Potensi Bisnis Syariah di Indonesia - Pegadaian Syariah
logo

Potensi Bisnis Syariah di Indonesia

1 tahun yang lalu    
Potensi Bisnis Syariah di Indonesia

Ditengah kondisi ekonomi dunia yang penuh gejolak, banyak orang mulai beralih pada Bisnis Syariah. Bisnis berbasis syariah seringkali lebih mendatangkan rasa aman dan nyaman bagi penggunanya. Adanya ketentuan akad yang jelas serta produk yang terjamin, mampu memberikan kualitas tersendiri bagi konsumen produk bisnis syariah.

Kenyataan berbicara, ekonomi serta usaha yang berbasis syariah mampu bertahan terhadap terjangan krisis ekonomi. Kelompok-kelompok usaha kecil mampu bertahan dan bahkan bangkit meraih kesuksesan.

Perkembangan Bisnis Syariah di Indonesia sendiri cukup menjanjikan. Besarnya jumlah penduduk muslim di Indonesia turut menjadi pendorong pertumbuhan bisnis syariah. Misalnya kenaikan aset perbankan syariah telah mencapai angka 30%.

Indonesia pun dianggap sebagai motor penggerak pertumbuhan bisnis syariah di dunia bersama negara lainnya seperti Qatar, Turki, dan Malaysia. Bahkan, Indonesia juga dilirik oleh negara lain sebagai pusat pembelajaran pengembangan industri syariah.

Hal ini pun berdampak pada pertumbuhan industri keuangan syariah di Indonesia. Bukan hanya bisnis lembaga keuangan syariah yang berkembang, tapi juga industri lainnya seperti kuliner, kosmetik, farmasi, hiburan dan pariwisata berbasis syariah. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak potensi produk-produk syariah di Indonesia yang terbuka luas untuk digali dan dikembangkan.

Saat ini Bisnis Syariah tidak hanya dianut oleh kelompok pengusaha kecil dan perorangan. Pengusaha besar dan bahkan lingkup pemerintah mulai melirik Bisnis Syariah. hal ini dapat kita lihat dari banyaknya usaha syariah yang berdiri di bawah bendera naungan mereka.

Semakin maraknya Bisnis Syariah, sangat membantu para pelaku ekonomi dari kalangan rakyat kecil. Karena dalam sistem Islam, keuntungan harus dirasakan oleh kedua belah pihak tidak berdasarkan jumlah modal yang dimiliki. Sistem dalam bisnis syariah pun menganut paham saling menolong, bukan sebaliknya pemodal besar menindas pelaku bisnis kecil. Sehingga para pelaku bisnis kecil punya peluang untuk meningkatkan usahanya, bahkan bisa jadi sejajar dengan pemilik modal besar, bukan suatu hal yang mustahil.

Di Indonesia sendiri, perjalanan untuk mengenalkan bisnis syariah ke masyarakan masih panjang. Pemahaman masyarakat tentang konsep syariah serta nilai-nilai lebih dalam bisnis syariah masih berkembang dan belum mencapai taraf maksimal. Walaupun demikian, masyarakat harus tetap optimis untuk terus membangun Bisnis Syariah.

Pegadaian Syariah juga turut meramaikan bisnis syariah di Indonesia dengan produk-produk berkualitas seperti Gadai Syariah, Arrum Haji (Pembiayaan Haji), Amanah (Pembiayaan Kendaraan Bermotor), serta solusi pengembangan bisnis seperti Arrum BPKB.

Semakin berkembangnya bisnis produk berbasis Syariah di Indonesia diharapkan mampu membuka mata masyarakat mengenai manfaat produk syariah yang mampu memberikan rasa aman dan tentram, dan tentunya lebih berkah.

 

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com

 

 



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Potensi Bisnis Syariah di Indonesia"