Terapkan 5 Cara Ini Jika Anda Ingin Terhindar dari Kebiasaan Boros - Pegadaian Syariah
logo

Terapkan 5 Cara Ini Jika Anda Ingin Terhindar dari Kebiasaan Boros

1 tahun yang lalu    
Terapkan 5 Cara Ini Jika Anda Ingin Terhindar dari Kebiasaan Boros

Surah Al-Isro’ Ayat 26-27

وَآَتِ ذَا الْقُرْبَى حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا (26

إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا (27

Artinya : “(26) Dan Berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang ada dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghamburkan (hartamu) dengan boros. (27) Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudaranya setan dan sesungguhnya setan itu sangat ingkar kepada tuhannya.” (QS Al Isra : 26-27)

 

Sifat boros jelas-jelas dilarang dalam agama Islam. Namun sayangnya, terkadang seseorang tidak menyadari bahwa dirinya melakukan pemborosan dalam hidupnya.

Lihat barang bagus sedikit beli, sebentar-sebentar belanja—padahal barang yang dibeli tidak begitu dibutuhkan. Ada yang pernah mengalami hal seperti itu? Atau jangan-jangan sering? Kalau jawabannya iya, berhati-hatilah sebab kebiasaan tersebut menandakan bahwa Anda adalah orang yang boros.

Seseorang dikatakan boros jika dia hobi membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Jika dibiarkan terus-menerus, kebiasaan boros seperti ini justru akan merugikan kita sendiri. Banyak orang yang terpaksa berurusan dengan utang akibat nafsu belanja yang tidak terkontrol.

Nah, berikut ada tips jitu buat Anda yang ingin lepas dan terhindar dari kebiasaan boros:

  • Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

Memisahkan mana daftar keinginan dan kebutuhan ternyata mampu menghindarkan kita dari pemborosan, lho. Karenanya, mulai sekarang buatlah skala prioritas kebutuhan dengan jelas.

Dengan membuat skala prioritas kebutuhan, kita bisa membedakan mana barang yang benar-benar dibutuhkan serta mendesak untuk segera dibeli dan mana yang kira-kira bisa dibeli nanti.

  • Tidak Membawa Uang Berlebihan Ketika Berbelanja

Seringkali sifat boros muncul secara tiba-tiba, misalnya ketika kita sedang berjalan-jalan di pusat perbelanjaan. Bisa jadi niat awal kita hanya melihat-lihat, bukan membeli. Tapi karena kita membawa uang lebih, tangan pun jadi gatal membeli sesuatu yang sebetulnya tidak diperlukan.

Maka dari itu, usahakan untuk tidak membawa uang dalam jumlah banyak ketika bepergian. Selain bisa menekan pengeluaran, membawa uang dalam jumlah sedikit juga menghindarkan kita dari orang yang akan berniat jahat.

  • Hidup Sederhana

Cara ketiga yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari pemborosan adalah menerapkan pola hidup sederhana. Hidup sederhana artinya hidup secara wajar, hemat, dan tidak berlebihan. Ingat, hemat berbeda dengan pelit.

Menerapkan pola hidup wajar akan menghindarkan diri kita dari sifat boros karena pikiran tidak dipenuhi dengan macam-macam keinginan yang sebetulnya tidak perlu.

  • Banyak-Banyak Bersyukur

Ketika keinginan untuk membeli aneka barang (yang sebetulnya tidak diperlukan) muncul begitu kuat, ada baiknya kita melihat “ke bawah”. Ya, masih banyak orang di luar sana yang tak seberuntung kita, yang untuk makan pun masih kesulitan.

Nah, tegakah kita membuang-buang rezeki sementara saudara-saudara kita masih banyak yang kelaparan? Kuncinya adalah membekali diri dengan banyak-banyak bersyukur.

  • Allah Membenci Orang yang Boros

Ketahuilah bahwa boros adalah sifat yang sangat dibenci Allah SWT. Begitu buruknya sifat ini, dalam surat Al-Isra ayat 26-27 Allah sampai menyebut bahwa orang-orang yang berbuat boros adalah teman setan. Anda tentu tak mau berteman dengan setan, bukan?

Nah, itu dia 5 cara yang bisa diterapkan untuk terhindar dari pemborosan. Bisa jadi kita akan merasa kesulitan ketika menjalaninya. Karenanya, tanamkan niat dalam hati kuat-kuat demi kebaikan.

Daripada melakukan pemborosan, lebih baik bila harta yang Anda dimiliki digunakan untuk bersedekah dan menabung. Nah untuk tabungan, salah satu pilihannya adalah Tabungan Emas dari Pegadaian Syariah. Ingin terhindar dari pemborosan dan bisa memiliki banyak emas? Simak informasi lebih lengkap mengenai Tabungan Emas disini: http://pegadaiansyariah.co.id/tabungan-emas-2418 .

Anda juga bisa langsung melakukan registrasi Tabungan Emas disini: http://pegadaiansyariah.co.id/register

Semoga bermanfaat!

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Terapkan 5 Cara Ini Jika Anda Ingin Terhindar dari Kebiasaan Boros"