Perhatikan 7 Tips Ini Sebelum Membuka Bisnis Kuliner Halal - Pegadaian Syariah
logo

Perhatikan 7 Tips Ini Sebelum Membuka Bisnis Kuliner Halal

1 tahun yang lalu    
Perhatikan 7 Tips Ini Sebelum Membuka Bisnis Kuliner Halal

Dari sekian banyak jenis dan bidang usaha, bisnis kuliner adalah yang paling banyak diburu orang akhir-akhir ini. Selain peluangnya cukup besar, omzet yang diperoleh dari berjualan makanan atau minuman juga sangat menjanjikan. Tak heran banyak figur publik yang mulai merambah bisnis ini di samping profesi utama mereka.

Tambahan lagi, label halal kini seolah sudah menjadi tren, tidak hanya pada makanan, tapi juga pada produk-produk lain. Oleh karenanya, mem- branding halal bisnis kuliner kita memiliki pengaruh yang cukup tinggi terhadap kelancaran usaha itu sendiri.

Nah, berikut tips yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai terjun ke bisnis kuliner halal:

  • Modal Usaha

Ketika akan memulai bisnis apa pun, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah modal usaha. Betul, bisnis tidak akan bisa berjalan lancar tanpa adanya modal. Nah, pastikan Anda mendapatkan modal bisnis yang tidak berkenaan dengan riba. Membuka bisnis halal tidak perlu tanggung-tanggung bukan? Awalnya pun harus dimulai dengan tatanan yang sesuai syariat. Modal ini bisa diperoleh dari dana pribadi atau pinjaman dari lembaga keuangan syariah.

  • Pemilihan Lokasi Usaha

Pemilihan lokasi usaha sangat besar pengaruhnya terhadap kelarisan bisnis kuliner kita. Tentu saja usaha kuliner yang berlokasi di tempat wisata akan lebih laris dibandingkan dengan yang didirikan di pinggiran kota.

Pun karena Anda akan mem- branding bisnis kuliner dengan label halal, cobalah cari lokasi yang cukup dekat dengan majelis-majelis ilmu atau tempat sejenis yang masih berhubungan.

  • Menu Andalan

Sebelum memulai usaha, sebaiknya pelajari dulu selera pasar; jenis kuliner halal apa yang paling banyak digemari dan semacamnya. Hal ini penting sebab menu juga akan sangat menentukan jumlah pengunjung yang datang ke restoran kita.

  • Mulai Mem- branding Halal Usaha Kuliner

Meskipun sama-sama restoran yang menyajikan menu makanan halal, tempat makan yang dipromosikan halal sedemikian rupa akan lebih menarik pengunjung dibandingkan dengan yang tidak dipromosikan sama sekali.

Karenanya sudah menjadi tugas Anda sebagai pemilik usaha untuk gencar mempromosikan bisnis kuliner halal Anda, mulai dari pemilihan bahan makanan, pengolahan, sampai penyajian.

  • Menjaga Kualitas Bahan Baku

Terjaganya kualitas bahan baku akan sangat memengaruhi kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, sudah sepatutnya pemilik usaha berusaha semaksimal mungkin menjaga kualitas bahan baku dengan tetap memilih bahan-bahan makanan yang segar dan tentu saja halal.

  • Sumber Daya Manusia

Bisa dibilang tampilan luar adalah daya tarik utama dari hal apa pu, termasuk usaha kuliner. Untuk semakin meyakinkan pelanggan, alangkah baiknya jika SDM yang kita kerahkan juga mencerminkan sikap yang sesuai ajaran dan syariat.

  • Sertifikasi Halal dari MUI

Meskipun terbilang sedikit susah, adanya sertifikasi halal dari MUI dan BPOM akan semakin meyakinkan pelanggan untuk berkunjung ke restoran yang kita kelola. Karenanya, jangan malas mengurusnya, ya!

Nah, itu dia tips yang bisa Anda jalankan sebelum memulai bisnis kuliner halal. Sangat mudah, bukan? Selamat mencoba!

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Perhatikan 7 Tips Ini Sebelum Membuka Bisnis Kuliner Halal"