tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Menabung penting. Bukan hanya membiasakan diri untuk terhindar dari hidup boros, melainkan juga sebagai cara “mempersiapkan” masa depan yang lebih baik. Tidak main-main, pada HR. Muslim & Ahmad, Rasulullah SAW bahkan menekankan pentingnya menabung, “ Allah akan memberikan rahmat kepada seseorang yang berusaha dari yang baik, membelanjakan uang secara sederhana, dan dapat menyisihkan kelebihan untuk menjaga saat dia miskin dan membutuhkannya.”

Secara umum, sebenarnya ada banyak sekali cara dan tempat yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan uang (menabung). Seluruhnya, tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Artikel ini sendiri akan membahas perihal tips menabung yang bisa dilakukan dengan mudah; terlebih jika pendapatan keluarga Anda masih tergolong tidak terlalu besar. Penasaran?

  1. Gaya Hidup Hemat

Ini penting. Pasalnya, apalah arti dari pendapatan besar, apabila diikuti pola hidup boros dan konsumtif? Sedari dini, mulailah mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat. Cara mudahnya, bisa dengan merinci ulang kebutuhan versus keinginan Anda; sehingga Anda tahu, mana hal-hal mendesak/krusial yang benar-benar dibutuhkan; dan mana hal-hal yang bisa ditunda atau justru dihilangkan.

  1. Mulai dari yang Kecil

Tidak perlu menciptakan target terlalu besar. Mulailah dengan jumlah--yang sekiranya masih “rasional”. Sekalipun itu Rp5 ribu hingga Rp20 ribu per hari; cobalah untuk tetap konsisten menyisihkan uang. Adapun meski “tidak terasa”, Anda tetap bisa menikmati hasilnya di bulan-bulan atau justru tahun mendatang.

  1. Menyisihkan Uang Secara Rutin

Setiap kali mendapatkan pemasukan, pastikan langkah pertama yang Anda lakukan adalah menyisihkan jumlah tertentu untuk disimpan di rekening khusus tabungan. Jika perlu, gunakan tabungan berencana. Anda harus konsisten dengann jumlah uang yang Anda sisihkan, jangan sampai jumlah tersebut berkurang di bulan berikutnya.

  1. Komitmen Tinggi

Tanpa adanya komitmen tinggi dan konsistensi, keinginan untuk menabung Anda tentu tidak akan berjalan dengan lancar. Apalagi, jika Anda selalu tergoda untuk berperilaku konsumtif dan hidup boros.

Bagi kebanyakan orang, menabung adalah hal yang sulit. Namun, bukan berarti tidak mungkin, ya. Satu hal yang penting, biar bagaimanapun, penting untuk mengiringi tips menabung Anda dengan pola hidup sehat dan antikonsumtif. Toh, bukanlah Rasulullah SAW sendiri pernah berpesan, “ Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah yang demikian.” (QS. Al-Furqan: 67).

 

Mari menabung emas di Pegadaian Syariah. Lebih mudah, lebih aman. Informasi lebih lanjut: http://pegadaiansyariah.co.id/tabungan-emas-2418

 

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Inilah Empat Tips Menabung Bagi Ibu Rumah Tangga Sesuai Syariah"