Perkembangan Harga Emas dari Tahun ke Tahun - Pegadaian Syariah
logo

Perkembangan Harga Emas dari Tahun ke Tahun

1 tahun yang lalu    
Perkembangan Harga Emas dari Tahun ke Tahun

Emas memang selalu diburu oleh banyak orang, ini terbukti dari penjualan emas yang tidak pernah sepi peminat. Apakah emas memang bisa disebut sebagai sebuah investasi? Menjawab pertanyaan ini sama saja dengan melihat perkembangan harga emas dari tahun ke tahun.

 

Sejak dahulu orang Thailand berburu emas karena merupakan bagian kebudayaan mereka sedangkan orang India dan Cina lebih banyak memerlukan emas untuk perayaan hari besar mereka. Sementara di Indonesia banyak orang berburu emas, karena emas masih dianggap sebagai simbol kekayaan. Kenyataanya, belakangan ini emas menjadi instrumen investasi untuk mengamankan uang pemiliknya. Aset berupa emas ini tidak hanya menjadi simbol harta namun juga sebagai aset berharga dan aman.

 

Sejak jaman Nabi, emas sudah dianggap sebagai sebuah barang berharga, bahkan digunakan sebagai alat tukar yang bernilai tinggi. Emas sebagai sebuah barang yang berharga dan bernilai juga seringkali disebutkan dalam Al-Quran. Salah satu ayat yang menyebutkan emas adalah Surat Ali Imran Ayat 14:

 

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaankepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yangbanyak dari jenis EMAS, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawahladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allah-lah tempat kembaliyang baik (surga). (QS. 3:14)

 

Emas merupakan logam berharga yang memiliki nilai nyata, lain dengan uang kertas yang tiap tahun nilainya cenderung turun karena inflasi dan sering terkena Krisis Keuangan. Emas dan Perak karena punya nilai riel dibanding kertas, lebih stabil dan lebih tahan terhadap inflasi.

Sebagai contoh, 1 dinar (4,25 gram emas 22 karat) pada zaman Nabi bisa dipakai untuk membeli 1-2 ekor kambing. Saat ini pun dengan nilai 1 dinar yang sama dengan Rp. 2,4 juta (senilai dengan 4,25 gram emas), kita bisa mendapat 1 kambing besar atau 2 ekor kambing kecil. Stabil bukan?

 

Fakta membuktikan bahwa hiperinflasi menjadi permasalahan umum dari uang kertas yang tidak dijamin emas, perak, dan barang2 berharga lainnya. Banyak krisis keuangan terjadi di dunia disebabkan karena uang kertas yang digunakan sebetulnya tidak berharga. Hal ini tentunya tidak terjadi pada emas. Emas cenderung tahan terhadap inflasi dan nilainya pun cenderung naik dalam jangka panjang.

 

Mengintip Perkembangan Harga Emas dari Tahun ke Tahun

 

Emas bisa menjadi pelindung aset serta menjadi salah satu instrumen investasi,  yang jarang mengalami penurunan nilai dalam 10 tahun terakhir. Keistimewaan emas adalah merupakan safe haven, karena harga emas dari tahun ke tahun mengalami kenaikan dan jarang sekali turun. Hal inilah yang menyebabkan emas menjadi salah satu instrumen investasi paling diminati.

 

Data beberapa tahun terakhir  menunjukkan harga emas memang terus mengalami kenaikan. Sepanjang tahun 2008-2010, rata-rata kenaikan harga emas sekitar 20% per tahun. Sementara untuk periode tahun 2011-2012, kenaikannya 10% per tahun.

Setelah sempat mencapai puncak kejayaannya di tahun 2012,  di tahun 2013 harga emas memang sempat turun. Namun secara perlahan harga emas kembali memperlihatkan kenaikan dan saat ini cenderung stabil.

 

Emas tetap memberikan peluang bagi investor untuk melakukan pembelian. Ini disebabkan emas masih dianggap sebagai salah satu pelindung aset pilihan, pada saat pasar sedang berfluktuasi.

 

Kondisi pasar global yang bergejolak, penerapan suku bunga negatif dari beberapa bank sentral, serta ketidakpastian kebijakan moneter berdampak positif bagi harga emas. Akhirnya bisa dikatakan bahwa ketangguhan harga emas tak diragukan lagi dari tahun ke tahun, meski sempat mengalami gejolak oleh berbagai faktor.

 

Anda tertarik berinvestasi emas? Pegadaian Syariah menyediakan beragam layanan yang memudahkan Anda untuk berinvestasi emas sesuai syariat Islam. Dapatkan informasi produk Tabungan Emas dan MULIA pada halaman berikut ini.

 

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com

 



Artikel Terkait


  1 tahun yang lalu
  1 tahun yang lalu
  1 tahun yang lalu
  1 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Perkembangan Harga Emas dari Tahun ke Tahun"