Keuntungan Pinjaman Modal Syariah bagi Usaha Kecil - Pegadaian Syariah
logo

Keuntungan Pinjaman Modal Syariah bagi Usaha Kecil

1 tahun yang lalu    
Keuntungan Pinjaman Modal Syariah bagi Usaha Kecil

Hal terpenting yang harus Anda siapkan ketika akan memulai sebuah usaha adalah modal. Sumber pendapatan untuk modal usaha pun kini tidak hanya berasal dari tabungan pribadi, tapi juga bisa berasal dari dana pinjaman. Kini telah banyak lembaga keuangan (konvensional maupun syariah) yang menyediakan fasilitas khusus untuk para nasabah yang ingin membuka usaha, yang biasa dikenal dengan kredit usaha kecil. Kredit usaha kecil merupakan bantuan pembiayaan atau pinjaman modal dari lembaga keuangan, seperti bank, untuk diberikan pada usaha kecil dalam jangka waktu yang ditentukan.

Akhir-akhir ini mendapatkan pinjaman modal dari lembaga keuangan syariah memang tengah populer di kalangan UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Selain menganut hukum dan prinsip syariah yang sesuai dengan tuntunan agama, ada beberapa keuntungan lainnya, seperti:

 

  • Kredit Tanpa Bunga

 

Lembaga keuangan syariah memang tidak diperbolehkan untuk memperoleh pendapatan atau keuntungan dari produk yang melekat unsur bunga. Jadi, ketika Anda meminjam dana, Anda tidak akan dibebankan dengan biaya bunga melainkan hanya pembayaran uang jasa.

 

  • Penyerahan Modal secara Tunai

 

Ketika Anda memperoleh pinjaman modal dari lembaga keuangan syariah, pinjaman modal yang Anda terima tidak pernah bersifat sebagai utang, karena di sini posisi lembaga keuangan syariah adalah sebagai investor (baik investor aktif maupun pasif) yang berkontribusi melalui setoran modal atau penyediaan dana. Anda akan mendapatkan pinjaman modal berupa uang tunai atau jika tidak berupa uang tunai, bisa berupa barang berharga yang bisa langsung dinyatakan nilainya.

 

  • Sistem bagi Hasil

 

Akad bagi hasil ini merupakan akad pembiayaan suatu proyek atau usaha yang melibatkan pihak lembaga keuangan syariah sebagai penyedia dana, dan nasabah sebagai penyedia keahlian. Sebelum akad (kontak)  ini berjalan, pihak lembaga keuangan syariah dan nasabah harus terlebih dulu menetapkan porsi bagi hasil jika nantinya usaha tersebut memperoleh laba maupun rugi. Tidak ada perhitungan bunga dalam akad ini, sehingga bisa dikatakan bahwa akad  ini sangat meringankan bagi Anda yang baru merintis usaha atau telah memiliki usaha kecil.

 

 

  • Berdasarkan Kesepakatan Bersama

 

Ketika akan melaksanakan akad bagi hasil dengan lembaga keuangan syariah, Anda terlebih dulu harus membuat kesepakatan terkait dengan jumlah bagi hasil dari keuntungan/kerugian usaha Anda nantinya. Kesepakatan dalam akad bagi hasil ini juga sangat mengedepankan asas keadilan dan kebersamaan. Jika seumpama nantinya di tengah perjalanan usaha Anda dihadapkan pada kesulitan keuangan, kesepakatan bagi hasil tersebut bisa didiskusikan kembali. Sistem yang mengedepankan rasa keadilan, kesetaraan, dan kebersamaan ini tentu sangat membantu para pemilik usaha kecil yang sedang berkembang.

 

  • Sistem Penggantian Kerugian

 

Dalam sistem lembaga keuangan syariah juga berlaku sistem Al-Mudharabah. Al-Mudharabah merupakan kesediaan menanggung kerugian oleh pihak lembaga keuangan atau pihak pemberi pinjaman kepada pihak peminjam (nasabah), sepanjang kerugian tersebut tidak disebabkan oleh kesalahan si peminjam (nasabah).

Tertarik untuk mendapatkan pinjaman modal dari lembaga keuangan syariah? Tidak ada salahnya untuk dicoba.  

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Keuntungan Pinjaman Modal Syariah bagi Usaha Kecil"