Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam - Pegadaian Syariah
logo

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam

1 tahun yang lalu    
Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam

Dalam Islam ada sebuah hadis yang berbunyi, “Muliakanlah anak-anak kalian dan didiklah mereka dengan budi pekerti yang baik.”

Kita bisa melihat bahwa mendidik anak, terutama yang masih usia dini, merupakan keharusan. Orang tua harus melakukannya sejak kecil agar buah hati tumbuh dengan sempurna dan saat dewasa tumbuh menjadi seseorang yang saleh atau salihah. Mendidik anak adalah kewajiban karena buah hati adalah titipan-Nya.

Untuk itu, orang tua harus melakukan hal-hal di bawah ini agar buah hatinya bisa tumbuh dengan sempurna. Lalu, apa saja pentingnya pendidikan anak usia dini dalam mata Islam?

1. Memberi Contoh yang Baik
Pendidikan anak usia dini dalam Islam bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Orang tua bisa memberikan contoh yang baik kepada buah hatinya agar ditiru. Saat masih kecil, anak-anak selalu menganggap kalau orang tua adalah orang yang selalu benar. Untuk itu, mereka akan mencontoh apa saja yang dilakukan orang tua tanpa banyak bertanya. Orang tua bisa memberi contoh baik seperti memberi sedekah kepada yang tidak mampu, mengucap salam saat masuk rumah, hingga sopan kepada semua orang. Anak akan meniru apa yang dilakukan orang tuanya dan diterapkan terus hingga dewasa.

2. Membiasakan Anak untuk Beribadah
Beribadah adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua Muslim di dunia. Anak-anak harus dididik sejak kecil untuk mau beribadah dan mendoakan orang tua mereka kelak saat telah tiada di dunia. Orang tua bisa memberi contoh kepada anak tentang tata cara salat, berpuasa, hingga ibadah sunah lainnya. Kalau anak malas atau kerap lupa, orang tua bisa memberi arahan atau teguran agar mereka kembali ke jalan yang benar.

3. Memberikan Lingkungan yang Baik pada Anak
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, anak-anak mudah sekali meniru orang lain. Kalau mereka dibiarkan berada di lingkungan yang tidak mendukung, bukan tidak mungkin sifat buruk bisa diserap dan digunakan dalam kesehariannya. Orang tua harus memberikan kontrol yang ketat terhadap siapa saja yang menjadi teman anak. Kalau teman memberikan dampak buruk seperti anak jadi nakal atau pembangkang, anak harus diarahkan untuk tidak bermain lagi dengan mereka.

4. Mengajarkan Nilai-Nilai Islam dan Menguatkan Akhlak
Salah satu penyebab terbesar anak jadi tidak taat pada agama dan orang tua adalah kurangnya nilai Islam dalam dirinya. Untuk itu, orang tua harus menguat akhlak dari anak secara perlahan-lahan dan terus memberi motivasi. Saat senggang, orang tua bisa memberikan nilai Islam secara universal yang mudah diterima. Misal dengan cerita keteladanan nabi dan para sahabatnya di masa lalu. Selanjutnya nilai Islam juga bisa dipupuk melalui film islami yang mendidik.

Itulah uraian tentang pentingya pendidikan anak usia dini dalam Islam yang harus dipraktikkan oleh orang tua. Semoga apa yang tertulis di atas bisa membantu kita dalam mendidik anak agar menjadi lebih saleh atau salihah.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam"