Investasi Emas Syariah: Pilih Emas Perhiasan atau Batangan? - Pegadaian Syariah
logo

Investasi Emas Syariah: Pilih Emas Perhiasan atau Batangan?

11 bulan yang lalu      Investasi Emas
Investasi Emas Syariah: Pilih Emas Perhiasan atau Batangan?

Murray Rothbard, seorang eknonom asal Amerika pernah berkata:

Gold was not selected arbitrarily by governments to be the monetary standard. Gold had developed for many centuries on the free market as the best money; as the commodity providing the most stable and desirable monetary medium.

Kalimat tersebut memang merepresentasikan kedudukan emas—bahkan hingga hari ini, berpuluh-puluh tahun setelah Rothbard berpendapat demikian. Sampai sekarang pun, emas masih menjadi komoditas yang cenderung bernilai stabil dan memiliki nilai tukar yang tinggi.

Posisi Investasi Emas Syariah

Berikut kutipan dari QS At-Taubah ayat 42 tentang investasi dan zakatnya:

...Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.

Dari Tafsir Ibnu Katsir: Jilid 4 disebutkan bahwa barang siapa yang mencintai sesuatu dan lebih mengutamakannya daripada taat kepada Allah, niscaya ia akan disiksa dengan sesuatu tersebut. Dan manakala mereka lebih mengutamakan pengumpulan harta daripada keridhaan Allah, maka mereka disiksa dengan harta tersebut. Misal jika seseorang lebih menyukai harta-hartanya, maka harta tersebut akan lebih membahayakan di akhirat. Ia akan dibakar (dipanaskan) di atas harta-harta itu di dalam neraka panas yang tidak terbayang dahsyatnya. Wallahu a'lam.

Tersebut bahwa investasi atau menyimpan emas dan perak diperbolehkan asal mengutamakan di jalan Allah, dimana si pemilik investasi tidak melupakan zakatnya. Islam menganjurkan investasi dan tidak masalah seberapa besar apa Anda menginvestasikan sesuatu, selama zakatnya selalu terpenuhi, termasuk emas.

Mengapa Berinvestasi Emas secara Syariah?

Selain kestabilan harga di pasar internasional, ada banyak alasan lainnya mengapa investasi emas syariah menjadi hal yang semakin digemari seperti berikut ini:

1. Mudah untuk Dicairkan

Jika dalam kondisi terdesak dan membutuhkan uang, emas dapat dicairkan dengan cepat, baik itu dijual maupun digadaikan. Kini semakin banyak bermunculan tempat pencairan dana dengan emas sebagai jaminannya. Salah satunya adalah Rahn (gadai syariah) dari Pegadaian Syariah sebagai solusi tepat bagi Anda yang membutuhkan dana cepat yang sesuai syariah. Dengan barang jaminan yang beragam, salah satunya emas, Anda bisa mendapatkan pinjaman (marhun bih) dengan proses yang cepat.

2. Mudah Dibawa dan Dipindahkan

Dibandingkan membawa uang tunai sebesar seratus juta, akan lebih aman jika Anda membawa 500 gram emas atau bahkan 1 kg emas. Ukurannya yang lebih sederhana membuat emas mejadi lebih mudah disembunyikan dan tidak terlihat orang.

Pilih Investasi Emas Perhiasan atau Batangan?

Pertanyaan yang kerap muncul saat orang akan melakukan investasi emas syariah adalah jenis emas yang sebaiknya dipilih: dalam bentuk perhiasan atau batangan? Jawabannya pun tidak bisa diberikan secara mutlak sebab keduanya sama-sama menguntungkan. Jika pada suatu waktu Anda tengah memiliki rezeki yang lebih, ada baiknya Anda untuk membeli emas kala itu juga.

Akan tetapi, mari kita bahas dua jenis emas ini. Jika memilih investasi emas perhiasan, sah-sah saja. Terutama bagi para wanita, logam ini sekaligus dapat menjadi aksesori. Yang perlu diperhatikan adalah emas dalam bentuk pehiasan biasanya memiliki faktor lain yang mempengaruhi harga selain kadar kemurniannya, yakni bentuk, kondisi, dan tentu saja, kemampuan Anda dalam menawar dengan si penjual.

Sementara itu, emas batangan sebenarnya lebih mudah. Anda hanya perlu membeli emas dari tempat resmi yang memiliki kredibilitas. Investasi emas syariah Anda dapat dipilih berdasarkan berat emas yang diinginkan (dalam satuan gram). Melalui layanan-layanan seperti Konsinyasi Emas, Tabungan Emas, dan Mulia yang ada di Pegadaian Syariah, Anda bisa melakukan pembelian, simpan, jual, sampai konsinyasi emas yang sesuai dengan syariah Islam.

Jelas kan, bahwa sesungguhnya dalam Islam pun berinvestasi emas juga merupakan hal yang dianjurkan? Mau batangan atau perhiasan, keduanya sama-sama menguntungkan, tergantung keinginan dan kebutuhan. Yang terpenting, zakatnya harus dipenuhi pada waktu yang ditentukan. Jadi, yang mana pilihan Anda?

 

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com




Komentar Artikel "Investasi Emas Syariah: Pilih Emas Perhiasan atau Batangan?"