Langkah Mencari Penghasilan Tambahan - Pegadaian Syariah
logo

Langkah Mencari Penghasilan Tambahan

1 tahun yang lalu    
Langkah Mencari Penghasilan Tambahan

Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan hidup terus bertambah. Terlebih saat Anda sudah memiliki keluarga sehingga setiap bulan harus berbelanja atau bayar SPP untuk anak. Gaji yang awalnya cukup untuk hidup sendiri jadi pas-pasan dan kadang kerap kurang sehingga Anda butuh tambahan agar tidak berutang kepada orang lain.

Apabila Anda memiliki permasalahan yang sama seperti ilustrasi di atas. Perhatikan beberapa langkah mencari penghasilan tambahan di bawah ini. Diharapkan setelah membacanya, Anda bisa memiliki ide untuk memaksimalkan keuangan rumah tangga.

  1. Mencari Pekerjaan Tambahan yang Halal

Sebelum memutuskan mencari tambahan penghasilan, pastikan terlebih dahulu pekerjaan lain yang akan dilakukan. Jangan sampai pekerjaan yang digunakan untuk tambahan penghasilan itu tidak halal. Entah dari jenis pekerjaan atau produk dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen.

Daripada memakan uang yang tidak halal, ada baiknya memilih pekerjaan lain. Toh masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan tidak bertentangan dengan syariat Islam.

  1. Membuat Usaha Kecil-kecilan

Sebuah hadis berbunyi: “ Hendaklah kalian berdagang karena berdagang merupakan sembilan dari sepuluh pintu rezeki.” Dari hadis ini, kita bisa membuat kesimpulan bahwa berdagang adalah cara paling tepat untuk mendatangkan tambahan penghasilan dengan syarat apa yang diperjualbelikan halal.

Kalau Anda memiliki cukup banyak ruang di rumah atau halaman, manfaatkan dengan baik. Sore hari saat pulang kerja Anda bisa membuka kedai kopi atau gorengan. Meski hasilnya tidak terlalu besar, lumayanlah untuk menambah kebutuhan harian plus ada kemungkinan bisnis ini berkembang jadi besar.

  1. Memanfaatkan Alat Transportasi

Jika Anda memiliki alat transportasi yang tidak terpakai atau jarang dimanfaatkan, gunakan untuk menambah penghasilan. Anda bisa menyewakan motor atau mungkin mobil dengan tarif tertentu.  Daripada alat transportasi tidak digunakan dan akhirnya rusak, lebih baik dimanfaatkan dengan cara disewakan.

Selain disewakan, Anda juga masih bisa memanfaatkan alat transportasi tersebut dengan membuka jasa antara barang atau ojek. Zaman sekarang sudah banyak sistem ojek online di beberapa kota besar di Indonesia. Daripada pulang kerja menganggur kan lebih baik memanfaatkannya barang 3-4 jam untuk mencari tambahan penghasilan.

  1. Mencoba Blogging

Zaman milenial seperti sekarang, perkembangan dunia blog tidak bisa dibendung lagi. Blog yang awalnya digunakan untuk keperluan pribadi bisa beralih fungsi menjadi alat penghasil uang yang cukup menggiurkan.

Awal dari aktivitas ini mungkin akan membosankan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, satu tulisan saja bisa menghasilkan banyak tambahan penghasilan. Belum lagi kalau kerap diundang untuk menghadiri peluncuran produk ponsel, makanan, hingga mendapatkan tiket liburan dan menginap gratis.

Inilah beberapa langkah mencari penghasilan tambahan yang bisa Anda lakukan. Terpenting dari semua, Anda harus menjalaninya dengan tanpa tekanan dan tidak mencederai syariat Islam.

Butuh modal tambahan untuk mengembangkan usaha sampingan Anda? Manfaatkan layanan pembiayaan Arrum dari Pegadaian Syariah. Informasi lebih lanjut bisa Anda akses di halaman berikut ini. http://pegadaiansyariah.co.id/arrum-2415

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Langkah Mencari Penghasilan Tambahan"