Tips Pergi Haji di Usia Muda - Pegadaian Syariah
logo

Tips Pergi Haji di Usia Muda

1 tahun yang lalu      Haji
Tips Pergi Haji di Usia Muda

Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, ....”

Petikan surat Ali Imran ayat 97 di atas semakin meyakinkan kita semua tentang kewajiban melakukan haji. Semua umat Islam yang ingin menyempurnakan keislamannya diwajibkan datang ke Mekah dan Madinah saat bulan Haji tiba.

Meski ibadah ini wajib, melaksanakan haji bukanlah pekerjaan yang gampang. Pertama, biaya untuk ke sana cukup tinggi. Tidak semua orang mampu melakukannya. Kedua, kesadaran untuk mendaftar haji di usia mudah masih rendah. Hal ini menyebabkan jemaah yang terbang ke Tanah Suci kerap berusia lanjut. Terakhir, waktu tunggu ibadah haji di Indonesia cukup panjang. Setidaknya untuk haji biasa dibutuhkan waktu antre 10-20 tahun untuk bisa berangkat.

Berdasar tiga alasan di atas, Anda harus merencanakan ibadah ini jauh-jauh hari. Berikut tips pergi haji usia muda yang bisa diterapkan saat ini juga:

1. Mendaftar Haji Jauh-Jauh Hari

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, antrean haji di Indonesia cukup panjang. Kalau tidak segera mendaftar sekarang, peluang terbang ke Tanah Suci saat muda bisa saja gagal. Untuk itu, Anda harus mendaftar jauh-jauh hari agar bisa segera mendapatkan nomor antrean. Anda juga melakukan perencanaan haji dengan pembiayaan Arrum Haji dari Pegadaian Syariah, yang mana memberikan Anda kemudahan pendaftaran dan pembiayaan haji. Salah satu keunggulan dari pembiayaan Arrum Haji adalah memperoleh tabungan haji yang langsung dapat digunakan untuk memperoleh nomor porsi haji. Sehingga, anak muda usia 20-an sudah bisa mendaftar haji sejak jauh-jauh hari.

2. Menyisihkan Uang untuk Pelunasan Biaya Haji

Setelah melakukan pendaftaran haji, tugas Anda adalah melunasi biaya haji. Untuk melakukannya, Anda cukup melakukan setoran lagi sesuai dengan kemampuan. Karena target terbang 15 tahun, maka Anda bisa mencicil sesuai dengan keinginan, tapi semakin cepat semakin baik karena kebutuhan di masa depan tidak akan ada yang tahu. Sisihkan gaji setiap bulan untuk disetor ke bank. Kalau ada bonus atau pemasukan tambahan, sebagian uangnya juga bisa disetorkan. Akan lebih baik kalau Anda mendaftar dan menyetorkan uang untuk diri sendiri dan pasangan agar bisa naik haji bersama-sama.

3. Niat yang Kuat

Ibadah haji itu cukup sulit bahkan sebelum ibadahnya dimulai. Untuk itu, Anda harus benar-benar memantapkan niat. Sebelum mendaftar haji, cobalah untuk merenung sejenak. Kalau Anda susah siap, maka lakukan. Kalau belum siap coba pikirkan lagi dan konsultasikan dengan keluarga agar segala ganjalan yang ada bisa segera diselesaikan dengan baik. Dengan niat yang kuat, rezeki akan terus mengalir sehingga bisa digunakan untuk melunasi biaya haji.

4. Mempelajari Ibadah Haji dengan Sempurna

Setelah finansial siap, kini giliran pengetahuan haji yang harus dipersiapkan. Sejak dini pelajari hal-hal yang berhubungan dengan haji. Kalau Anda ingin melakukan praktik, bisa mencoba manasik haji yang kerap diadakan oleh lembaga Islam. Dengan melakukan praktik, mempelajari hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan, dan mempelajari sejarahnya, keinginan untuk naik haji akan terus tumbuh. Saat antrean terbang tiba, Anda akan siap melaksanakannya dengan sempurna.

Itulah berbagai tips pergi haji usia muda. Semoga bisa Anda gunakan sebagai inspirasi!

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com




Komentar Artikel "Tips Pergi Haji di Usia Muda"