Tips Mendapatkan Kredit Kendaraan Bermotor bagi UKM - Pegadaian Syariah
logo

Tips Mendapatkan Kredit Kendaraan Bermotor bagi UKM

10 bulan yang lalu    
Tips Mendapatkan Kredit Kendaraan Bermotor bagi UKM

Saat ini, sarana transportasi pribadi—motor maupun mobil—telah menjadi sebuah kebutuhan yang tak dapat terelakkan. Bukan hanya karena kemudahan dan kepraktisannya, tetapi juga disebabkan oleh kondisi transportasi umum di Indonesia yang masih jauh dari nyaman. Karenanya, kepemilikan kendaraan pribadi sering kali dianggap sebagai solusi terbaik.

Apalagi, kini telah tersedia beberapa cara mudah untuk bisa mendapatkannya. Salah satunya dengan kredit kendaraan bermotor (KKB). Pembelian secara kredit ini banyak diminati karena kemudahannya untuk mendapatkan kendaraan bermotor tanpa harus menyediakan dana tunai dalam jumlah besar. Yang terpenting, Anda memiliki komitmen sekaligus kemampuan untuk melakukan pembayaran dengan cara cicilan atau angsuran setiap bulan.

Dalam hal ini, pembelian barang secara kredit juga diatur dalam Islam. Seperti firman Allah SWT dalam salah satu ayat-Nya, "Hai orang-orang beriman, apabila kamu bermuamalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya". (QS. Al-Baqarah (2): 282)

Bagi Anda para pekerja kantoran bisa jadi ini adalah cara yang terbaik, mengingat ada gaji bulanan yang bisa Anda anggarkan untuk memenuhi pembayaran angsuran. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki status kepegawaian tetap, seperti para pekerja freelance dan para pelaku UKM (usaha kecil menengah), terkadang pengajuan kredit terhambat oleh beberapa kendala.

Nah, berikut beberapa tips mendapatkan kredit kendaraan bermotor bagi UKM:

Pilih Perusahaan Pembiayaan Kredit Kepercayaan Anda
Ketika Anda akan membeli kendaraan, pihak dealer/showroom akan merekomendasikan perusahaan pembiayaan kredit—bank maupun leasing—yang akan menjadi partner KKB Anda. Meski sejatinya perusahaan-perusahaan tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu membayarkan sebagian harga kendaraan, yang kemudian Anda bayar dengan cicilan/angsuran, mereka tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda juga paham tentang hal-hal tersebut. Atau, jika Anda telah memiliki kepercayaan terhadap sebuah perusahaan pembiayaan kredit, sebagai konsumen Anda pun bisa memilihnya.

Pikirkan Skema Kredit yang Sesuai dengan Kemampuan Finansial
Meski tidak membeli kendaraan secara tunai, bukan berarti Anda bebas memilih kendaraan yang diinginkan. Anda tetap harus melakukan hitung-hitungan dengan kemampuan finansial diri. Jangan sampai, kredit kendaraan bermotor yang bertujuan untuk meringankan, justru berbalik mencekik keuangan Anda. Setidaknya, perhatikan total pembayaran, besarnya cicilan, dan durasi angsuran. Serta sesuaikan dengan kondisi dan kemampuan finansial Anda.

Jangan Mudah Tergiur dengan Iming-Iming DP Rendah
Tentu Anda sering menjumpai marketing dealer/showroom yang mengiming-imingi calon pembeli dengan bujuk rayu DP (uang muka) yang rendah, bukan? Memang, pada awalnya kemudahan tersebut sangat meringankan karena Anda tidak membutuhkan banyak uang, namun bisa membawa kendaraan yang diinginkan. Tetapi, di sisi lain, Anda juga harus mempertimbangkan durasi waktu angsuran/cicilan. Semakin rendah uang muka, semakin panjang pula durasi waktu angsuran yang harus Anda bayarkan. Dan, hal tersebut juga pasti akan berdampak pada kondisi finansial Anda.

Itulah beberapa tips mendapat kredit kendaraan bermotor bagi UKM. Pegadaian Syariah juga memiliki solusi bagi UKM yang ingin mendapatkan kredit kendaraan bermotor, dengan menggunakan pembiayaan Amanah, yang mana memberikan pembiayaan berprinsip syariah kepada karyawan tetap maupun pengusaha mikro untuk memiliki motor atau mobil dengan cara angsuran. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Tips Mendapatkan Kredit Kendaraan Bermotor bagi UKM"