Pengertian Serta Manfaat dari Konsinyasi Emas - Pegadaian Syariah
logo

Pengertian Serta Manfaat dari Konsinyasi Emas

1 tahun yang lalu    
Pengertian Serta Manfaat dari Konsinyasi Emas

Konsinyasi emas adalah layanan penitipan dan penjualan emas batangan di Pegadaian. Emas yang Anda titipkan di Pegadaian akan dijual kembali. Kemudian, Pegadaian akan memesan kembali emas pengganti dengan kadar dan berat yang sama. Sehingga emas yang Anda miliki tetap utuh dan ini menjadi investasi untuk nasabah. Konsinyasi emas memberikan keuntungan pada Anda saat harga emas sedang turun ataupun naik.

Simulasi Alur Jalannya Konsinyasi Emas

Agar Anda bisa memahami dengan mudah alur jalannya konsinyasi emas di Pegadaian, berikut simulasinya:

Ibu Sri membeli emas batangan yang akan digunakan untuk investasi. Ibu Sri membeli emas di Pegadaian yang sudah terbukti memiliki kualitas emas yang tidak diragukan lagi keasliannya. Untuk menghindari hilang atau pencurian, ia memutuskan untuk mengonsinyasikan emas batangannya di Pegadaian. Kemudian, ia melakukan registrasi dan menandatangani akad perjanjian konsinyasi yang berlaku 3 bulan.

Dalam masa konsinyasi, datanglah ibu Hani yang akan membeli emas batangan. Pada saat itu, emas miliki ibu Sri yang diambil untuk diberikan pada ibu Hani. Emas milik ibu Sri akan digantikan oleh Pegadaian dengan kadar dan berat yang sama. Selanjutnya, hasil penjualan emas ibu Sri akan dibagi sesuai ketentuan yang berlaku.

Jadi, emas batangan milik ibu Sri tetap utuh. Selain itu, ia juga akan menerima bagi hasil dari penjualan emas yang dititipkannya di Pegadaian.

Anda tidak perlu repot, kan? Hanya duduk dan diam di rumah, Anda akan ikut menikmati hasil dari penjualan emas yang diinvestasikan.   

 

Keuntungan Yang Anda Dapat Dari Konsinyasi Emas

Bagaimana konsinyasi emas bisa menghasilkan keuntungan bagi nasabahnya? Berikut keuntungan yang akan Anda terima:

  1. Emas yang akan Anda titipkan harus dibeli di Pegadaian. Emas tersebut dapat langsung dikonsinyasikan di Pegadaian. Jika Anda membeli emas dengan cara mengangsur, Anda harus melunasi terlebih dulu. Setelahnya emas baru dapat dikonsinyasikan.
  2. Jika emas yang Anda titipkan di Pegadaian terjual, nasabah akan mendapat pembagian hasil dari penjualan. Pembagian keuntungannya adalah 1/3 untuk pemilik emas dan 2/3 untuk Pegadaian.
  3. Biaya penitipan emas gratis selama emas belum terjual. Pegadaian menjamin keamanan emas milik nasabah yang telah diasuransikan.
  4. Penjualan emas hanya bisa dilakukan 1 kali per akad. Setiap akad memiliki kontrak 3 bulan.
  5. Anda akan menerima pembagian hasil dari penjualan emas. Tidak perlu khawatir akan rugi, karena keuntungan pasti akan nasabah dapatkan  walaupun harga emas sedang mengalami penurunan.
  6. Pegadaian akan mengganti emas Anda sesuai kadar dan berat yang sama. Emas Anda tetap utuh.

Betapa mudahnya Anda mendapat keuntungan dari investasi ini. Konsinyasi emas bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mengambil cara praktis.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Pengertian Serta Manfaat dari Konsinyasi Emas"