Kelebihan Lembaga Keuangan Syariah Dibanding Konvensional - Pegadaian Syariah
logo

Kelebihan Lembaga Keuangan Syariah Dibanding Konvensional

1 tahun yang lalu    
Kelebihan Lembaga Keuangan Syariah Dibanding Konvensional

Pertumbuhan industri keuangan syariah di Indonesia semakin pesat. Kecepatan rata-ratanya mencapai 30-40 persen dalam 10 tahun terakhir. Namun, pertumbuhan itu ternyata tidak diimbangi dengan pangsa pasar yang hanya mencapai 5 persen. Padahal, lembaga keuangan syariah memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh lembaga keuangan konvensional. Begini penjelasan kelebihan lembaga keuangan syariah:

 

  • Halal

 

Lembaga keuangan syariah menganut prinsip-prinsip yang berlandaskan nilai-nilai Islam sehingga pengelolaannya pun bebas dari riba, garar, dan maisir. Bandingkan dengan lembaga keuangan konvensional yang masih terikat pada bunga alias riba.

Allah melarang riba dan menghalalkan jual beli. Menggunakan produk atau jasa yang halal akan mendekatkan Anda pada rahmat-Nya.

 

 

  • Kesempatan Beramal

 

Lembaga keuangan syariah menyisihkan 2,5 persen dari keuntungannya per tahun untuk zakat. Ketika Anda menggunakan layanan bank/pegadaian/asuransi/koperasi syariah, secara tidak langsung Anda turut mendanai zakat. Kesempatan beramal semakin tinggi apabila lembaga juga menawarkan infak secara khusus.

 

 

  • Keadilan Finansial yang Merata

 

Lembaga keuangan konvensional berorientasi pada profit melalui pembayaran bunga dan membuat nasabahnya bertanggung jawab atas risiko apa pun. Sebaliknya, lembaga keuangan syariah menerapkan sistem pembagian laba dan rugi secara adil. Risiko pun ditanggung secara bersama dan proporsional antara pihak yang meminjamkan dan yang menerima pinjaman. Contohnya, jika seorang pemodal ingin mengklaim profit dari suatu proyek, dia juga harus merelakan bagian kerugiannya.

 

 

  • Tahan Terhadap Krisis Ekonomi

 

Industri keuangan syariah  mampu melewati krisis ekonomi global yang terjadi pada tahun 2008-2011. Bahkan, pertumbuhan aset tercatat tetap mencapai 17,1 persen. Padahal, banyak industri keuangan yang bertumbangan pada masa resesi, termasuk Lehman Brothers yang sepak terjangnya lebih dari 100 tahun.

Beberapa studi menunjukkan daya tahan industri keuangan syariah yang lebih kuat daripada industri keuangan konvensional. Sementara itu, menurut Bambang Brodjonegoro yang pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan RI, perbankan syariah memiliki tendensi bermain ‘aman’ dan lebih konservatif. Transaksi keuangannya selalu berpegang pada aset dasar. Sebaliknya, industri keuangan konvensional cenderung spekulatif.

 

 

  • Menguatkan Perekonomian Bangsa

 

Lembaga keuangan syariah melarang segala aktivitas yang merugikan nasabah dan masyarakat secara umum. Aktivitas itu meliputi riba, spekulasi, dan perjudian (maisir). Riba bukan hanya dilarang dalam agama Islam, tapi juga melemahkan perekonomian bangsa.

Sistem ekonomi ribawi mengakibatkan ketidakstabilan mata uang dari suatu negara, serta menimbulkan kesenjangan ekonomi antara si kaya dan si miskin Hal itu membuat negara miskin terlilit utang berkepanjangan.

Selain itu, suku bunga memengaruhi daya tarik investasi, produksi, dan pengangguran. Jika suku bunga semakin tinggi, investasi pun menurun diikuti menurunnya tingkat produksi sampai akhirnya meningkatkan pengangguran.

Keberadaan lembaga-lembaga keuangan syariah sangat potensial dalam menguatkan perekonomian bangsa. Terlihat dari bagaimana daya tahannya menghadapi krisis ekonomi. Pada lini terkecil, lembaga keuangan syariah membantu pengembangan UKM tanpa meminta jaminan.

 

Demikianlah kelebihan lembaga keuangan syariah dibanding konvensional. Yuk, kita dukung lembaga tersebut dengan menggunakan layanannya! Bukan hanya muslim yang bisa menggunakannya, tapi juga nonmuslim, karena Islam adalah rahmatan lil ‘alamin.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Kelebihan Lembaga Keuangan Syariah Dibanding Konvensional"