Tips Bagi Wirausaha yang Ingin Mengembangkan Bisnisnya - Pegadaian Syariah
logo

Tips Bagi Wirausaha yang Ingin Mengembangkan Bisnisnya

1 tahun yang lalu    
Tips Bagi Wirausaha yang Ingin Mengembangkan Bisnisnya

Bagi pemilik usaha kecil, mengembangkan usaha menjadi lebih besar adalah sebuah keinginan yang ingin segera dicapai. Beragam ide dan strategi pun terlintas dalam benak Anda. Namun manakah langkah yang tepat untuk mengembangkan bisnis?

Apalagi bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis dengan cara Syariah. Tentunya Anda membutuhkan langkah khusus untuk melaksanakan impian Anda.

Berikut beberapa tips bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha kecil serya menjadi wirausaha sukses dengan kreativitas dan inovasi.

 

  • Berpikir Kreatif tentang Ide Usaha

 

Bisa dikatakan bahwa ide adalah modal dari segala modal usaha. Lahirnya ide/gagasan akan menggerakkan kaki untuk mewujudkannya. Agar ide usaha Anda unik dan berbeda dari yang sudah ada, sebagai calon pengusaha sukses Anda harus belajar untuk berpikir kreatif.

Berpikir kreatif artinya berpikir holistik, imajinasi yang mengembara, menganalisis berbagai kemungkinan hingga berhasil menemukan suatu kesempatan atau ide baru. Untuk bisa berpikir kreatif, Anda bisa menerapkan beberapa cara seperti menggabungkan beberapa ide produk secara sinergis, atau mengubah sudut pandang/paradigma dari arah yang sebaliknya.

 

  • Rencana Strategi Usaha

 

Dalam merencanakan usaha haruslah didahului dengan memahami tuntutan stakeholders (pihak yang berkepentingan dan terkait dengan usaha Anda) serta tujuan Anda ber wirausaha. Analisis pasar dan analisis kemampuan Anda serta tujuan yang ingin dicapai juga bagian dari proses menghasilkan strategi usaha. Dalam hal ini Anda bisa melakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Yang meliputi:

S : Hal-hal yang wirausaha bisa lakukan dengan baik (adanya kekuatan sumber daya atau teknologi yang lebih baik dari pesaing).

W : Hal-hal yang tidak bisa dilakukan dengan baik (kelemahan bisa di sumber daya, teknologi, dan informasi yang dimiliki).

O : lingkungan eksternal yang menjadikan wirausaha memiliki peluang usaha. Adanya pasar sasaran yang jelas.

T : Kondisi di lingkungan eksternal yang tidak terkait kekuatan atau kelemahan.

 

  • Kolaborasi Entrepreneur

 

Cara mengembangkan bisnis bagi wirausaha sukses adalah dengan memiliki aset. Aset usaha yang dimaksud berupa properti untuk bisnis, yaitu sebuah tempat usaha baik itu berupa toko, ruko (rumah toko), tanah, atau tempat usaha lainnya. Satu hal yang penting untuk disikapi ketika Anda baru mulai untuk mengembangkan usaha adalah Anda harus sebisa mungkin meminimalkan pengeluaran dana.

Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan kerja sama dengan beberapa pihak yang terkait langsung dengan usaha yang akan Anda kembangkan. Termasuk salah satunya dengan pemilik atau pengembang tempat yang akan Anda jadikan lokasi usaha atau dengan pengusaha properti.

 

  • Memilih Pembiayaan Usaha yang Tepat

 

Adakalanya keinginan untuk mengembangkan usaha terbentur oleh kendala biaya. Namun jangan putus asa karena terdapat beragam pembiayaan bisnis yang bisa Anda dapatkan.

Bila Anda ingin bisnis Anda berkembang dengan menerapkan prinsip syariah, makan pendanaan bisnis dengan modal berbasis syariah bisa menjadi pilihan Anda. Salah satu contohnya adalah Arrum BPKB dari Pegadaian Syariah. Pembiayaan Arrum memudahkan para pengusaha kecil untuk mendapatkan modal usaha dengan jaminan kendaraan. Kendaraan tetap pada pemiliknya sehingga dapat digunakan untuk mendukung usaha sehari-hari. Pada akhirnya daya guna kendaraan Anda jadi semakin maksimal. Ini bisa menjadi salah satu strategi jitu untuk mengembangkan bisnis Anda.

Demikian beberapa tips bagi wirausaha yang ingin mengembangkan bisnisnya. Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Tips Bagi Wirausaha yang Ingin Mengembangkan Bisnisnya"