Pesan Moral dari Film Iqro, Petualangan Meraih Bintang - Pegadaian Syariah
logo

Pesan Moral dari Film Iqro, Petualangan Meraih Bintang

1 tahun yang lalu    
Pesan Moral dari Film Iqro, Petualangan Meraih Bintang

Sebuah persembahan yang kaya dengan nilai moral dan agama hadir dalam film anak-anak bertajuk Iqro, Petualangan Meraih Bintang hadir di bioskop Tanah Air pada bulan Januari 2017. Film ini menggabungkan tema religius, edukatif dan tentunya inspiratif.

 

Pada hari Sabtu 21 Januari, Pegadaian Syariah menggelar acara nonton bareng film Iqro di Plaza Senayan bersama dengan nasabah Pegadaian terpilih. Salah satu hal yang menjadi alasan kuat Pegadaian mendukung film ini karena kisah dalam film mengandung unsur pendidikan yang kuat dan bermanfaat bagi anak-anak dan generasi muda bangsa.

Film Iqro menceritakan tentang Aqila, gadis kecil yang menggandrungi dunia astronomi namun belum bisa mengaji. Ia ingin membuktikan pada teman-temannya bahwa ia bisa meneropong Pluto menggunakan teleskop utama Bosscha, karena opa Aqila adalah seorang astronom yang mengepalai Observatorium Bosscha.

Namun Aqila tidak mendapatkan apa yang diimpikan, sebab Opa mensyaratkan Aqila untuk bisa mengaji baru kemudian diizinkan meneropong planet dan bintang-bintang di angkasa. 

Bagi Anda para orang tua yang ingin menghabiskan waktu luang bersama anak-anak dengan tontonan yang penuh makna, maka film Iqro bisa menjadi pilihan. Berikut adalah pesan moral yang bisa didapat dari film Iqro:

 

  • Pengetahuan sains arus diimbangi dengan pengetahuan agama

Karakter opa menantang Aqila untuk belajar mengaji dahulu sebelum meneropong tatanan luar angkasa di Bosscha. Pada awalnya Aqila tidak mengerti mengapa ia harus belajar mengaji dulu sebelum bisa mempelajari planet Pluto. Seiring berjalannya cerita, Aqila mulai memahami bahwa ayat Al Quran sangat berkaitan dengan sains karena dalam ayat Al Quran sendiri dijelaskan tentang penciptaan alam semesta.

Dari sini kita dapat belajar bahwa ilmu agama sangatlah penting untuk dipelajari. Apalagi bagi seorang anak yang rasa ingin tahunya begitu tinggi, jangan sampai hanya mengidolakan sains dan meninggalkan ilmu agama. Bagi anak-anak, keseimbangan antara ilmu sains dan ilmu agama dalam kehidupan sehari-harinya akan membentuk pribadi yang baik di masa depan.

 

  • Orang tua mendidik anak dengan cara kreatif dan penuh kasih sayang

Dalam film Iqro, karakter Opa dan Oma dengan sabar menuntun Aqila yang sebelumnya cuek  dan tidak mau mengaji hingga akhirnya menjadi pandai mengaji dan rajin mengerjakan solat. Opa dan Oma menanamkan pendidikan agama dengan cara kreatif dan penuh kasih sayang tanpa melibatkan kekerasan ataupun langkah yang membosankan. Inilah yang membuat Aqila akhirnya bersemangat belajar mengaji.

Pesan moral mengenai cara orang tua mendidik anak-anak mereka tergambar begitu jelas dalam film Iqro ini. Setiap orang tua memang memiliki kewajiban menanamkan pendidikan agama semenjak anak mereka masih kecil. Agar orang tua berhasil mengajarkan kebaikan pada anak-anaknya, diperlukan cara yang tepat dan efektif.

 

  • Dalam mencapai sesuatu, selalu dibutuhkan usaha

Film Iqro menunjukkan bagaimana Opa tidak begitu saja membiarkan Aqila melakukan observasi menggunakan teropong Bosscha. Aqila harus belajar mengaji dahulu, meskipun Aqila dari dulu malas untuk belajar mengaji. Film ini juga memperlihatkan bagaimana karakter Fauzi, teman Aqila, bisa memenangkan kompetisi mengaji karena ia memang rajin belajar mengaji sedari dulu.

Jalan cerita dalam film ini menunjukkan bahwa usaha keras dapat membuahkan hasil. Tidak ada keberhasilan sejati yang bisa didapat secara instan. Seseorang, terutama mereka yang masih berusia muda, harus mau belajar berusaha untuk dapat mencapai apa yang mereka inginkan

Itulah beberapa nilai bermakna yang bisa dipetik dari film Iqro. Semoga nantinya semakin banyak film di Indonesia yang kental dengan nilai edukasi dan moral.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Pesan Moral dari Film Iqro, Petualangan Meraih Bintang"