Kisah Inspiratif Para Enterpreneur Islam - Pegadaian Syariah
logo

Kisah Inspiratif Para Enterpreneur Islam

10 bulan yang lalu    
Kisah Inspiratif Para Enterpreneur Islam

Seperti yang sudah diketahui, Al-Qur’an merupakan panduan dan tuntunan hidup bagi kaum muslimin dan muslimat, sekaligus salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW yang isinya terjaga keasliannya. Al-Qur’an berisi berbagai macam hal, mulai dari doa-doa, masalah ibadah, kisah para nabi, hingga ilmu pengetahuan. Semuanya terangkum di dalamnya, tidak terkecuali masalah berbisnis.

Allah telah mengatur kegiatan berbisnis (muamalat) di dalam Al-Qur’an. Salah satunya seperti dijelaskan dalam surah An-Nisa ayat 29 yang berbunyi, “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perdagangan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; Sungguh, Allah Maha Penyayang kepadamu.”

Sesuai dengan makna ayat di atas, dalam berbisnis, umat Islam haruslah selalu mengutamakan kejujuran. Jika dilakukan dengan kejujuran, insyaallah Allah meridai dan memberkahi sebagaimana telah dibuktikan oleh banyak enterpreneur pengusaha Islam.

Di bawah ini merupakan kisah-kisah enterpreneur pengusaha Islam yang perjuangannya dapat dijadikan contoh. Siapa saja mereka?

Rusman Maamoer, Pendiri Swalayan Islami Tip Top
Rusman Maamoer lahir di Padang pada tahun 1933. Seperti kebanyakan anak-anak Minang lainnya, sedari kecil, Rusman sudah dididik dengan ajaran Islam yang sangat ketat. Pria lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini pada awalnya merupakan seorang direktur BPD, tetapi memutuskan untuk pensiun dari posisi yang telah didudukinya selama 7 tahun tersebut dan mulai berwirausaha.

Tip Top mencapai puncak kesuksesannya di tahun 1985. Namun, terjadi musibah kebakaran pada tahun 1991 yang membuat Rusman harus membangun Tip Top mulai dari awal lagi. Beruntung, usahanya tersebut dapat kembali ke keadaan semula dan terus berkembang hingga saat ini.

Achmad Hamami, Pendiri PT Trakindo Utama
Pada tahun 2013, total penghasilan enterpreneur pengusaha Islam satu ini berada di angka 17 triliun. Latar belakang pengusaha alat berat ini ternyata adalah Angkatan Udara Belanda. Namun, karier militernya sengaja ditinggalkan dan memilih untuk berwirausaha dengan membuka kursus matematika. Tahun 1970, Achmad Hamami baru mendirikan PT Trakindo Utama yang merupakan agen dari Caterpillar, produsen alat berat dari Amerika.

Dengan ikhtiar yang tidak kenal lelah, PT Trakindo Utama yang dibangun oleh Achmad Hamami terus berkembang hingga memiliki beberapa anak perusahaan. Dari jaringan bisnisnya tersebut, kini beliau tercatat memiliki kekayaan sekitar $1,7 Miliar.

Garibaldi Thohir, Pemilik Adaro Indonesia
Kesuksesan Garibaldi Thohir sendiri dimulai pada tahun 1992 saat dia bergabung dengan PT Allied Indocoal, sebuah perusahaan batu bara dari Sumatera Barat. Tahun 1997, Garibaldi Thohir sukses mengakuisisi PT WOM Finance yang merupakan perusahaan kredit motor afiliasi Honda Motor dan berhasil membuat perusahaan tersebut sebagai salah satu perusahaan keuangan terbaik di dunia.

Kariernya di Adaro Energy dimulai pada tahun 2005. Pada waktu itu, dia dan rekannya sesama pengusaha membeli 49% saham perusahaan batu bara tersebut. Saat ini, Garibaldi Thohir telah menguasai 30% pasar batu bara di Indonesia.

Itulah berbagai kisah inspiratif para enterpreneur pengusaha Islam. Semoga perjuangan mereka dapat menjadi semangat bagi kita semua untuk terus giat bekerja dengan jujur, sesuai dengan perintah Allah SWT.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Kisah Inspiratif Para Enterpreneur Islam"