Keuntungan Lebih Memilih Keuangan Syariah - Pegadaian Syariah
logo

Keuntungan Lebih Memilih Keuangan Syariah

1 tahun yang lalu    
Keuntungan Lebih Memilih Keuangan Syariah

Pertumbuhan ekonomi semakin terasa geliatnya. Hal ini berdampak pada menjamurnya lembaga-lembaga keuangan. Salah satunya adalah lembaga keuangan syariah.

Lembaga keuangan syariah juga mencakup bank, di mana ada bank yang melandaskan sistemnya dengan konsep syariah Islam. Namun, ada juga bagian dari lembaga keuangan syariah yang bukan berbentuk bank, seperti pegadaian, reksa dana, pasar modal, dan sebagainya.

Pada dasarnya, konsep keuangan syariah yang diusung oleh lembaga-lembaga ini memiliki beberapa prinsip dasar yakni kemitraan, keadilan, transparansi serta menyeluruh, dengan perincian sebagai berikut:
1.  Prinsip Kemitraan
Prinsip ini mengatur bahwa para nasabah pengguna serta lembaga itu sendiri akan sejajar posisinya dengan mitra usaha. Hal ini dibuat agar keuntungan akan terasa maksimal dan lebih bersinergi.
2. Prinsip Keadilan
Merupakan sebuah prinsip yang mengacu pada tindakan adil bagi setiap pihak, sesuai dengan kontribusi dan risiko yang mereka emban.
3. Prinsip Transparansi
Prinsip ini sebagai pengingat kepada nasabah pengguna bahwa lembaga keuangan syariah selalu memberikan penjelasan terinci diawal secara terbuka sehingga nasabah dan investor lebih mengetahui hak dan kewajibannya secara jelas.
4. Prinsip Menyeluruh
Prinsip ini mencakup pada sifat lembaga yang bisa digunakan oleh siapa saja tanpa membedakan ras, agama, suku, dan golongan. Prinsip-prinsip dasar tersebut secara tidak langsung juga membuat masyarakat bisa mulai merasakan keuntungan yang ditawarkan dengan transaksi keuangan berkonsep syariah. Transaksi yang aman dan transparan adalah kunci dari sistem keuangan ini.  

Namun, ada pula dari mereka yang enggan berpindah hati ke sistem keuangan syariah. Padahal, dengan menggunakan sistem keuangan syariah, maka berbagai keuntungan tanpa riba bisa dengan mudah diterima. Beberapa keuntungan keuangan syariah adalah sebagai berikut:

  1. Diperuntukkan bagi siapapun
    Sistem syariah yang kerap digunakan pada lembaga bank dan nonbank syariah tidak terbatas pada orang-orang beragama Islam saja. Sistem keuangan syariah pun bisa digunakan oleh orang beragama non Islam.
  2. Sesuai peruntukan
    Sistem keuangan syariah mengusung skema riil yang sesuai dengan tujuan penggunaan. Misalnya adalah Jual Beli, Bagi Hasil, Sewa Menyewa, Jasa dan Layanan.

    Setiap orang yang menggunakan sistem keuangan syariah bisa merasakan bagaimana menjalankan transaksi yang sesuai dengan hak dan kewajibannya. Hal ini sungguh nyata berbeda dengan sistem konvensional yang jelas membagi nasabah menjadi dua jenis, yakni debitur dan kreditur.

    Sistem profit dan nonprofit juga diatur secara jelas pada keuangan berbasis syariah. Saat berbicara profit, maka sistem syariah menariknya langsung pada sektor bisnis. Sementara nonprofit, sistem keuangan syariah akan lebih mengedepankan layanan berbasis asas tolong menolong. Beberapa di antaranya adalah Pinjaman Kebajikan ( qardh al hasan ), ZISWAF ataupun Corporate Social Responsibility (CSR).
  3. Tempat untuk berzakat
    Tahukah Anda jika setidaknya 2,5 persen keuntungan tahunan perbankan syariah digunakan untuk zakat? Ya, ini adalah kelebihan lainnya dari sistem keuangan syariah yang terjadi di Indonesia. Dengan demikian, secara tidak langsung, melalui sistem keuangan syariah , Anda sudah menyalurkan zakat Anda kepada orang-orang yang membutuhkan.
  4. Halal
    Bagi Anda yang tidak setuju akan konsep bunga dan riba yang tak jelas asalnya, maka sistem keuangan syariah sangat tepat bagi Anda. Sistem keuangan ini secara pasti akan menyatakan mana saja transaksi yang dikatakan haram dan halal sesuai dengan prinsip Islam.

Nah, sudah jelas bukan apa saja keuntungan memilih keuangan syariah ? Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda. Dapatkan informasi produk syariah dari Pegadaian Syariah di halaman berikut ini.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Keuntungan Lebih Memilih Keuangan Syariah"