Manfaat Berdagang Ternyata Luar Biasa - Pegadaian Syariah
logo

Manfaat Berdagang Ternyata Luar Biasa

1 tahun yang lalu    
Manfaat Berdagang Ternyata Luar Biasa

Salah satu cara untuk mendatangkan rezeki yang termudah adalah dengan berdagang. Dengan melakukan aktivitas ini, Anda masih bisa bekerja tanpa harus masuk sebuah perusahaan. Bahkan, mereka yang tidak memiliki ijazah sarjana pun masih bisa berdagang dengan baik asal mau berusaha. Berikut beberapa manfaat berdagang yang luar biasa sesuai dengan tuntunan dari Islam.

  1. Mengikuti Sunah dari Nabi Muhammad

Junjungan besar kita, Nabi Muhammad Saw merupakan seorang pedagang yang sukses. Beliau memulai aktivitas ini sejak remaja dengan tanpa banyak berpikir. Kalau junjungan kita saja berdagang, kenapa kita tidak menirunya. Toh, masalah rumit terkait perdagangan bisa dipelajari sambil jalan.

Selain mendapatkan rezeki dari untung yang didapatkan, mengikuti sunah dari rasul adalah hal yang tepat. Kita juga akan mendapatkan pahala yang berlipat dan tambahan pemasukan untuk diri sendiri dan keluarga.

  1. Membuka Pintu Rezeki yang Tertutup

Sembilan dari sepuluh pintu rezeki berasal dari berdagang. Dari sini kita bisa membuat sebuah kesimpulan kalau berdagang bukan perkara mencari uang tapi rezeki. Uang mungkin banyak, tapi tidak semuanya bisa mencukupi kebutuhan. Berbeda dengan rezeki, apa yang diberikan oleh Allah pasti cukup untuk  semua kebutuhan meski jumlahnya tidak banyak.

  1. Membantu Menggerakkan Perekonomian

Tahukah Anda saat krisis moneter tahun 1998 silam, perekonomian Indonesia yang jeblok perlahan naik karena perdagangan? Ya, UKM yang kala itu sedikit terpinggirkan justru mampu bergerak maju. Roda perekonomian negeri ini yang terhenti akhirnya bisa berjalan lagi dengan baik. Berdagang bukan perkara mencari keuntungan saja, tapi juga berbuat lebih untuk negeri ini meski efeknya tidak langsung tampak.

  1. Melatih Kesabaran dalam Hidup

Berdagang bukan perkara membeli barang dari supplier lalu menjualnya lagi ke pembeli. Lebih dari itu, berdagang juga membutuhkan sebuah kesabaran yang tiada batasnya. Saat ada orang menawar barang dengan harga tidak masuk akal atau ada pembeli yang melakukan komplain kerap membuat Anda jadi kesal. Namun, dengan kesabaran semuanya bisa kembali seperti semula. Yang paling penting Anda harus memperlakukan pembeli dengan baik.

  1. Melatih Mental dan Sikap Positif

Ada kalanya dalam berdagang Anda akan mendapatkan banyak pembeli, tapi tidak jarang dalam sehari hanya ada beberapa orang yang datang. Hal ini wajar dan biasa dalam dunia perdagangan. Anda harus siap mental jika mendadak tidak ada pembeli atau mendadak mendapatkan kerugian dalam penjual. Segala risiko selalu ada dan bisa diatasi dengan selalu berpikir positif.

Allah tidak akan memberikan ujian di luar kemampuan hambanya. Jadi, selama Anda mau berusaha untuk terus maju, segala masalah akan teratasi dengan baik. Terakhir, jangan sampai melupakan doa ya. Usaha keras tidak akan berguna tanpa diiringi oleh doa.

Inilah beberapa manfaat berdagang yang luar biasa. Semoga bisa menginspirasi Anda untuk terus bergerak maju dalam dunia jual dan beli yang sesuai syariat Islam. Agar Anda dapat mengembangkan bisnis dengan lebih baik lagi, manfaatkan layanan Arrum dari Pegadaian Syariah. Dapatkan beragam kemudahan dalam pembiayaan usaha mikro hanya dengan jaminan BPKB. Informasi lebih lanjut bisa Anda dapat di halaman berikut ini: PEGADAIAN ARRUM

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Manfaat Berdagang Ternyata Luar Biasa"