Mudahnya Tabungan Haji di Pegadaian - Pegadaian Syariah
logo

Mudahnya Tabungan Haji di Pegadaian

9 bulan yang lalu      Haji
Mudahnya Tabungan Haji di Pegadaian

Haji adalah rukun Islam yang kelima. Meski hukum ibadah haji itu wajib, namun ibadah haji ini hanya diwajibkan bagi umat Islam yang mampu saja. Tolok ukur mampu adalah dari sisi jasmani, rohani, ekonomi, dan keamanan. Jika salah satu prasyarat tersebut tidak bisa dipenuhi, maka Anda tidak wajib menunaikan ibadah haji.

Lebih prioritas mana, menjalankan ibadah haji atau umrah? Tentu saja lebih prioritas menjalankan ibadah haji, jika memang sudah diberikan kemampuan, karena ibadah haji hukumnya wajib, sedangkan ibadah umrah hukumnya sunnah.

Namun, banyak masyarakat yang terlebih dulu diberikan keluangan melakukan ibadah umrah dibandingkan dengan ibadah haji (terutama dari sisi waktu dan kesempatan), ini tidak masalah. Silahkan berangkat umrah terlebih dulu, meski belum menjalankan ibadah haji.

Saat ini, jalan menuju ke Tanah Suci semakin mudah. Berbagai Lembaga Keuangan Syariah (LKS) memberikan fasilitas kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh porsi keberangkatan ibadah haji. Tentu produk ini dijalankan secara legal formal dan sesuai syariah.

Salah satu LKS yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah haji adalah Pegadaian Syariah. Pegadaian Syariah meluncurkan produk bernama pembiayaan Arrum Haji.

Pembiayaan Arrum Haji pada Pegadaian Syariah adalah layanan yang memberikan nasabah kemudahan pendaftaran dan pembiayaan haji. Nasabah cukup menyiapkan jaminan emas minimal 15 gram logam mulia atau ± 20 gram emas perhiasan sebagai jaminan pokok calon nasabah plus bukti SA BPIH SPPH dan buku tabungan haji sebagai jaminan tambahan.

Nasabah juga diminta membuka rekening tabungan haji dengan setoran Rp 500 ribu. Rekening ini akan diisi uang pinjaman sebesar Rp 25 juta dalam bentuk tabungan haji dari Pegadaian Syariah kepada nasabah.

Adapun angsuran yang dilakukan nasabah setiap bulannya adalah setoran pengembalian pinjaman sebesar Rp 25 juta, serta angsuran biaya sewa tempat untuk penjagaan dan pemeliharaan barang jaminan nasabah selama nasabah belum melakukan pelunasan.

Pengembalian pinjaman dapat diangsur selama 12, 18, 24 atau 36 bulan. Biaya pemeliharaan barang jaminan (mu’nah) per bulan kurang lebih setara dengan 0.95 persen x nilai taksiran jaminan. Biaya pemeliharaan ini akan disebutkan nominal rupiahnya di setiap akad pembiayaan Arrum haji ini.

Untuk mendapatkan produk itu, calon jamaah haji cukup dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku atau dapat mendatangi kantor pegadaian syariah terdekat. Sejumlah syarat yang bisa dipersiapkan nasabah di antaranya menyerahkan foto copy KTP, jaminan emas, KK (Kartu Keluarga).

Keunggulan produk Arrum Haji ini adalah nasabah memperoleh tabungan haji yang langsung dapat digunakan untuk memperoleh nomor porsi haji. Emas dan dokumen haji yang dimiliki nasabah juga aman tersimpan di Pegadaian Syariah. Biaya pemeliharaan barang jaminan juga terjangkau. Emas yang dijaminkan nantinya dapat dipergunakan untuk pelunasan biaya haji.

Selain sebagai LKS resmi yang diawasi oleh OJK, Pegadaian Syariah juga merupakan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang membuka lini bisnis syariah. Jadi, skema tabungan haji melalui Pegadaian Syariah ini selain sudah sesuai syariah dan secara legal formal sudah patuh terhadap hukum positif di Negara Kesatuan Republik Indonesia, skema produk ini juga menjamin keamanan jaminan yang kita berikan.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kesiapan nasabah untuk melakukan angsuran. Perhatikan tata kelola keuangan Anda, agar proses pelaksanaan angsuran bisa tetap lancar. Upayakan agar total angsuran Anda tidak melebihi 30% dari penghasilan Anda setiap bulannya.

Demikian uraian mengenai fasilitas kemudahan berangkat haji yang dipersembahkan Pegadaian Syariah kepada masyarakat melalui fasilitas produk Arrum Haji. Semoga perjalanan haji Anda dimudahkan, dilancarkan dan diberkahi oleh Allah. Haji yang mabrur, tiada balasan baginya kecuali surga. Amin.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com




Komentar Artikel "Mudahnya Tabungan Haji di Pegadaian"