Peluang Bisnis Berbasis Syariah di Bulan Ramadhan - Pegadaian Syariah
logo

Peluang Bisnis Berbasis Syariah di Bulan Ramadhan

1 tahun yang lalu    
Peluang Bisnis Berbasis Syariah di Bulan Ramadhan

Banyak ahli ekonomi yang mengatakan bahwa cara terbaik untuk mencapai sukses adalah dengan berwirausaha. Bahkan, apresiasi terhadap mereka yang berwirausaha juga disebutkan dalam sebuah hadis, "Dari 'Ashim ibn Ubaidillah dari Salim dari ayahnya, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: sesungguhnya Allah menyukai orang mukmin yang berkarya". (HR. Al-Baihaqi)

Hal senada juga diungkapkan oleh David McCleland—seorang ahli psikologi sosial—yang mengungkapkan bahwa semangat kewirausahaan mampu mendorong perkembangan ekonomi.

Semangat itu dicontohkan dalam diri pengusaha yang acapkali berlawanan dengan bayangan masyarakat umum. Tidak semata-mata hanya didorong oleh motif mencari keuntungan, tetapi lebih didorong oleh hasrat kuat untuk berprestasi dan mengerjakan pekerjaan yang lebih baik.

Nah, berbicara tentang bisnis dan wirausaha, salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah peluang. Peluang ini erat kaitannya dengan momen. Dan karena saat ini kita tengah berada dalam momen Ramadhan, berikut beberapa peluang bisnis berbasis syariah di bulan Ramadhan yang bisa Anda terapkan:

Bisnis Street Food
Street food adalah sebutan yang disematkan pada makanan yang dijual di jalan, atau menggunakan sebagian badan jalan untuk menjajakannya. Aktivitas perdagangan ini sangat cocok untuk Anda terapkan di bulan Ramadhan.

Anda bisa membuka street food di depan rumah, atau turut bergabung dengan komunitas street food. Biasanya di momen Ramadhan seperti ini, hampir di setiap kota pasti selalu ada titik-titik strategis yang digunakan sebagai pusat aktivitas ini. Pasar kaget, pasar takjil, dan bazar Ramadhan adalah beberapa contoh dari penerapan street food.

Di sini, Anda bisa menjual berbagai macam makanan. Mulai dari makanan ringan, takjil, hingga makanan berat yang mengenyangkan sebagai santapan berbuka puasa.

Bisnis Baju Lebaran
"Baju baru alhamdulillah, tuk dipakai di hari Raya." Sepenggal lirik lagu ini menyiratkan bahwa kebutuhan akan baju lebaran adalah satu hal penting yang harus Anda siapkan ketika menyambut Hari Raya. Momen kembali ke fitrah ini, seolah semakin spesial dengan upaya kita untuk membuka lembaran baru—termasuk juga dengan adanya baju baru.

Karenanya, bisnis baju-baju Muslim untuk lebaran merupakan peluang bisnis syariah di bulan Ramadhan yang sangat potensial.

Bisnis Kue dan Jajanan Lebaran
Seperti yang kita tahu, Lebaran merupakan momen yang identik dengan silaturahmi dan acara bersama orang-orang terdekat. Karenanya, kebutuhan akan jajanan dan kue-kue suguhan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Nah, bagi Anda yang memiliki kemampuan membuat kue dan jajanan, bisnis yang satu ini patut Anda terapkan di momen Ramadan kali ini.

Bisnis Tiket Perjalanan dan Rental Mobil
Peluang bisnis syariah di bulan Ramadhan yang juga sangat potensial adalah bisnis penjualan tiket perjalanan. Ya, hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia memiliki tradisi khusus yang pasti ada menjelang momen lebaran, yaitu mudik. Bisnis penyewaan mobil (rental mobil) juga sangat potensial untuk Anda terapkan. Mengingat momen ini juga sering kali menjadi ajang bagi para keluarga untuk berlibur bersama.

Nah, itulah beberapa peluang bisnis berbasis syariah di bulan Ramadhan ini. Jika sudah terpikirkan ingin memulai bisnis syariah apa di bulan suci ini, namun Anda masih terkendala untuk urusan modal, ada banyak cara halal lain untuk mendapatkan modal usaha. Salah satunya dengan yang ditawarkan oleh Pegadaian Syariah melalui program Pembiayaan RAHN, yang mana memberikan solusi tepat kebutuhan dana cepat yang sesuai dengan syariah. Dengan proses cepat, dana cair hanya dalam hitungan menit dan jaminan barang Anda akan aman penyimpanannya. Semoga bisnis Anda mendapat berkah dari Allah SWT.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Peluang Bisnis Berbasis Syariah di Bulan Ramadhan"