Rahasia Beli Rumah Tanpa Riba - Pegadaian Syariah
logo

Rahasia Beli Rumah Tanpa Riba

1 tahun yang lalu    
Rahasia Beli Rumah Tanpa Riba

Saat ini Anda bisa melihat beragam promo diskon pembelian rumah yang banyak dipapar dalam iklan, bahkan pemerintah pun memiliki program 1 juta rumah bagi warga dengan penghasilan rendah. Namun di antara hunian perumahan yang ditawarkan hampir semuanya masih melibatkan unsur yang didefinisikan sebagai riba oleh MUI, yaitu membayar bunga hutang kepada bank.

Mungkinkah memiliki rumah tanpa bank & tanpa riba? Jawabannya tentu saja mungkin. Meskipun usaha yang dilakukan jadi berkali lipat lebih keras dan membutuhkan kesabaran ekstra, memiliki rumah tanpa riba bisa Anda wujudkan.

1. Beli Rumah Secara Tunai

“Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (Q.S. Al-Baqarah : 275)

 

Paling tidak ayat di atas menyimpulkan 3 hal: Pertama, hukum mengenai jual beli dan riba. Kedua, perbedaan antara jual beli dengan riba. Ketiga, solusi untuk menghidari riba dengan jual beli. 

Jual beli tunai akan menutup segala kemungkinan untuk terjadi riba di dalam transaksinya, berbeda dengan jual beli kredit yang memungkinkan terdapat unsur riba di dalamnya.

Maka dari itu, bagi siapa saja yang ingin memastikan dirinya terhindar dari riba dalam berjual beli, dipersilakan untuk bertransaksi dengan pembayaran secara tunai saja. Insyaa Allah bebas riba dalam berjual beli. Menunggu uang terkumpul untuk bisa membeli rumah secara tunai memang memakan waktu lama. Namun pada akhirnya hasil yang didapat akan lebih menghasilkan berkah.

2. Beli Rumah Secara Tunai Bertahap

Jika Anda belum mampu membeli tunai, Anda bisa mengatur pembayaran secara tunai bertahap, maksudnya adalah harga yang Anda bayarkan senilai dengan harga tunai keras namun dibayarkan dengan bertahap, biasanya ada banyak developer yang bisa menawarkan tunai bertahap sampai 24 bulan. Pada dasarnya, tunai bertahap ini sama dengan kredit sebenarnya, perbedaannya pada nilai angsuran setiap bulannya yang cukup tinggi.

Jika sebuah rumah dijual dengan harga Rp. 240.000.000, maka Anda harus mempunyai dana Rp. 10.000.000/bulan di luar dari kebutuhan pokok lainnya.

Nilai ini memang tergolong besar bagi mereka yang bekerja sebagai karyawan atau pegawai. Salah satu solusi adalah dengan memiliki penghasilan lebih banyak dari menjalankan bisnis. Mulailah berbisnis sekarang juga untuk bisa mendapatkan pemasukan perbulan yang lebih besar.

 

3. Beli Rumah dengan Sistem Syariah

Sekarang Anda dapat banyak menjumpai developer perumahan yang menawarkan penjualan rumah dengan cara syariah yang lepas dari ancaman denda, bunga riba, penyitaan rumah dan lain sebagainya. Pembelian rumah dengan cara syariah ini menerapkan akad-akad yang memberi kemudahan bagi pembeli.

 

Karena meniadakan peran perbankan, proses pengecekan kemampuan bayar calon konsumen di Bank Indonesia (BI Checking) pun menjadi tidak penting. Konsumen hanya berurusan dengan pihak pengembang serta notaris yang ditunjuk, setelah kesepakatan harga dan tenor KPR disepakati.

 

Contohnya, konsumen A membeli satu unit rumah seharga Rp 150 juta. Dengan konsep KPR syariah, harga tunai tersebut berubah menjadi Rp 250 juta per kelipatan lima tahun. Perubahan harga menjadi Rp 100 juta lebih tinggi dalam lima tahun ditentukan berdasarkan tingkat inflasi dan kondisi ekonomi. Ini artinya, jika konsumen tersebut ingin memanfaatkan fasilitas KPR syariah bertenor lima tahun, maka uang yang harus dibayarkan adalah sejumlah Rp 250 juta.  

 

Besaran harga tersebut diinformasikan dan disepakati sebelum perjanjian pengikatan jual beli sehingga menghindari unsur gharar dan riba.

4. Beli Rumah dengan Tabungan Emas

 

Cara lain membeli rumah tanpa riba adalah dengan menabung emas, bukan dengan menabung uang. Kenapa harus emas?

 

Pada dasarnya nilai emas tidak tergerus inflasi. Harga emas senantiasa naik. Berbeda bila Anda menabung uang, nilai uang akan menurun seiring waktu. Menabung emas akan memastikan Anda memiliki nilai yang cukup untuk membeli rumah di masa depan. Anda bisa mulai menargetkan menabung emas  10 gram setiap bulan. Pada tahun ketiga, Anda akan memiliki 360 gram emas. Tergantung pada nilai emas pada tahun ketiga, bisa saja sudah cukup untuk membeli 1 unit rumah. Selamat mencoba!

 

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Rahasia Beli Rumah Tanpa Riba"