Tips Mulai Mengajarkan Tentang Uang Pada Anak - Pegadaian Syariah
logo

Tips Mulai Mengajarkan Tentang Uang Pada Anak

1 tahun yang lalu    
Tips Mulai Mengajarkan Tentang Uang Pada Anak

Ada orangtua yang berpendapat bahwa pengenalan uang terhadap anak bukanlah sesuatu yang penting. Seluruh hal yang berbau keuangan diurus oleh orang tua. Padahal sebenarnya mengenalkan uang dengan cara yang tepat dapat membuat Anak lebih menghargai uang dan lebih bertanggung jawab di masa depan.

Setidaknya di usia mereka yang masih sangat muda, mereka sudah memahami konsep uang dengan baik dan benar begitu juga alasan mengapa orangtuanya harus bekerja setiap hari. Sebagai permulaaan, Anda bisa mengajarkan hal-hal berikut pada si kecil.

 

  • Kenalkan Nilai uang

 

Anak balita mungkin belum bisa mengerti, tapi bagi anak yang duduk di bangku kanak-kanak, cobalah beritahu nilai uang. Mulailah dari yang nilainya kecil, misalnya Rp1.000 atau Rp2.000. Anda bisa juga memberinya koin dan celengan dengan bentuk lucu. Cara ini sebenarnya juga bisa mengasah kemampuan berhitung anak.

 

  • Ajarkan Anak Konsep “Kerja”

 

Bila anak Anda mulai sedikit besar, cobalah beri mereka 'pekerjaan' alias tugas ringan dengan 'upah' yang sesuai. Ini akan mengajarkan pada anak kalau uang adalah barang yang terbatas. Penting bagi mereka untuk tahu bagaimana kita menghasilkan uang yaitu dengan cara bekerja. Anda bisa memberi anak pekerjaan rumah tangga dengan pekerjaan ekstra dan anak akan mendapatkan uang jajan tambahan.

 

  • Biasakan Anak Menabung Sejak Dini

 

Anak-anak perlu memahami bahwa setiap barang memiliki harga sendiri, contohnya membeli handphone berbeda dengan membeli permen. Anda bisa ajarkan mereka seperti menunjukkan barang-barang di rumah mana barang paling mahal dan paling murah.

Katakan padanya tak semua benda yang diinginkannya bisa dibeli dengan mudah, perlu menunggu hingga uang cukup atau sering disebut menabung. Beri tempat menyimpan uang dan celengan untuk menabung. Jika sudah cukup banyak, biarkan ia membeli barang yang diinginkannya.

 

  • Tanamkan Nilai Sabar dalam Mengontrol Keinginan

 

Ajarkan anak sejak dini kalau hal-hal baik akan datang untuk yang mau menunggu. Jelaskan pada anak untuk menunggu hingga uangnya cukup jika ingin membeli barang yang mahal.
Dengan begitu anak tak punya pemikiran "harus beli sekarang, tapi bayar belakangan". Latih kesabaran mereka dengan tidak selalu mengiyakan keinginan mereka dalam memiliki suatu barang. Jelaskan usaha-usaha yang harus ditempuh agar bisa mendapatkan barang impiannya.

 

  • Belanja dengan pintar

 

Buat anak Anda memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Buat daftar belanja dan minta anak untuk ke toko untuk membeli kebutuhan yang ada dalam daftar. Barang-barang yang dibutuhkan adalah barang-barang yang berkaitan dengan kebutuhan pokok sehari-hari.

 

Demikianlah hal-hal yang bisa Anda lakukan saat mulai mengenalkan perihal uang terhadap anak-anak Anda. Dengan pendidikan tepat dari orangtua, anak akan memahami konsep uang dalam kehidupan dan bisa bertindak lebih bijak kedepannya. Semoga bermanfaat!

Jika Anda ingin solusi tabungan yang beda dari tabungan biasa, cobalah menabung emas di Pegadaian Syariah. Caranya mudah dan pasti menguntungkan. Lakukan registrasi di halaman berikut ini.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Tips Mulai Mengajarkan Tentang Uang Pada Anak"