Tips dan Trik Investasi Emas Batangan Bagi Pemula - Pegadaian Syariah
logo

Tips dan Trik Investasi Emas Batangan Bagi Pemula

10 bulan yang lalu      Investasi Emas
Tips dan Trik Investasi Emas Batangan Bagi Pemula

Dalam Tafsir ad-Durrul Mantsur fi Tafsir bil Ma’tsur (Vol. I), ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ath-Thabrani, yang mana Rasulullah bersabda: “Emas adalah stempel Allah di bumi-Nya. Siapa saja yang menggunakan stempel itu, Allah akan mencukupi semua kebutuhannya.”

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga juga bersabda: “Akan datang kepada manusia, suatu masa yang mana tidak bermanfaat di masa itu kecuali Dinar dan Dirham.”  (HR. Ahmad: 16569 dari Miqdam bin Madikarib radliyallahu anhu).

Dari beberapa hadits di atas, terlihat jelas bahwa emas adalah logam yang sangat diberkahi sehingga berinvestasi di sektor ini sangat direkomendasikan. Jika Anda juga ingin melakukan invetasi emas agar berada di jalan Allah dan juga mendapatkan keuntungan yang besar, simak tips dan trik investasi emas batangan di bawah ini:

1. Invetasi Emas Batangan dengan Metode Konsinyasi
Konsinyasi Emas, seperti layanan yang diberikan oleh Pegadaian Syariah, merupakan layanan penitipan emas yang Anda miliki untuk disimpan di Pegadaian. Dalam akad perjanjian di awal, Anda tidak bisa mengambil emas itu dalam perjanjian konsinyasi yang berlaku, yaitu 3 bulan. Jika dalam masa konsinyani ada seseorang tertarik membeli emas yang Anda miliki, keuntungan akan langsung diberikan.

Namun, jika emas yang dikonsinyasikan tidak sempat terjual, nasabah tidak rugi karena emas yang dimiliki mendapatkan tempat penitipan gratis yang diasuransikan sebagai jaminan keamanan selama dititipkan. Barang konsinyasi bisa terjual hanya 1 kali per akad dan untuk penjualan berikutnya, nasabah harus menandatangai akad konsinyasi yang baru lagi.

Pembayaran bagi hasil penjualan emas nantinya akan diberikan setelah emas pengganti diterima. Tidak heran banyak orang yang menginvestasikan emas batangannya dengan metode ini. Untuk bisa mengikuti program ini, pembelian emas harus di Pegadaian. Adapun pembagian hasil keuntungan dari konsinyasi ini yaitu 1/3 untuk pemilik emas dan 2/3 untuk Pegadaian.

2. Investasi Emas Batangan dengan Membuat Tabungan
Faktanya tidak semua orang bisa membeli emas batangan dalam jumlah banyak dalam sekali waktu. Untuk menyiasati hal itu, Anda bisa membuat tabungan emas sehingga dalam jangka waktu tertentu, logam mulia yang Anda miliki jumlahnya akan menjadi banyak.

Beberapa lembaga keuangan di Indonesia menyediakan pembiayaan emas. Anda bisa memilih emas batang yang diinginkan. Selanjutnya salam periode tertentu, Anda akan membayarkan cicilan hingga emas itu menjadi milik Anda seutuhnya dan bisa digunakan untuk banyak hal.

Seperti Pegadaian Syariah yang memberikan layanan Tabungan Emas, yang mana pembelian dan penjualan emas dengan harga yang terjangkau mulai dari berat 0,01 gram seharga Rp. 5.000-an. Layanan ini merupakan alternatif investasi yang aman untuk menjaga portfolio aset Anda.

Itulah beberapa tips investasi emas batangan. Semoga bisa Anda gunakan sebagai bahan referensi. Jangan pernah takut untuk mencoba investasi karena berani kotor itu baik. Berani mencoba akan memberikan Anda banyak pengalaman, terutama bagi Anda yang masih pemula. Karena semakin cepat Anda memulai, insya Allah manfaatnya pun akan cepat Anda dapat.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com




Komentar Artikel "Tips dan Trik Investasi Emas Batangan Bagi Pemula"