Peluang Bisnis Online Syariah - Pegadaian Syariah
logo

Peluang Bisnis Online Syariah

7 bulan yang lalu    
Peluang Bisnis Online Syariah

Teknologi modern semakin canggih. Fitur instrumen transaksi dunia maya semakin inovatif. Dunia bisnis pun menyesuaikan diri dengan perkembangan aktivitas puluhan juta masyarakat di dunia maya. Sehingga tak heran jika pelaku bisnis menjadikan media online sebagai primadona media pemasaran produk yang efektif dan efisien untuk memuluskan pencapaian target mereka.

Di antara berbagai model bisnis online yang ada di masyarakat adalah bisnis online syariah. Pemahaman terhadap bisnis online syariah ini sangat penting bagi pebisnis yang memegang teguh syariat Islam di berbagai bidang kehidupan.
Berikut ini ada beberapa peluang bisnis online syariah yang bisa Anda jalankan. Pada dasarnya, bisnis online ini tidak perlu diberi label syariah jika transaksinya sudah dijalankan sesuai syariah:

Pertama, bisnis pembayaran online syariah. Bisnis pembayaran online ini merupakan bisnis instrumen pembayaran berbagai transaksi yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah bisnis pembayaran pulsa telepon, pulsa listrik, pembayaran tagihan pembayaran pembiayaan kendaraan bermotor, pembayaran tiket pesawat, pembayaran tiket kereta, dan lain-lain.

Hal yang harus diperhatikan dari bisnis ini adalah adanya instrumen teknologi pembayaran yang sudah bisa terbukti bisa dijalankan dengan baik. Kalau Anda ingin menjadi pemilik bisnis ini, Anda butuh modal yang tidak sedikit untuk memiliki instrumen pembayaran online tersebut. Tentu saja potensi pendapatannya juga tinggi. Namun, ketika Anda ingin bertindak sebagai pemilik hak guna pakai (sewa) instrumen atau aplikasinya, Anda tinggal ikut menjadi agen bisnis terkait dan menjalankan bisnis online dengan menggunakan aplikasi pembayaran online sebagai sarana bisnis Anda.

Contoh lain penerapan bisnis pembayaran online adalah penggunaan aplikasi pembayaran ojek online dengan pembayaran transaksi jual beli jasa secara online. Anda bisa meniru atau memodifikasi pola fitur produk tersebut namun dengan tujuan aktivitas lain. Anda tinggal memastikan rekening bank yang Anda gunakan adalah rekening bank syariah.

Kedua, bisnis affiliate marketing syariah. Bisnis affiliate marketing adalah bisnis menjualkan barang milik orang lain. Jika ada orang yang membeli produk melalui perantara Anda, maka anda berhak mendapatkan komisi yang besarnya bervariasi sesuai akad yang ditentukan sebelumnya.

Affiliate marketing ini bisa dijalankan untuk menjual barang, aplikasi online maupun hal lain yang memenuhi kriteria menjadi objek akad. Ketika Anda ikut menjadi affiliate marketer, maka Anda hanya menjualkan produk yang dimiliki produsen. Atas prestasi Anda dalam pencapaian penjualan, produsen memberikan fee (ujrah).

Jika Anda berminat menjalankan bisnis affiliate marketing, maka Anda bisa mendaftarkan diri pada situs penyedia layanan ini. Setelah itu, Anda tinggal memastikan untuk memilih menjual barang-brang yang halal untuk diperjual-belikan. Anda tinggal memastikan rekening bank yang Anda gunakan adalah rekening bank syariah.

Bisnis affiliate marketing ini sebenarnya mirip dengan bisnis dropshipping, namun pada affiliate marketing biasanya didukung dengan penggunaan aplikasi/instrumen otomatis yang akan menjadi sarana transaksi afiliasi dan akan menghitung secara otomatis atas kinerja Anda sebagai pemasar. Sedangkan pada dropshipping, skema penghitungannya biasanya dilakukan secara manual.

Ketiga, bisnis dropshipping syariah. Bisnis dropshipping syariah adalah bisnis dropship yang dijalankan dengan prinsip syariah. Anda sebagai pihak yang melakukan penjualan kepada konsumen, tidak perlu memiliki stok atas barang atau objek yang diperjual-belikan.

Ketika Anda berposisi sebagai dropshipper, maka Anda berposisi sebagai penjual produk produsen. Anda menjualkan produk orang lain. Namun, menurut syariat Islam, Anda sebenarnya juga bisa berposisi sebagai penjual produk milik sendiri, yakni dengan cara Anda terlebih dahulu membeli produk dari produsen sebelum Anda jual kepada konsumen. Anda tinggal mengakadkan jual beli secara online dengan spesifikasi objek jual beli yang sudah jelas dan bisa diserahterimakan, kemudian Anda menjualnya kepada konsumen. Dari sisi istilah, skema ini lebih cocok disebut dengan reseller, yakni menjual kembali atau melanjutkan penjualan.

Keempat, bisnis toko online syariah. Bisnis toko online ini mudah dilakukan. Anda tinggal menyiapkan produk yang Anda jual, kemudian Anda siapkan sarana media online, baik website, blog, toko online melalui Instagram, Facebook, YouTube, dan berbagai media sosial lainnya. Anda tinggal memasarkan di media online yang Anda miliki.

Kelima, bisnis Google Adsense syariah. Google Adsense adalah bisnis periklanan secara online yang disediakan oleh Google. Bisnis online Google Adsense bisa menjadi bisnis online syariah jika Anda menjalankan bisnis ini secara jujur, tidak membuat permintaan palsu dengan menyuruh orang lain untuk klik iklan Anda, atau Anda klik iklan sendiri.

Untuk berbisnis Google Adsense online syariah, Anda tinggal menyiapkan website dengan konten positif, konten yang tidak menimbulkan maksiat, sehingga iklan yang akan muncul adalah iklan pada dengan konten yang halal sesuai kebijakan Google.
Setelah mencermati berbagai peluang bisnis online syariah yang bisa Anda jalankan, berikutnya Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar bisnis yang Anda jalankan di atas benar-benar bisa dijalankan sesuai syariah.

Anda harus benar-benar memastikan bahwa produk pada bisnis yang Anda jalankan adalah zat atau objek yang halal dan tidak menyebabkan maksiat kepada Allah maupun maksiat kepada manusia dan lingkungan. Bisnis zat haram menjadikan transaksi bisnisnya menjadi haram juga.

Berikutnya, bisnis yang Anda jalankan tidak boleh menjalankan transaksi yang dilarang syariat Islam seperti transaksi berbasis riba, ketidak-jelasan akad (gharar), spekulasi atau judi (maisir), korupsi, manipulasi, suap (risywah), tidak menyebabkan kezhaliman, dan tidak menjalankan transaksi lain yang dilarang syariat Islam.

Jangan lupakan adanya hak orang lain dalam harta Anda. Ketika Anda bisnis emas dan sudah satu haul dan nishab, maka Anda harus mengeluarkan zakatnya. Begitu pula bisnis barang-barang lain yang memang harus dizakati. Anda harus memperhatikan hal ini, apalagi zakat merupakan bagian dari fikih ibadah yang memang harus Anda tunaikan.

Demikian uraian mengenai peluag bisnis online syariah dan batasan-batasan yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis online syariah. Jika Anda butuh modal usaha, maka ada berbagai solusi yang sudah disiapkan oleh Pegadaian Syariah untuk mendukung permodalan Anda lewat produk RAHN Bisnis (gadai emai syariah dengan nilai di atas 100 juta rupiah untuk usaha). Jika Anda memiliki emas, maka Anda bisa menggadaikan emas Anda di Pegadaian Syariah. Anda bisa memperoleh dana tunai dalam waktu cepat, emas Anda juga terjamin aman di Pegadaian Syariah. Jika Anda memiliki kendaraan bermotor lengkap dengan BPKB-nya, Anda tinggal datang ke Pegadaian Syariah dengan mengajukan pembiayaan Arrum BPKB sehingga Anda bisa memperoleh modal usaha dalam waktu cepat. Dan apabila Anda membutuhkan kendaraan operasional, Anda juga dapat menggunakan produk pembiayaan kendaraan lewat Pegadaian Amanah.

Selamat menikmati bisnis online syariah. Insya allah barakah dan mashlahah. Amin.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Peluang Bisnis Online Syariah"