Mempersiapkan Dana untuk Merawat Orangtua yang Lanjut Usia - Pegadaian Syariah
logo

Mempersiapkan Dana untuk Merawat Orangtua yang Lanjut Usia

1 tahun yang lalu    
Mempersiapkan Dana untuk Merawat Orangtua yang Lanjut Usia

Berbakti kepada orangtua merupakan kewajiban seorang anak. Pasalnya, mereka yang membesarkan, merawat, dan mendidik Anda dari bayi hingga dewasa. Apalagi dikala Anda sudah menjadi orang sukses dan memiliki penghasilan yang cukup. Karena itulah, setiap anak harus bersedia merawat orangtua yang telah lanjut usia. Salah satu caranya dengan menyiapkan dana untuk hari tua.

Berbuat baik kepada orang tua adalah kewajiban seorang anak, apalagi ketika orang tua sudah berusia lanjut seperti yang telah disebutkan dalam surat al-Israa’ ayat 23-24, Allah Ta’ala berfirman:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

“Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.’” [Al-Israa’ : 23-24]

 

Agar Anda bisa memberikan yang terbaik bagi orangtua Anda, mulai sekarang persiapkan harta untuk merawat orang tua yang lanjut usia. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  • Mendaftar Asuransi Kesehatan

Menginjak usia 60 tahun ke atas, fisik orang tua semakin lemah. Adakalanya, kondisi tubuhnya tidak fit atau sakit. Untuk itu, persiapkan dana kesehatan mereka melalui asuransi. Anda bisa memilih produk asuransi syariah supaya berkah. Jika suatu saat orang tua sakit, Anda tidak kesulitan mencarikan biaya untuk berobat.

  • Mempersiapkan Tabungan

Masa tua adalah waktunya orang tua beristirahat. Mungkin, mereka sudah tidak kuat bekerja. Sebelum masa itu datang, sebaiknya Anda menyiapkan tabungan untuk orang tua. Tabungan tersebut kelak bisa berguna untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

Saat ini, bentuk tabungan beragam bentuknya. Anda bisa menabung dalam wujud uang, tanah, atau rumah. Jika suatu saat membutuhkan, Anda bisa mencairkan tabungan tersebut menjadi uang. Anda juga bisa memanfaatkan tabungan berupa emas. Harga emas yang cenderung naik dalam jangka waktu panjang bisa menjadi simpanan berharga bagi kebutuhan orangtua Anda di masa yang akan datang.

  • Menginvestasikan Uang Milik Orang Tua

Investasi merupakan salah satu cara mendapatkan penghasilan rutin tanpa harus bekerja. Jika orang tua Anda memiliki banyak harta, cobalah membujuk mereka untuk menanamkan modal. Tujuannya agar mereka bisa menikmati hasilnya sampai hari tua.

Investasi diperbolehkan dalam Islam karena Allah SWT tidak menghendaki manusia meninggalkan keturunan yang lemah secara akhlak dan materi. Semua anjuran itu tersirat dari firman Allah SWT dalam Alquran, yang artinya :

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap kesejahteraan mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” (Q.S An-Nisa : 9)

  • Menyimpan Aset-Aset Berharga

Ketika orang tua masih muda, barangkali mereka mempunyai banyak aset atau kekayaan. Sebagai anak yang berbakti, Anda harus menjaganya dengan baik. Sebaiknya, tidak menjual aset karena suatu hari orang tua pasti membutuhkannya.

Jika belum mempunyai aset, Anda harus mengumpulkannya mulai sekarang. Aset tersebut bisa berupa perkebunan, lahan pertanian, atau peternakan yang kelak bisa menjadi sumber penghasilan dan kegiatan orang tua.

Demikian tadi, cara merawat orang tua yang lanjut usia. Kewajiban anak terhadap kesejahteraan dan keselamatan orang tuanya tidak akan putus meskipun sudah berumah tangga.

Manfaatkan layanan Tabungan Emas dari Pegadaian Syariah untuk investasi jangka panjang yang akan memberikan Anda keuntungan di masa depan.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Mempersiapkan Dana untuk Merawat Orangtua yang Lanjut Usia"